RESEP TENGKLENG KEPALA KAMBING ISTIMEWA

Tidak semua orang menyukai cita rasa ketua kambing. Pasalnya, bagian ini memiliki aroma yang khas yang umumnya tidak disuka. Padahal, bila memahami cara mengolah serta resep masakan spesial Indonesia yang cocok, bahan tersebut sanggup menjadi sebuah sajikan kuliner yg mempunyai cita rasa yang begitu istimewa. Salah satunya merupakan tengkleng.
Resep kuliner yang dianggap tengkleng ini asal berdasarkan Kota Solo, Jawa Tengah. Jadi, tengkleng jua adalah salah satu resep masakan spesial Indonesia. Resep ini begitu istimewa karena kaya akan bumbu dan rempah. Bumbu rempah itulah yang cukup ampuh buat menghilangkan aroma khas pada kepala kambing. Sehingga, hidangan tengkleng berbahan kepala kambing tetap banyak yang menyukainya.
Tidak percaya, coba saja Anda merasakan tengkleng kepala kambing yang dijual pada Kota Solo. Kalau beruntung mendapatkan tempat tinggal makan yg tepat, Anda bakal bisa merasakan tengkleng kepala kambing yg cita rasanya istimewa serta bikin ketagihan. Tapi, bila nir sempat, ikuti saja resep berikut ini hingga tuntas.


Bahan buat menciptakan atau mengolah tengkleng kepala kambing istimewa: 
1. 1 kepala kambing yang sudah dibersihkan, sisihkan isi ketua kambing sesuai menggunakan jenisnya, lalu dipotong-pangkas menjadi beberapa bagian. 
2. 3 batang serai, ambil bagian putihnya, dimemarkan. 
3. Kayu manis seukuran 4 ruas jari. 
4. 5 butir cengkeh. 
5. 5 buah kapulaga. 
6. 6 lembar daun jeruk, buang bagian tulang daunnya. 
7. 1 sdm air asam jawa pekat. 
8. 600 mililiter santan kental menurut 1,lima buah kelapa. 
9. 1,5 liter santan encer yg dibentuk dari sisa kelapa parut yg dipakai buat membuat santan kental. 
10. Garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya. 
11. Mentega atau margarin secukupnya buat menumis. 
Bahan atau bumbu yang dihaluskan 
1. 12 siung bawang merah. 
2. 6 siung bawang putih. 
3. 6 butir kemiri, sebelum dihaluskan, harus disangrai terlebih dahulu. 
4. 10 butir cabe merah akbar. 
5. 8 buah cabai rawit. 
6. Kunyit seukuran dua,lima ruas jari. 
7. Jahe seukuran dua ruas jari. 
8. Lengkuas seukuran dua,lima ruas jari. 
9. 1 sdm biji ketumbar. 
10. 0,5 sendok teh jintan.


Tips menciptakan tengkleng kepala kambing istimewa: 
1. Setelah dicuci bersih, balur kepala kambing dengan air jeruk nipis buat menghilangkan bau amis.
2. Bila Anda menerima otak, disarankan untuk dimasak terpisah dengan resep kuliner yang lain.
3. Jumlah cabai yang dipakai boleh diubahsuaikan kesukaan.
4. Jika dianggap perlu, Anda boleh menambah jumlah daun jeruk buat memaksimalkan upaya menghilangkan bau amis dalam kepala kambing.

Cara menciptakan tengkleng ketua kambing istimewa: 
1. Panaskan mentega atau margarin sampai meleleh. 
2. Tumis semua bahan atau bumbu yg telah dihaluskan, serai, daun jeruk, kayu anggun, kapulaga serta cengkeh hingga harum. 
3. Masukkan ketua kambing yg sudah dipotong-pangkas serta dipisah sinkron menggunakan jenisnya, tumis sampai berubah rona serta menjadi setengah matang. 
4. Tambahkan air asam jawa, santan kental serta santan encer, kocok sesekali secara teratur hingga mendidih, seluruh bahan matang serta santannya berkurang menjadi 1/2 bagian. 
5. Tambahkan gula pasir, garam serta merica serbuk, kocok hingga larut, angkat. 
6. Letakkan dalam loka saji. 
7. Tengkleng ketua kambing istimewa siap dihidangkan. Pertimbangkan jua buat mencoba resep tengkleng jeroan kambing spesial sedap serta resep tongseng kambing spesial Solo.

Resep tengkleng kelapa kambing istimewa ini setara buat 12 porsi. Sebelum dihidangkan, nir terdapat salahnya menaburkan bawang merah goreng di atasanya supaya lebih sedap. Untuk menambah kesejukan cita rasa, Anda bisa menambahkan air jeruk nipis. Sedangkan pelengkapnya adalah saus kecap yg dibentuk menurut irisan tomat, bawang merah, cabai rawit dan kecap anggun.

Comments