PENGERTIAN DAN TUJUAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian Dan Tujuan Pemasaran Menurut Para Ahli
Pemasaran merupakan suatu proses sosial manajerial di mana individu serta gerombolan mendapatkan kebutuhan dan asa mereka dengan membangun, menunjukkan serta bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, hasrat dan permintaan; pasar, pemasaran dan pemasar.

Tujuan Pemasaran merupakan mengenal serta tahu pelanggan sedemikian rupa sebagai akibatnya produk yg pada jual akan cocok sinkron dengan asa pelanggan,sehingga produk tadi dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yg wajib pada fikirkan selanjutnya merupakan bagaimana menciptakan produk tadi tersedia. Pengertian pemasaran oleh beberapa pakar diartikan sebagai :

1. William J Stanton, menyatakan bahwa Pemasaran adalah holistik intern yang herbi aktivitas-kegiatan usaha yg bertujuan buat merencanakan, memilih harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yg akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yg terdapat maupun pembeli yang potensial.

2. Philip dan Duncan. Pemasaran mencakup semua langkah yg dipakai atau diharapkan untuk menempatkan barang-barang berwujud pada konsumen.

3. American Marketing Association Pemasaran meliputi aplikasi aktivitas usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang serta jasa dari pembuat kepada konsumen.

Fungsi utama mengapa aktivitas pemasaran dilakukan :
1. Untuk memberikan kabar tentang produk yang dijual perusahaan.
2. Untuk mensugesti keputusan membeli konsumaen.
3. Untuk menciptakan nilai irit suatu barang. 

Kegiatan Utama pemasaran
Kegiatan primer pemasaran atau jua dianggap marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yg terdiri dari 4 variable yaitu produk, struktur harga, aktivitas promosi dan saluran distribusi dengan tujuan buat memilih taraf keberhasilan pemasaran perusahaan yg sanggup memberikan kepuasan pada pemenuhan kebutuhan konsumen yg dipilih atau segmen pasar yg pada harapkan.

Bauran Pemasaran
Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran merupakan gerombolan kiat pemasaran yang digunakan perusahaan buat mencapai target pemasarannya dalam pasar target“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place).

1. Product (Produk).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yg ditujukan buat mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik juga tidak) yang dapat ditawarkan pada pelanggan potensial buat.memenuhi kebutuhan serta impian eksklusif. Produk merupakan semua yg ditawarkan ke pasar buat diperhatikan, diperoleh dan dipakai atau dikonsumsi buat bisa memenuhi kebutuhan serta cita-cita yg berupa fisik, jasa, orang, organisasi serta ide.

Produk merupakan output dari kegiatan produksi perusahaan yg nantinya akan di jual perusahaan atau barang yg dibeli perusahaan untuk dijual balik kepada konsumen akhir (bagi perusahaan dagang). Dalam membahas apa itu produk menjadi salah satu menurut keempat variable marketing mix maka kita bagi sebagai tiga bagian :
a. Pemilihan produk
b. Pembungkus barang
c. Merk barang

a. Pemilihan barang/produk
Kebijaksanaan perusahaan dalam memilih produk yang akan dijual atau produk yang akan dibeli (bagi perusahaan dagang) amat berpengaruh dalam penentuan harga, taktik, promosi, yg akan dilakukan supaya berhasil dalam melaksanakan fungsi penjualan berdasarkan bidang pemasaran. Pemilihan barang atau produk yg tepat buat dipasarkan atau sinkron menggunakan konduite pembeli ataupun daya beli konsumen akan menguntungkan perusahaan sebagai akibatnya hasil aktivitas perusahaan yg dicapai akan dapat mempertahankan atau ditingkatkan demi kelangsungan hidup perusahaan. Yang krusial disini merupakan bagaimana cara mengantisipasi masalah-kasus yg mungkin dihadapi perusahaan karena terjadi proses tahapan daur kehidupan barang. Siklus kehidupan barang ini akan selalu terjadi pada mana pada suatu waktu jika produk tersebut telah mencapai tahap kejenuhan akan mengalami penurunan penjualan yang berarti pula terjadi turunnya taraf pendapatan perusahaan. Oleh karena itu sebelum perusahaan terlambat dalam mengatasi perjalanan produk pada daur kehidupan produk maka tindakan yg wajib dilakukan adalah strategi apa yang akan dilakukan atau kebijaksanaan apa yg akan dilakukan supaya sebelum produk tersebut sudah nir laku lagi perusahaan telah menyiapkan produk baru,menjadi pengganti atau taktik baru.

