RESEP MASAK LELE GORENG TEPUNG BUMBU KUNING

Lele merupakan keliru satu output budidaya ikan yang cukup melimpah di Indonesia. Ikan tersebut tergolong gampang dibudidayakan lantaran dapat hidup pada kondisi air apapun. Perawatannya pula cukup mudah. Jadi, tak heran bila poly orang juga yang membudidayakannya.

Selain itu, ikan lele jua memperlihatkan nilai keekonomian yang tidak mengecewakan tinggi. Rasa dagingnya yg enak, menciptakan selalu ada saja permintaan pasar. Selain itu, pula tergolong mudah dimasak. Salah satu resep kuliner yg mudah dan banyak disuka merupakan lele goreng tepung.

Tidak seperti ikan goreng tepung lainnya (bandingkan menggunakan resep ikan tuna goreng tepung renyah spesial atau crispy fish mayonese souce), ikan lele goreng tepung yang dibahas dalam kesempatan ini digoreng dengan campuran tepung yang campur dengan bumbu kuning. Dengan begitu, selain rasa yang lezat , presentasinya pula menggoda kesukaan.


Bahan masak lele goreng tepung bumbu kuning:
1. 1 kilogram ikan lele, bersihkan, dikerat.
2. 5 sendok makan tepung beras.
3. 25 mililiter air putih.
4. Minyak sayur buat menggoreng.

Bumbu kuning (dihaluskan) buat masak lele goreng:
1. Tiga siung bawang putih.
2. Kuyit seukuran 2 sentimeter.
3. 1 sendok teh ketumbar.

Bumbu lain:
1. Garam secukupnya.
2. Lada putih serbuk secukupnya.

Cara masak lele goreng tepung bumbu kuning:
1. Larutkan bumbu yg telah dihaluskan dengan air putih.
2. Tambahkan garam serta lada putih bubuk, aduk rata.
3. Masukkan tepung beras, aduk hingga homogen sampai licin.
4. Panaskan minyak sayur buat menggoreng.
5. Celupkan lele ke dalam campuran tepung, angkat, tambahkan ke pada minyak sayur panas, goreng sambil sesekali dibalik sampai matang, kemarau, serta berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
6. Susun pada wadah saji, lele goreng tepung bumbu kuning siap dinikmati beserta resep sambal kecap pedas untuk aneka menu atau sambal udang ebi pedas spesial.

Resep masak lele goreng tepung bumbu kuning ini relatif buat 6 porsi atau lebih.

Comments