RESEP TAHU GIMBAL SENSASI SAYURAN GURIH

Konon memahami gimbal merupakan masakan khas Kota Semarang, Jawa Tengah. Tapi, coba amati lebih jauh. Anehnya, penjaja pilihan menu yg sudah niscaya khas nusantara (Indonesia) ini, lebih banyak didominasi bukan dari dari Semarang.
Perlu diketahui, gimbal adalah sebuah makanan yg terbuat dari udang yang dicampur menggunakan tepung gandum, tepung tepung beras serta air, kemudian digoreng hingga garing.

Di Semarang, terdapat satu tempat yang secara umum dikuasai pedagangnya menjual memahami gimbal. Lokasinya tepat pada pusat Kota Semarang, yakni di Taman KB, Jalan Menteri Supeno. Bisa jadi, hal itu yang membuat poly orang, baik rakyat Semarang ataupun rakyat luar kota, yang menyebut tahu gimbal adalah hidangan masakan khas Kota Semarang.

Padahal, itu belum tentu sahih. Ada pula beberapa wilayah lain pada Jawa Tengah yg menyebut bahwa tahu gimbal merupakan kuliner spesial daerah mereka. Blora, galat satunya. Jika bertandang ke daerah Blora dan sekitarnya, pasti mudah menemukan warung makan bertema "Tahu Telor Khas Blora". Memang tidak menyebut gimbal secara eksklusif. Tapi, mayoritas pemilik warungnya juga menyajikan pilihan menu tahu gimbal.

Tak peduli khas Semarang atau Blora, yang pasti tahu gimbal menunjukkan cita rasa yg begitu menarik hati selera. Cita rasa yang menonjol dalam pilihan menu tahu gimbal terdapat dalam saus kacang yg terasa begitu gurih dan anggun. Menu ini biasa disantap dengan lontong (beras yg dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus sampai matang) atau nasi. Di tambah dengan telur ceplok serta beberapa jenis sayuran, pantaslah apabila pilihan menu ini di golongkan dalam pilihan menu makanan komplit.

Sama menggunakan resep tahu gimbal pada umumnya, resep memahami gimbal sensasi sayuran legit ini terasa begitu gurih dan cantik. Tapi, sensasi cita rasanya terdapat yg sedikit tidak sinkron dengan memahami gimbal pada umumnya. Ada sensasi legit pada cita rasa sayurnya.

Ingin memahami? Silakan simak resep tahu gimbal goreng sensasi sayuran legit ini dia. Simak jua tipsnya.

Bahan buat membuat memahami gimbal sensasi sayuran legit:
1. Gimbal udang . Potong-pangkas menggunakan berukuran sesuai kesukaan. Resep serta cara mengolahnya selengkapnya terdapat pada resep gimbal udang gembung (crispy, empuk & renyah).
2. Saus kacang. Bahan yang digunakan terdiri atas: 100 gr kacang tanah goreng, 1/4 siung bawang putih buat tiap porsi, 2 butir cabe rawit buat tiap porsi (jumlah cabe dapat disesuaikan serala), garam dan cairan kecap yang terdiri atas kecap anggun, gula jawa serta air, lalu diaduk sampai tercampur rata.
3. 1 buah memahami (tofu) putih buat setiap porsi, pangkas bentuk dadu menggunakan ukuran sesuai selera. Goreng sampai berwarna kuning kecokelatan.
4.  0,lima lbr tempe, dipotong dadu dengan ukuran sinkron kesukaan. Jumlah potongan tempe buat tiap porsi disesuaikan kesukaan.
5.  Sayuran menjadi pelengkap: kol dipotong-pangkas agak lebar dan taoge, dicuci bersih serta tiriskan.
6. Bawang goreng secukupnya.
7. Emping secukupnya.
8. Lontong (inicara membuat lontong agar tak cepat basi) atau nasi putih (ini trik menanak nasi ekonomis listrik) secukupnya.
9. Minyak goreng yang cukup poly buat menggoreng.
10. Jeruk nipis.

Tips menciptakan atua mengolah resep memahami gimbal sensasi sayuran legit:
1. Sayuran wajib selalu digoreng jika ingin menerima sensasi rasa legit dalam sayuran.
2. Setelah dicuci bersih, rendam udang dengan air jeruk nipis buat menghilangkan bau amis.

Cara membuat tahu gimbal sensasi sayuran legit:
1. Membuat saus (sambal) kacang: Haluskan bawang putih beserta cabe. Tambahkan dua,lima sdm kacang tanah goreng, lalu dihaluskan hingga semua bahan tercampur. Siram menggunakan cairan kecap cantik dan tambah garam secukupnya. Haluskan sampai semua tercampur homogen. Sisihkan.
2. Goreng kol dan taoge menggunakan cara memasukkan ke pada minyak goreng yg sahih-benar panas sekitar selama 30 dtk. Ini yang membuat sayuran pada pilihan menu tahu gimbal menjadi terasa lebih legit.
3. Penyajian: Letakkan nasi atau lontong yang sudah dipotong-potong pada piring saji. Susun gimbal udang, tahu goreng, sayuran serta emping di atas lontong atau nasi. Siram dengan saus (sambal) kacang dan taburkan bawang goreng. Tahu gimbal sensasi sayuran legit siap disajikan dengan terlebih dahulu diberi air jeruk nipis.

Terapkan setiap petunjuk yang ada pada resep tahu gimbal sensasi sayuran legit ini supaya hasilnya memuaskan selera Anda.

Comments