Tahap-termin siklus kehidupan dibagi sebagai 5 tahapan pada mana buat masing-masing tahap suatu perusahaan harus memasang taktik atau kebijaksanaan yg berlainan buat menjaga agar kelangsungan hayati perusahaan terjamin. Lima termin tadi adalah menjadi berikut :
1. Tahap perkenalan
2. Tahap pertumbuhan
3. Tahap kedewasaan
4. Tahap kejenuhan
5. Tahap penurunan

1. Tahap Perkenalan
Tahap ta’aruf ini menandakan bahwa barang yg dipasarkan benar-benar baru atau rakyat belum memahami atau belum mengenalnya sehingga perlu memperkenalkan barang tadi pada warga melalui penyampaian berita dengan aktivitas promosi yang gencar serta agresif menekankan merk penjualan, kelebihannya dibandingkan dengan produk homogen ataupun bagaimana kegunaanya bagi konsumen serta lain-lain. Tahap ta’aruf ini umumnya memerlukan ongkos promosi yang sangat tinggi sedangkan hasil penjualan masih berjumlah sedikit pada memberikan tambahan pendapatan pembuat. Tujuan utama promosi adalah supaya konsumen memahami serta mengenal dengan baik produk perusahaan dan mulai menyukainya.

2. Tahap Pertumbuhan
Tahap pertunbuhan ditunjukan dengan meningkatnya volume penjualan menggunakan cepat karena produk sudah menempatkan pada segmen pasar yg sesuai. Usaha yang dilakukan pada tahap ini adalah menurunkan kegiatan promosinya buat diganti menggunakan memperluas serta menaikkan distribusi ke daerah-wilayah (lokasi-lokasi segmen pasar) yg belum dimasuki atau aktivitas promosi digantikan menggunakan persaingan harga dengan perusahaan pesaing.

Pada termin ini bermunculan perusahaan-perusahaan pesaing yg mencoba merebut segmen pasar yang kita kuasai menggunakan memakai strategi-taktik yg dengan perlahan dan pasti bisa menggeser kedudukan perusahaan yang lebih dulu masuk pasar.

3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
Tahap kedewasaan merupakan klimaks kejayaan perusahaan yg ditunjukan menggunakan peningkatan volume penjualan yg sangat tinggi. Pada tahap ini produk perusahaan telah dikenal menggunakan baik sang konsumen, sehingga bisnis kenaikan pangkat amat sedikit peranannya dalam meningkatkan atau menambah volume penjualan.

Tambahan volume penjualan sudah dilakukan sedangkan bagian pasar yang kita kuasai telah poly yg dimasuki produk-produk pesaing yg sedikit demi sedikit mulai mengikis segmen pasar kita, ditambah lagi dengan konsumen telah mulai melirik produk homogen lainnya yg sekiranya mempunyai keunggulan lebih poly atau menggunakan kata lain konsumen telah mulai jenuh menggunakan produk yg kita jual.

4. Tahap kemunduran/penurunan
Akibat jelek perilaku konsumen tersebut menurunkan volume penjualan perusahaan sebagai akibatnya perusahaan harus cepat-cepat merogoh kebijaksanaan agar perusahaan tidak bangkrut. Adapun kebijaksanaan yang akan di ambil sang perusahaan pada umumnya terdiri berdasarkan dua, yaitu :
1. Menghentikan produk yg telah tidak bisa bersaing dengan digantikan sang barang yang benar-benar baru dan lain dibandingkan menggunakan produk lama . Kebijaksanaan ini bisa berjalan menggunakan lancar asalkan perusahaan memiliki tenaga yang punya kemampuan dalam menciptakan motivasi baru, kreasi, atau membentuk barang yg akan menggantikannya.

2. Tetap mempertahankan barang usang namun memperbaharui atribut-atribut lamanya baik dari segi bungkus atau dapat juga menonjolkan kelebihan lain. Kalau alternatif ini nir dapat dilakukan perusahaan harus bisa membuat barang yang benar-sahih baru yang memerlukan penelitian dari awal baik dari segi mutu, merk dagang, pembungkus, cara mendistribusikan dan lain-lain.

b. Pembungkus barang
Bungkus barang adalah pertimbangan ke 2 sesudah produk yg homogen ternyata memiliki kualitas yang sama kualitas yg sama, rasa yang sama atau kegiatan yang relative berbeda. Maka bagi pembeli yg merasa galau dengan aneka macam brand tersebut akhirnya akan mempertimbangkan kemasan luar produk yang akan dipilih. Oleh karenanya bungkus pula memegang peranan penting dalam penjualan produk.

