PENGERTIAN EBUSINESS MENURUT PARA AHLI

Pengertian E-Business Menurut Para Ahli
Begitu banyak definisi tentang e-business yang masih ada dalam literatur dan internet. Berikut ini adalah beberapa pada antaranya: 
  • E-business merupakan praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses usaha primer misalnya perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, serta penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, personal komputer , serta data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) 
  • E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi liputan dan komunikasi (ICT) buat melakukan kegiatan bisnis antar organisasi juga berdasarkan organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) 
  • Penggunaan internet serta teknologi digital lainnya buat komunikasi, koordinasi, serta manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall) 
  • E-business merupakan mengenai penggunaan teknologi internet buat melakukan transformasi proses bisnis yg dilakukan. Bentuk e-business yg paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.commerce. Prentice Hall) 
  • Definisi e-business berdasarkan IBM merupakan sebuah pendekatan yg aman, fleksibel, serta terintegrasi untuk memberikan nilai usaha yang tidak selaras dengan mengkombinasikan system dan proses yg menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It?
  • Menghubungkan sistem teknologi berita tradisional menggunakan internet akan sebagai sebuah e-business. (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall) 
  • E-business merupakan mengelola usaha pada internet yg terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, serta kerja sama antar rekan usaha. Istilah e-business pertama kali digunakan galat satunya oleh IBM dalam tahun 1997. (SearchCIO.com) 
  • Perusahaan pada internet; Penggunaan internet buat pengelolaan bisnis contohnya buat menghubungkan menggunakan konsumen, supplier, pekerja, serta rekan usaha.; Perusahaan yang memakai teknologi internet. (MSN Encarta) 
  • Definisi e-business secara sederhana adalah penggunaan internet untuk berhubungan dengan konsumen, rekan bisnis, serta supplier. Penggunaan internet mengakibatkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu buat membuka data dalam sistem keterangan mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan usaha, serta supplier dan bisa bertransaksi secara elektronik menggunakan mereka memanfaatkan internet.beda e-business menggunakan e-commerce adalah ecommerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk pula pertukaran fakta secara online misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi keterangan persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi warta mengenai perbankan, credit card, dll menggunakan konsumen mereka, dan sebagainya. (Executive Guides: Business To Customer 
  • E-bisnis merupakan istilah yg digunakan buat mendeskripsikan usaha yang dijalankan dalam internet, atau penggunaaan teknologi internet buat menaikkan produktivitas serta keutungan berdasarkan suatu usaha.
Berdasarkan beberapa definisi e-usaha yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke pada suatu definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut serta menggabungkannya. Kesamaan tadi bisa kita lihat dari beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yg dipakai, objek atau aktivitas yang sebagai target, tujuannya, dan keuntungan yg diberikan. Dengan demikian, maka akan menggunakan gampang mendefinisikan e-bisnis pada satu arti utuh, yaitu: 

E-usaha adalah penggunaan teknologi keterangan dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait buat menjalankan serta mengelola proses usaha utama sebagai akibatnya bisa menaruh keuntungan, bisa berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas serta profit. Contoh: Harian Kompas yang jua mempunyai e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan liputan serta distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi pula melalui internet. Keutungan yg bisa diberikan Kompas online bisa diakses oleh semua penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, bisa diakses 24 jam, dll. 

E-BUSINESS FOLLOWERSHIP 
Jika pada satu titik ekstrem masih ada perusahaan e-business yg berhasil menjadi leader ad interim pada titik ekstrem lainnya terdapat perusahaan e-business yang terancam bangkrut, terdapat poly sekali perusahaan (dominan) yg berada dalam situasi “nanggung”, artinya yg bersangkutan menempatkan diri sebagai pengikut menurut mereka yg berhasil (follower). 

Walaupun perusahaan yang berada pada dalam posisi ini tidak mempunyai poly keunggulan kompetitif misalnya halnya perusahaan leader, tetapi kualitas produk dan pelayanannya berada di atas homogen-homogen yang diharapkan oleh pelanggan. Perusahaan dalam kategori ini umumnya memiliki produk menggunakan kualitas yg telah baik (memenuhi standar minimum), tetapi pada mata pelanggan kualitasnya ditinjau lebih lantaran perusahaan mempunyai prosedur pelayanan yg baik (sebagai akibatnya pelanggan merasa terpuaskan). Dari sergi harga produk serta jasa pun perusahaan berhasil menekan total porto produksi karena tingginya tingkat efisiensi yang dicapai (karena memanfaatkan teknologi warta). Perusahaan jua secara sederhana telah menerapkan konsep knowledge management yg memungkinkan mereka buat memperbaiki durasi penciptaan produk baru dan pengirimannya ke tangan pelanggan. 

Perusahaan yang mempunyai keungguluan kompetitif yang netral ini umumnya nir berambisi buat menguasai pasar, namun cukup buat permanen amanbertahan di arena persaingan, dan memiliki pelanggan tetap (captive market) yang melakukan transaksi secara kontinyu. Targetnya adalah secara perlahan (gradual) perusahaan berhasil menaikkan frekuensi dan volume transaksi jual belinya.itu adalah ke 3 model berdasarkan tiap-tiap bisnis. Dilain kesempatan, kita akan mempelajari cara menciptakan salah satu membuat mata uang dunia maya, E-gold serta Paypal.

Ada beberapa kiat - kiat dalam e-business diantaranya :
  • Membenahi terlebih dahulu sistem pengelolaan asal daya perusahaan secara terpadu. 
  • Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif 
  • Menentukan arah investasi teknologi buat menjawab kebutuhan jangka panjang. 
  • Membentuk struktur organisasi yg fleksibel serta adaptif terhadap perubahan. 
  • Melakukan kerjasama kondusif menggunakan berbagai mitra usaha (vendor, pemasok barang, forum keuangan, serta lain sebagainya). 
Ada beberapa Metode Pengembangan e-Business :
  • Pertimbangan Komoditi 
  • Infrastruktur Pengembangan 
  • Perencanaan Basisdata 
  • Pengembangan Program Aplikasi 
  • Implementasi dan Disseminasi 
Strategi Pengembangan e-Business :
  • Penyusunan Rencana Pengembangan 
  • Pembangunan secara bertahap/dinamis

Comments