PERKATAAN BENAR DELAPAN RUAS JALAN KEMULIAAN

Tiga. Perkataan Benar
Perkataan Benar berarti tidak dibenarkan untuk mengatakansesuatu yg tidak benar, memfitnah, mencaci-maki, mengucapkan kata-kata kasardan kotor. Pepatah generik mengatakan, bahwa " Kuman memasuki tubuh kita melalui verbal; bencanamuncul melalui mulut jua."

Pemuda Yang Kehilangan Domba

Yongmae, seorang pemuda yg menggembala domba. Pemuda ini memang terkenaliseng serta suka membuat onar menggunakan menceritakan hal-hal yg adakalanya tidakmasuk di logika sama sekali. Pada hari pertama menggembala domba, terbetik dalampikirannya buat membuat onar penduduk kampungnya, maka menjelang tengah haridengan tergopoh-gopoh beliau berlari turun gunung memasuki kampungnya denganberseru, "Tolong....tolong......., terdapat gerombolan serigala yang memangsadomba-dombaku." Mendengar teriakan yg histeris tadi, maka cukupbanyak penduduk yang keluar menggunakan membawa banyak sekali perkakas serta berlari kegunung bermaksud membantu Yongmae mengusir gerombolan serigala tersebut.sesampainya pada gunung, terlihat domba-domba menggunakan damai masih merumput, danmenyaksikan aktualisasi diri tersebut, Yongmae melepaskan ketawanya denganberguling-guling pada rumput saking senangnya berhasil membohongi hampir seluruhpenduduk kampungnya.

Beberapa minggu kemudian, Yongmae mengulangi balik aksinya yang dimanajuga berhasil mengelabui penduduk kampungnya. Sampai suatu hari pada saatsedang menggembala, terlihatlah dengan mata kepala beliau sendiri, serombonganserigala rakus muncul dari semak-semak. Dengan pucat pasi, Yongmae berlariseperti dikejar setan ke kampungnya. Sampai suaranya habis berteriak untukmeminta donasi, tetapi penduduk kampung yang merasa telah kapok diberlakukanoleh Yongme, tidak mempercayainya dan hanya menebis dengan menyampaikan,"Yongmae...yongmae ...mau aksi apalagi sih..., kami tidak mungkin dapat Andakelabui tiga kali. Sudah sana balik ." Akhirnya Yongmae sembari menangiskembali ke kelompok dombanya serta menemukan hampir sebagian akbar dombagembalaanya telah menjadi santapan kelompok serigala kelaparan tadi.



Comments