Untuk menciptakan bungkus agar menarik pembeli maka perusahaan harus mempertimbangkan berdasarkan aneka macam aspek baik aspek ekonomis, estetika maupun praktisnya.

Adapun hal-hal yg perlu diperhatikan pada pembungkusan antara lain:

Bungkus yg membangkitkan harapan buat membeli.Ø Bungkus yg mudah diingat.Ø

Bungkus yg nir menambah harga jual sehingga nir bisa besaing menggunakan produk homogen yang lain.Ø Bungkus di design supaya bisa menjaga mutu barang, memudahkanØ pengangkutan, penyimpanan, penyusunan di rak took, atau memmpunyai kegiatan selesainya digunakan habis (ada aktivitas ganda).

c. Merk Barang
Merk barang yg dinyatakan menggunakan istilah-istilah saja atau disertai menggunakan gambar tertentu buat mempertegaskan adalah sangat krusial bagi perusahaan buat membedakan perusahaan yg satu dengan yang lain. Dengan melihat merk seseorang yg telah menggemari atau fanatic terhadap cita rasanya, mutunya atau keadaanya nir akan nemilih lagi dalam menentukan lagi pada membeli barang cukup hanya dengan melihat gambar eksklusif atau istilah-kata tertentu pada suatu prroduk menganggap sudah cukup menetapkan buat membeli.

Dengan brand yang sudah sebagai langganan pemakai bisa menghemat waktu pada membeli karena dapat menyuruh orang lain buat membelinya (mudah) serta membuat anggaran tertentu dalam memakainya. Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh konsumen ini ternyata terlihat jua oleh pembuat sehingga seringkali sekali pembuat menggunakan brand tersebut menjadi keliru satu strategi pemasarannya dengan jalan perusahaan memproduksi barang yang tidak terlalu tidak selaras setiap menggunakan aneka macam merk, hal ini dilakukan buat menguasai pasar.

2. Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis misalnya taraf harga, struktur diskon , kondisi pembayaran serta tingkat subordinat harga diantara berbagai grup pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang wajib dimuntahkan seorang konsumen buat memperoleh satu butir produk serta hendaknya harga akan dapat terjangkau sang konsumen.

Definisi harga dari Philip Kotler merupakan : “price is the amount of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan buat sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yg ditukarkan konsumen buat menerima keuntungan berdasarkan kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. Sedangkan Stanton mendefinisikan harga: “Price is the amount of money and or goods needed to acquire some combination of another goods and its companying services”. Pengertian pada atas mengandung arti bahwa harga merupakan sejumlah uang serta atau barang yang dibutuhkan buat menerima kombinasi menurut barang yang lain yg disertai dengan anugerah jasa. Harga merupakan elemen dari bauran pemasaran yang bersifat fleksibel, dimana suatu saat harga akan stabil pada waktu eksklusif namun dalam seketika harga dapat jua semakin tinggi atau menurun dan juga adalah satu-satunya elemen yg membentuk pendapatan berdasarkan penjualan.

