RESEP NASI BAKAR CUMI SPESIAL

Nasi merupakan galat satu kuliner utama warga Indonesia. Rasanya yang netral membuat nasi cocok buat dimakan menggunakan lauk apa saja. Tapi, pastinya akan bosan juga bila setiap hari makan nasi dengan rasa yg netral itu. Sesekali melakukan inovasi pada nasi menggunakan bumbu-bumbu yang punya cita rasa yang bertenaga, tampaknya mampu menghilangkan kebosanan waktu menikmati bahan makanan yang mengenyangkan karena sarat karbohidrat itu.

Bila Anda ingin mencicipi nasi yg kaya cita rasa, resep kuliner kreatif berikut adalah patut buat dicoba. Resep ini diklaim nasi bakar isi cumi lantaran nasi dibuat misalnya lontong yg pada tengahnya diisi cumi lalu dibakar.tambah sedap karena dibungkus dengan daun pisang.

Silakansimak panduan resep nasi bakar isi cumi menggunakan teliti, lantaran jumlah atau takaran bahan yang digunakan bisa diubahsuaikan dengan selera Anda. Berikut ini bahan-bahan yg wajib Anda sediakan.


Bahan untuk mengolah nasi:
1. 400 gr nasi matang.
2. 2 sendok makan minyak goreng.
3. Dua siung bawang merah, diiris halus.
4. 50  ml santan kental.
5. Garam secukupnya.
6. 1 lbr daun  salam.
7. Daun pisang buat membungkus.
8. Tusuk gigi buat menyemat kemasan.

Bahan buat isian:
1. Dua sdm minyak goreng.
2. 4 siung bawang merah, diiris tipis.
3. 2 siung bawang putih, iris.
4. 10 buah cabai rawit utuh.
5. 12 ekor cumi asin, seduh, potong dengan berukuran sesuai selera, lalu digoreng hingga matang.
6. 1 sendok makan kecap ikan.
7. 1 btg daun kemangi.

Bahan pelengkap:

1. Daun kemangi secukupnya.
2. Bawang goreng buat taburan.



Tips:
1. Setelah dicuci berish, balur cumi dengan air jeruk nipis buat menghilangkan bau amis.
Cara Membuat:
1. Mengolah Nasi: Tumis bawang merah sampai harum, tambahkan nasi, santan kental, garam, dan daun salam. Aduk sampai meresap. Sisihkan.
2. Mengolah Isiannya : Tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit hingga harum. Masukkan cumi, kecap ikan, dan daun kemangi, aduk rata. Angkat.
3. Tahap membungkus Nasi: Ambil daun pisang, sendokkan adonan nasi ke atasnya, ratakan. Tambahkan tumisan cumi,lalu tutup menggunakan campuran nasi. Gulung daun pisang kemudian semat dengan tusuk gigi. Bakar nasi isi cumi hingga harum di atas bara barah. Angkat kemudian buka bungkus nasi lalu sajikan segera bersama bahan pelengkap. Pertimbangkan pula buat mencoba resep cumi bumbu acar spesial dan aneka resep nasi goreng spesial dan istimewa part 1.
Adapun resep nasi bakar cumi spesial ini setara untuk 4 porsi.

Comments