PENGERTIAN EBUSINESS MENURUT PARA AHLI

Pengertian E-Business Menurut Para Ahli
Begitu poly definisi mengenai e-business yang terdapat dalam literatur serta internet. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 
  • E-business adalah praktek aplikasi dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, serta data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) 
  • E-business mencakup seluruh hal yang wajib dilakukan menggunakan teknologi fakta dan komunikasi (ICT) buat melakukan kegiatan usaha antar organisasi juga berdasarkan organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) 
  • Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya buat komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall) 
  • E-business merupakan tentang penggunaan teknologi internet buat melakukan transformasi proses usaha yg dilakukan. Bentuk e-business yg paling gampang terlihat merupakan pembelian barang secara online baik retail juga grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.commerce. Prentice Hall) 
  • Definisi e-business berdasarkan IBM merupakan sebuah pendekatan yg kondusif, fleksibel, serta terintegrasi untuk menaruh nilai usaha yang tidak sama dengan mengkombinasikan system dan proses yang menjalankan operasi bisnis primer menggunakan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It?
  • Menghubungkan sistem teknologi warta tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business. (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall) 
  • E-business merupakan mengelola usaha pada internet yg terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, serta kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali dipakai salah satunya oleh IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com) 
  • Perusahaan di internet; Penggunaan internet buat pengelolaan bisnis misalnya untuk menghubungkan menggunakan konsumen, supplier, pekerja, serta rekan usaha.; Perusahaan yg menggunakan teknologi internet. (MSN Encarta) 
  • Definisi e-business secara sederhana merupakan penggunaan internet untuk berhubungan dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier. Penggunaan internet menyebabkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu buat membuka data dalam sistem warta mereka supaya perusahaan dapat membuatkan liputan menggunakan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan bisa bertransaksi secara elektro menggunakan mereka memanfaatkan internet.beda e-business dengan e-commerce adalah ecommerce hanya berupa transaksi secara elektro pada internet sedangkan e-business termasuk jua pertukaran berita secara online misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi liputan persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi mengenai perbankan, credit card, dll menggunakan konsumen mereka, dan sebagainya. (Executive Guides: Business To Customer 
  • E-usaha merupakan istilah yg digunakan buat menggambarkan usaha yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi internet buat menaikkan produktivitas dan keutungan berdasarkan suatu bisnis.
Berdasarkan beberapa definisi e-usaha yang dikemukakan di atas, kita bisa menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh menggunakan melihat kecenderungan menurut setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan tersebut bisa kita lihat berdasarkan beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, indera atau media atau sumber daya yg digunakan, objek atau aktivitas yg menjadi sasaran, tujuannya, serta laba yg diberikan. Dengan demikian, maka akan dengan mudah mendefinisikan e-bisnis pada satu arti utuh, yaitu: 

E-usaha merupakan penggunaan teknologi liputan serta komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait buat menjalankan dan mengelola proses bisnis primer sebagai akibatnya bisa memberikan keuntungan, dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, meningkatkan secara optimal, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas serta profit. Contoh: Harian Kompas yang juga memiliki e-usaha Kompas Online. Kompas menjalankan proses usaha utamanya berupa penyediaan informasi dan distribusinya, nir lagi hanya melalui media cetak saja namun juga melalui internet. Keutungan yg bisa diberikan Kompas online dapat diakses oleh semua penduduk pada Indonesia (bahkan global), up to date, memangkas biaya kertas, bisa diakses 24 jam, dll. 

E-BUSINESS FOLLOWERSHIP 
Jika pada satu titik ekstrem terdapat perusahaan e-business yg berhasil sebagai leader sementara pada titik ekstrem lainnya terdapat perusahaan e-business yang terancam bangkrut, masih ada poly sekali perusahaan (secara umum dikuasai) yg berada pada situasi “nanggung”, ialah yang bersangkutan menempatkan diri menjadi pengikut menurut mereka yang berhasil (follower). 

Walaupun perusahaan yg berada pada pada posisi ini tidak mempunyai poly keunggulan kompetitif seperti halnya perusahaan leader, namun kualitas produk dan pelayanannya berada di atas homogen-homogen yg diharapkan sang pelanggan. Perusahaan pada kategori ini umumnya memiliki produk menggunakan kualitas yg telah baik (memenuhi standar minimum), tetapi pada mata pelanggan kualitasnya dipandang lebih karena perusahaan memiliki prosedur pelayanan yang baik (sehingga pelanggan merasa terpuaskan). Dari sergi harga produk serta jasa pun perusahaan berhasil menekan total biaya produksi lantaran tingginya taraf efisiensi yg dicapai (karena memanfaatkan teknologi berita). Perusahaan juga secara sederhana sudah menerapkan konsep knowledge management yg memungkinkan mereka buat memperbaiki durasi penciptaan produk baru dan pengirimannya ke tangan pelanggan. 

Perusahaan yang mempunyai keungguluan kompetitif yg netral ini umumnya nir berambisi untuk menguasai pasar, tetapi relatif buat permanen amanbertahan di arena persaingan, dan mempunyai pelanggan tetap (captive market) yang melakukan transaksi secara kontinyu. Targetnya merupakan secara perlahan (gradual) perusahaan berhasil meningkatkan frekuensi serta volume transaksi jual belinya.itu merupakan ke tiga model menurut tiap-tiap bisnis. Dilain kesempatan, kita akan mempelajari cara menciptakan keliru satu menciptakan mata uang dunia maya, E-gold serta Paypal.

Ada beberapa kiat - kiat pada e-business antara lain :
  • Membenahi terlebih dahulu sistem pengelolaan sumber daya perusahaan secara terpadu. 
  • Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif 
  • Menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan jangka panjang. 
  • Membentuk struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan. 
  • Melakukan kerjasama kondusif menggunakan berbagai kawan usaha (vendor, pemasok barang, forum keuangan, serta lain sebagainya). 
Ada beberapa Metode Pengembangan e-Business :
  • Pertimbangan Komoditi 
  • Infrastruktur Pengembangan 
  • Perencanaan Basisdata 
  • Pengembangan Program Aplikasi 
  • Implementasi serta Disseminasi 
Strategi Pengembangan e-Business :
  • Penyusunan Rencana Pengembangan 
  • Pembangunan secara bertahap/bergerak maju

Comments