RESEP SATE BUMBU BACEM KHAS WARUNG ANGKRINGAN

Menu ini adalah menu harus warung angkringan (sebuah warung yg menyajikan makanan pada atas gerobak). Mungkin, warung angkringan di seantero nusantara (Indonesia) tidak terdapat yg nir menyajikan pilihan menu sate bumbu bacem (bumbu suatu kuliner yg menonjolkan cita rasa anggun dan gurih) ini. Membuat sate bumbu bacem memang gampang. Tinggal baca daftar resep sate bumbu bacem. Lalu, tinggal haluskan bumbu-bumbunya, tambahkan bahan yg lain, direbus beserta bahan utama, kemudian disematkan dalam bambu yg tipis, jadilah sate bumbu bacem.
Tapi, cita rasa sedap dan lezat belum tentu sebanding dengan yang terdapat di warung angkringan. Sebab, terdapat trik dan cara spesifik buat menciptakan sate bumbu bacem supaya cita rasa sedap dan enak setara dengan yang ada di warung angkringan.
Mau tahu trik dan caranya? Simak resep sate bumbu bacem berikut adalah. Bahan baku utamanya adalah jeroan ayam. Penting pula membaca tips memasak sate bumbu bacem. Resep ini setara buat 20 tusuk sate bumbu bacem.
Bahan primer untuk menciptakan sate bumbu bacem:
1. 500 gr jeroan ayam.
2. 2 lbr daun salam.
3. 1 sentimeter lengkuas, bakar, lalu memarkan.
4. 1 liter air. Jika ingin mendapatkan cita rasa yang spesial gunakan air kelapa.
5. 120 gram gula merah.
6. Kecap manis secukupnya.
7. Minyak goreng secukupnya.
8. Gula pasir, garam dan merica serbuk secukupnya.
Bahan yang dihaluskan untuk membuat sate bumbu bacem:
1. Jahe seukuran 1 ruas jari.
2. 10 siung bawang merah.
3. Lima siung bawang putih.
4. Sejumput ketumbar.
5. 3 btg serai, pakai bagian yg berwarna putih, dimemarkan.
6. Tusuk sate secukupnya.
7. Minyak goreng secukupnya.
Tips memasak sate bumbu bacem:
1. Setelah dicuci higienis, balur jeroan ayam menggunakan air jeruk nipis, biarkan lebih kurang selama 15 mnt agar bau amisnya hilang.
2. Tahap menggoreng dalam resep ini punya peran pinting. Proses ini yang menciptakan cita rasa sate bertambah sedap dan lezat . Proses menggoreng menggunakan minyak goreng membuat bumbu bacem semakin meresap.
Cara memasak sate bumbu bacem:
1. Siapkan panci. Tungkan air ke dalamnya. Kemudian, panaskan bersama jeroan ayam, gula merah, bahan yg sudah dihaluskan, kecap anggun, daun salam dan lengkuas. Tambahkan pula gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya. Tutup pancinya, rebus hingga air menyusut 70 persen. Buka tutupnya, abaikan sampai suhunya normal.
2. Ambil tusuk sate. Semat jeroan ayam yg sudah diberi bumbu.
3. Siapkan wajan berisi minyak goreng. Panaskan. Setelah panas celupkan sate yang sudah ditusuk pada tusuk sate ke pada minyak panas kurang lebih 2 mnt, angkat dan tiriskan.
4. Sate bumbu bacem siap disantap. Pertimbangkan jua buat menyimak resep bacem jeroan sapi tradisional dan resep bacem ayam goreng enak.
Adapun resep sate bumbu bacem khas warung angkringan ini setara buat 4 porsi atau lebih.

Comments