RESEP SI KUMIS ACAR KUNING

Meski bentuknya menggelikan lantaran berkumis, tapi jangan remehkan cita rasa ikan air payau yang satu ini. Tektur dagingnya lembut. Dagingnya sendiri punya rasa yang manis. Lemak yang berada di bagian sekitar perut ikan berkumis ini juga sangat menyehatkan. Ya, yg dibicarakan ini adalah ikan lele. Bukan sekadar digoreng atau dibakar, ikan ini diolah menggunakan banyak sekali bahan yang ada pada resep ikan lele acar kuning.

Bumbu acar kuning sendiri adalah warisan masakan nusantara. Perpaduan bumbu acar kuning begitu kaya akan rempah. Rasanya semakin kaya menggunakan cita rasa daging ayam yang jua legit dan cita rasa beberapa jenis sayuran bertekstur keras, seperti wortel dan mentimun. Tak heran bila pada resep masakan spesial Indonesia ini sangat menonjolkan cita rasa gurih dan segar.


Mau mencoba? Silakan simak resep ikan lele acar kuning ini dia dengan teliti. Ada beberapa bahan yg jumlah atau takarannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.

Bahan inti buat menciptakan ikan lele acar kuning:
1.   4 ekor ikan lele, bersihkan bagian dalamnya, cuci bersih, sayat badan ikan, goreng dengan minyak goreng yang telah dipanaskan hingga matang, angkat, tiriskan, sisihkan.

Bahan buat menciptakan bumbu acar kuning:
1.   1 batang wortel dan mentimun, potong bentuk batang korek api dengan ukuran relatif tipis.
2.   6 siung bawang merah, dipotong 4 bagian.
3.   tiga buah cabe merah besar , diiris serong. Jumlah cabe bisa disesuaikan menggunakan kesukaan Anda.
4.   lima buah cabai rawit.
5.   10 cabe rawit utuh.
6.   1 sentimeter jahe, dimemarkan.
7.   dua lbr daun jeruk, singkirkan tulang daunnya yg terdapat dibagian tengah, lalu disobek.
8.   Garam secukupnya.
9.   Gula pasir secukupnya.
10. 1 sendok teh air jeruk nipis.
11. 1 batang daun bawang, dipotong menggunakan berukuran sinkron kesukaan.
12. 275 ml air.
13. Minyak goreng untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan buat menciptakan ikan lele acar kuning:
1.   2 siung bawang putih, dimemarkan terlebih dahulu.
2.   tiga siung bawang merah. Dimemarkan terlebih dahulu.
3.   Merica secukupnya.
4.   1 butir kemiri, sangrai dahulu.
5.   1 sentimeter kunyit, dibakar dulu.

Tips menciptakan ikan lele acar kuning:
1.   Sebelum menggoreng ikan, sehabis dicuci bersih, balur ikan lele menggunakan garam dan air jeruk nipis. Tips ini buat menghilangkan bau amis menurut ikan lele. Diamkan selama sekitar 15 mnt.
2.   Masukkan ikan lele dalam termin yang paling terakhir. Sebab dalam dasarnya ikan lele telah matang lantaran sebelumnya sudah digoreng. Jika memasukkan ikan lele di pertengahan proses atau awal mengolah, daging lele akan gampang musnah.

Cara menciptakan ikan lele acar kuning:
1.   Membuat acar kuning: rebus minyak goreng secukupnya buat menumis. Setelah panas, tumis seluruh bahan-bahan yg telah dihaluskan hingga keluar bau harum.
2.   Masukkan bawang merah yang sudah dipotong-pangkas, cabe merah, cabe rawit, jahe, dan daun jeruk hingga. Tumis pulang hingga tercium harum.
3.   Setelah harum, tuangkan air, beri garam, gula pasir, merica, masukkan cabe utuh, wortel dan mentimun. Masak hingga airnya mendidih.
4.   Tahap terakhir, tambahkan ikan lele goreng, air jeruk nipis, dan daun bawang. Aduk homogen tunggu sampai airnya mengering.
5.   Pindah ke wadah saji, ikan lele bumbu kuning siap disajikan. Pertimbangkan jua buat mencoba resep cumi bumbu kuning khas Indonesia dan resep ikan bandeng bumbu acar kuning spesial.

Adapun resep si kumis acar kuning ini setara buat 4 porsi atau lebih.

Comments