PENGERTIAN PUASA DALAM BAHASA INDONESIA PUASA BUKAN MILIK ISLAM SAJA

Berikut ini adalah penjelasan tentang Pengertian Puasa dalam Bahasa Indonesia dan beberapa istilah yang menjadi sinonim kata Puasa.



Tulisan ini akan membahas puasa dari segi bahasa. Bukan bermaksudmendiskreditkan ajaran kepercayaan tertentu namun sekadar ingin membuatkan informasimengenai pembahasan kebahasaan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa yang terbit dalam tahun2008,  kata puasa ada pada halaman1110. Pada page tadi terdapat dua pengertian puasa yaitu 1.meniadakan makan, minum, serta sebagainya dengan sengaja (terutama bertaliandengan keagamaan). Dua. Isl. Keliru satu rukun Islam berupa ibadah menahan diriatau berpantang makan, minum, dan segala yg membatalkannya mulai terbit fajarsampai terbenam  surya.



Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tadi, pengertian pertama diberi kodev singkatan menurut verba atau istilah kerja. Sedangkan pengertian puasa yangkedua diberi kode n singkatan menurut nomina atau istilah benda.berarti puasa adalah pekerjaan yang dilakukan sang seorang sinkron denganketentuan agamanya. Jika orang tersebut beragama Islam, maka upaya meniadakanmakan tersebut berwujud puasa menjadi rukun Islam (kata benda tak berbentuk).


Sementara itu frasa yang dibuat menggunakan istilah puasa diantaranya merupakan puasaapit, puasa fardu, puasa pati geni, puasa sunah, dan puasa harus. Berikutini penjelasan tentang masing-masing frasa yang terbentuk dari kata puasa.

Puasa Apit yaitu puasa dalam hari kelahiran ditambah sehari sebelum dansehari sehabis.

Puasa Fardu yaitu puasa wajib .

Puasa Pati Geni yaitu puasa dengan jalan menghindari  melihat sinar (cahaya), tidak makan, minum,dan tidak tidur.

Puasa Sunah yaitu puasa yg nir diwajibkan , namun dianjurkan.

Puasa Wajib yaitu puasa yg diwajibkan.

Dilihat berdasarkan segi bahasa, puasa nir hanya dilakukan oleh orang Islam.misalnya puasa pati geni, merupakan bentuk puasa yang nir terdapat ajarannya dalamajaran Islam. Selain itu puasa juga bukan adalah serapan dari bahasa Arab.hal ini memberitahuakn bahwa dalam kebudayaan bangsa Indonesia sudah ada istilahpuasa sebelum masuknya Islam yang identik dengan bahasa Arab. Meskipun dalamkamus besar bahasa Indonesia salah satu pengertian puasa adalah saum yangmerupakan serapan menurut bahasa  Arab (صوم).

Selain bersinonim dengan istilah saum, pada bahasa Indonesia istilah puasa jugabersinonim dengan kata ifah dan pertarakan (Tesaurus AlfabetisBahasa Indonesia Pusat Bahasa laman 456). Ifah adalah serapan berdasarkan bahasaArab yg ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia halama 518 yang berarti pengekaganhawa nafsu.

Pertarakan berasal menurut kata tarak yang semakna serarti dengankata ifah.Dalam KBBI halaman 1404 tarak jua bersinonim menggunakan tapa, yaitu prosesmengasingkan diri menurut kehidupan keduniawian.

Dari berapa penerangan di atas, jelas bahwa puasa nir hanya dimiliki olehumat Islam saja. Pada dasarnya setiap ajaran agama memiliki ajaran keagamaanyang dekat menggunakan puasa, yaitu menahan buat nir memuaskan diri dengankesenangan-kesenangan duniawi.  Mengeanitata cara dan ketentuan-ketentuannya masing-masing agama memiliki batasan yangberbeda-beda.


Demikian penjelasan mengenai pengertian puasa dari segi bahasa. Semogamemberikan kesadaran bagi pembaca.

Comments