PENGERTIAN PERANG DAGANG PENJELASAN DAN CONTOH PENERAPAN PERANG DAGANG DI DUNIA

Informasi mengenai perang dagang pulang mencuat. Khususnya berkaitan permasalahan perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. Dua kekuatan ekonomi akbar global. Amerika Serikat menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar, melawan Tiongkok yg berposisi sebagai runner up-nya.
Seperti halnya pada segala jenis pertandingan. Pertandingan antara tim kuat melawan tim bertenaga niscaya akan sangat seru buat disaksikan. Begitu juga menggunakan perang dagang ini. Bukan lagi sekadar seru. Tapi jua ada kekhawatiran. Khawatir jika perang dagang antara Amerika perkumpulan menggunakan Tiongkok ini berimbas dalam perekonomian dunia. Mengakibatkan krisis di seluruh global. Bahaya.
Sebenarnya apa sih yang dimaksud menggunakan kata perang dagang?
Istilah perang identik menggunakan konflik dan adu tembak. Istilah kerennya 'hubungan tembak'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, sudah ada istilah perang. Tapi nir terdapat istilah pengertian perang dagang.
Dalam KBBI, istilah atau lema 'perang' memiliki empat arti. Berikut ini pengertian perang yg masih ada pada KBBI:
Pengertian Perang yg pertama: permusuhan antara 2 negara (bangsa, kepercayaan , suku, dan sebagainya). Pengertian ini merujuk dalam permusuhan antara 2 hal yg tidak sinkron. Perang mengandung makna yg lebih luas. Yaitu segala jenis permusuhan.
Pengertian Perang yang kedua: pertempuran besar bersenjata antara dua pasukan (tentara, laskar, pemberontak, serta sebagainya). Pengertian perang yg kedua ini mengacu dalam upaya saling mengalahkan dengan menggunakan senjata. Dalam pengertian ini, hubungan tembak harus dalam skala akbar. Jika hubungan tembak hanya berupa penembakan-penembakan jarang, tidak bisa disbut menggunakan perang.
Pengertian Perang yang ketiga: perkelahian; perseteruan. Misalnya ada perang batu. Yaitu tindakan saling melempar batu.
Pengertian Perang yang keempat: cara membicarakan permusuhan. Dalam hal ini berkaitan degnan ideologi. Misalnya perang antara kaum komunis menggunakan kaum nasionalis dan agamis yg pernah terjadi di Indonesia.
Dari keempat pengertian pada atas, dapat diketahui bahwa perang itu mengandung unsur primer yaitu 2 belah pihak. Yang masing-masing berusaha buat saling mengalahkan.
Dalam perang kemerdekaan Indonesia, misalnya, ada upaya buat saling mengalahkan. Sekutu dan Belanda berusaha mengalahkan bangsa Indonesia yg ingin merdeka. Dengan segala macam cara. Baik melalui pertempuran bersenjata. Melalui diplomasi. Melalui upaya tekanan serta embargo oleh negara-negara lain. Baik yg pro juga yang kontra.
Upaya saling mengalahkan serta menjatuhkan itu, nir hanya menurut segi fisik. Misalnya, pengertian perang yg pertama, ke 2, dan ketiga. Ada pula menurut segili non-fisik. Misalnya perang ideologi. Misalnya bangsa Indonesia kali ini sedang melaksanakan perang. Perang melawan paham radikal yang seenaknya membunuh insan lain.
Nah, yg sebagai perkara nir terdapat kata perang dagang. Perang dagang bukan para pedagang yg sedang berperang dengan senjata.
Perang dagang merupakan sebuah istilah yang merujuk dalam kebijakan antara 2 negara yang saling menjatuhkan sistem dan perekonomian negara lawan melalui kebijakan perdagangan luar negari.
Perang dagang nir hanya sanggup dilakukan sang setingkat negara. Perang dagang mampu dilakukan oleh dua entitas yg saling berkepentingan.
Seperti yg sedang hangat sekarang ini. Perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. Senjata yang dipakai dalam perang dagang merupakan kebijakan ekonomi.
Misalnya, pemerintah Amerika Serikat yg dipimpin sang Donald Trump menerapkan bea masuk (pajak impor) berdasarkan Tiongkok sebanyak 25 persen. Tentu ini sangat berat bagi perdagangan Tiongkok. Pasti nilai ekspor Tiongkok merosot.
Kebijakan yg dianggap baik bagi Alaihi Salam ini niscaya akan berdampak tidak baik bagi Tiongkok. Maka Tiongkok membalas serangan Alaihi Salam ini. Tiongkok melakukan hal yang sama. Beberapa produk yang dari menurut AS dikenai bea masuk yang sangat tinggi pada Tiongkok.
Keduanya akan sangat terpukul. Tiongkok akan kesulitan memasarkan produk baja dan produk bahan standar lainnya. Harganya sangat mahal. Tapi, para pengusaha yang ada di AS juga akan kesulitan. Pembuat otomotif, pasti merasa terpukul. Bahan standar baja harganya pasti naik. Biaya produksi naik. Laba niscaya menurun.
Memang, tidak terdapat senjata barah yang ditembakkan. Tidak ada serbuan pesawat tempur apalagi pengerahan kapal induk. Ingat, AS dan Tiongkok sama-sama punya kapal induk.tapi, dampak menurut perang dagang bisa jadi berupa perang sungguhan. Perang senjata barah.
Misalkan, ke 2 negara hingga kolaps lantaran tidak bisa memenuhi kebutuhan yang sebelumnya disuplai sang negara lawannya. Bahaya. Bisa perang terbuka karena banyak orang yg merasa tidak puas.
Tapi umumnya itu sangat jarang terjadi. Yang pasti, perang dagang akan menyulitkan orang kecil.
Di samping perang dagang, terdapat juga perang yg nir memakai senjata. Perang istilah-istilah. Pakai senjata, akan tetapi bukan senjata barah. Senjatanya merupakan istilah-kata. Bahkan, di dua korea. Korea Selatan serta Korea Utara, telah sejak lama berlangsung perang pengeras suara. Di perbatasan. Untuk saling ejek dan kenaikan pangkat . Tapi kini telah berakhir. Pengeras-pengeras suara yang dipakai perang itu telah dicopoti. Ketika Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korut telah mulai melunak.
Semoga relatif di perang dagang antara AS melawan Tiongkok saja. Kita nir terlibat. Tidak terimbas pula.

Comments