PENGERTIAN JENIS DAN CONTOH KATA TUGAS KATA DEPAN KONJUNGSI KATA SERU KATA SANDANG DAN PARTIKEL

Pengertian Kata Tugas
Kata tugas merupakan kelas istilah tertutup selain verba,adjektiva, adverbia, dan nomina. Kata tugas adalah kata yg nir dapatmembentuk kata lain dengan proses afiksasi. Kata tugas hanya memiliki maknagramatikal, nir memiliki makna leksikal.

Contoh kata tugas antara lain merupakan dan, ke, karena, dan dari. Masing-masingkata tersebut bisa bermakna apabila digunakan dalam konteks kalimat. Tidakdapat dilekati imbuhan misalanya mengarena* ini merupakan bentuk taksa tidakditerima.


Jenis-jenis/KlasifikasiKata Tugas

Berdasarkan peranannya dalam frasa atau kalimat, istilah tugasdapat dikelompokkan sebagai 5 jenis yaitu: preposisi, konjungtor(konjungsi), interjeksi, artikula, serta partikel penegas.



Berikut ini penjelasannya

1. Preposisi atauKata Depan

Dilihat menurut segi semantis, prepsisi menandai hubungan maknaantara konstituen pada depannya menggunakan konstituen pada belakangnya.  Contoh dalam frasa pergi ke pasar. Preposisi kemenyatakan interaksi antara pasar dan pergi.

Dilihat menurut segi sintaksisnya, preposisi berada pada depannomina, adjektiva, atau adverbia sebagai akibatnya dpat terbentuk frasa yg dinamakanfrasa preposisional seperti ke pasar,hingga penuh, dengan sempurna.


Diliahat menurut segi bentuknya, kata depan ada 2 maacam yaitupreposisi tunggal dan kata depan beragam. Preposisi tunggal merupakan  preposisi yg terbentuk berdasarkan satu istilah,ad interim kata depan beragam terbentuk dari adonan kata.


2. Konjungtor atauKonjungsi atau Kata Sambung

Konjungtor atau kata sambung adsalah kata tugas yangmenghubungkan dua satuan bahasa yang keduanya setara (sederajat), yaitu antarakata dengan kata, frasa menggunakan fras, atau klausa dengan klausa.

Contoh Konjungtor dalam Kalimat
-Ali danToni sedang belajar matematika di tempat tinggal .
-Tim Ahli Indonesia serta utusan negara tetangga sedang berunding pada Bali.
-Mahasiswa ingin berdialo tetapi idenya dianggap nir praktis buat diterapkan.
-Saya mau pergi kalau pekerjaan rumah telah terselesaikan.

Kata karena; sehabis;sejak; sebelum; dan penanda yg sejenis sanggup termasuk pada preposisisekaligus jua termasuk dalam konjungtor. Bergantung pada konteks  penggunaannya


3. Interjeksi atauKata Seru

Interjeksi atau kata seru adalah istilah tugas yang berfungsiuntuk membicarakan rasa hari pembicara. Untuk memperkuat rasa hari pembicarayang sedang merasa sedih, kagum, heran, kagum, serta jijik, orang memakaikata-kata eksklusif buat lebih menegaskan pernyataannya.

Misalnya kalimat cantiksekali wanita itu. Bisa diungkapkan dengan disertai istilah seru atauinterjeksi, Aduh, anggun sekali wanitaitu!


Beberapa contoh istilah interjeksi adalah: bah, cih, cis, wow, brengsek, buset, aduh, oh, astaga, hai, halo, nah, danalhamdulillah.




4. Artikula

Artikula adalah  katatugas yang berfungsi buat membatasi makna nomina. Nominan yg awalnya mengacupada referen tidak terbatas, deng diberi artikula menjadi bermakna terbatas.ada 3 jenis artikula pada bahasa Indonesia yaitu: artikula yan bersifatgelar; artikula yg mengacu dalam makna kelompok; dan artikula yangmenominalkan.

Contoh istilah yg termasuk pada artikula adalah sebagaiberikut:
Sang

Si

Para

Yang




5. Partikel Penegas

Kategori partikel penegas meliputi kata yg tidak mengikutidan nir mengalami perubahan bentuk. Partikel penegas hanya berfungsi untukmenampilkan kata yang diiringinya. Ada empat macam partikel penegas yaitu:-kah; -lah; -tah; dan pun. Tiga partikel pertama yaitu –kah, -lah, -tah adalah partikel yang bersifat klitika. Yangdimaksud menggunakan klitika adalah inheren (tanpa spasi) menggunakan kata sebelumnyaketik digunakan pada bentuk tulis.

Contoh penggunaan partikel pada kalimat:
-Bagamanakah penggunaan partikel dalam kalimat?
-Cobalah ikut memikirkan keadaan mereka!
-Apatah adalah hayati apabila tanpa dirimu?


Baca: PenjelasanLengkap tentang Partikel Penegas

Comments