Harga adalah sejumlah uang yg wajib dibayar sang pengguna untuk mendapatkan produk. Dengan kata lain seorang akan membeli barang kita apabila pengorbanan yang dimuntahkan (uang dan saat) sesuai menggunakan manfaat yg diperoleh berdasarkan prouksi tadi (Moenroe, 1990). Jika hal ini dikaitkan dengan produk layanan, maka seseorang akan datang ke loka kita apabila ketika atau dana yang dikorbankan buat menerima produk layanan kita sesuai menggunakan produk layanan yang ditawarkan. Harga serta kebijaksanaan harga adalah elemen yang paling poly diperdebatkan dalam pemasaran. Harga merupakan satu-satunya variabel strategi pemasaran yang berkaitan dengan pemasukan, bagaimanapun harga mendatangkan perkara tersendiri. Condous (1983) menyarankan, “…apabila pengenaan porto (charging) merupakan suatu keharusan, maka besarnya harus disesuaikan dengan kemampuan pengguna.”Dalam hal pemasaran jasa, kreatifitas serta keahlian manajemen paling poly diharapkan pada perkara penetapan harga. Ciri-ciri yang dimiliki jasa mengakibatkan efek yg krusial dalam penetapan harga. Ciri-karakteristik yg dimiliki jasa mengakibatkan pengaruh yg krusial dalam penetapan harga. Hal yang menarik sekali merupakan bahwa para penjual kerap kali mengetahui permintaan in-kenyal. Oleh karenanya mereka menetapkan harga yang paling tinggi. Akan namun mereka lalai bertindak yang sebaliknya, jika menghadpi permintaan yg kenyal, walaupun harga lebih rendah akan menaikkan penjualan unit, pendapatan total, penggunaan fasilitas dan mungkin pula naiknya laba higienis. Prinsip penetapan harga barang dapat pula diterapkan daam penetapan harga jasa. Secara singkat prinsip-prinsip penetapan harga berdasarkan Zeithaml dan Bitner (1996) merupakan menjadi berikut:
1. Perusahaan wajib mempertimbangkan sejumlah faktor dalam memutuskan harganya, yg meliputi: pemilihan tujuan penetapan harga, menentukan tingkat permintaan, prakiraan porto, menganalisis harga yang ditetapkan dan produk yg ditawarkan pesaing, pemilihan metode penetapan harga, serta menentukan harga akhir.

2. Perusahaan tidak selalu wajib berupaya mencari profit makasimum melalui penetapan harga. Sasaran lain yg bisa mereka capai merupakan mencakup survival, memakasimumkan penerimaan sekarang, memakasimumkan pertumbuhan penjualan, memakasimumkan dominasi (skimming) pasar serta kepemimpinan produk atau kualitas.

3. Para pemasar hendaknya memahami seberapa responsif permintaan terhadap perubahan harga. Untuk mengevaluasi sensitifitas harga, para pemasar sanggup menghitung elastisitas permintaan, yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

Elastisitas = Persen (%) perubahan pada kuantitas yang dibeli

Persentase perubahan dalam harga 

4. Berbagai jenis biaya wajib sipertimbangkan pada memutuskan harga, termasuk pada dalamnya merupakan porto langsung dan nir langsung, porto tetap serta porto variabel, biaya nir eksklusif yang sanggup dilacak, serta porto-porto yg teralokasi. Bila suatu produk atau jasa harus mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, harga wajib bisa menutup semua biaya meliputi mark-upnya.

5. Harga-harga para pesaing akan menghipnotis taraf permintaan barang serta jasa yg ditawarkan peruasahaan dan karenanya wajib dipertimbangkan dalam proses penetapan harga.

6. Berbagai cara penetapan yang ada mencakup mark-up, sasaran perolehan, nilai yang mampu diterima, going rate, sealed-bid, serta harga psikologis.

7. Setelah tetapkan struktur harga, perusahaan menyesuikan harganya menggunakan memakai harga geografis, diskon harga, harga promosi, serta harga diskrimiasi, dan harga bauran produk.

Dalam situasi eksklusif, pengguna melakukan penilaian atau menghitung-hitung mengenai apa yang akan mereka peroleh menjadi balasan berdasarkan apa yg mereka berikan. Dengan demikian, harga adalah pembatas (trade-of) buat sejumlah benefit (nilai) yg akan diberikan sang suatu produk (barang atau jasa) menggunakan sejumlah porto yg dikaitkan menggunakan sejumlah biaya yang dikaitkan menggunakan penggunaan produk tadi (Yazid), 1999). Pusat liputan yang menghendaki profit wajib mampu menutup seluruh biaya yang berkaitan menggunakan proses memproduksi serta memasarkan suatu jasa. Selanjutnya menetapkan marjin secukupnya sebagai akibatnya bisa memberikan laba yang memuaskan.

Yazid (1999) yang berkata bahwa, “Harga atau porto sebuah jasa akan mencakup harga yg bersifat moneter dan harga yg bersifat non-moneter. Harga yang bersifat moneter mempuyai peranan penting bagi bagian pemasaran buat mengukur tingkat atau porsi penerimaan dari konsumen”. Selanjutnya dikatakan bahwa, di samping itu beberapa biaya non-moneter yang mungkin diperhitungkan konsumen saat memakai suatu jasa meliputi:

1. Waktu. Waktu merupakan komoditas primer bagi sejumlah orang, serta bagi seseorang yg menawarkan jasa dengan pelayanan yang tidak selaras pada setiap individu, namun memiliki keterbatasan saat, mereka akan memperhitungkan biaya terhadap ketika yg dipakai dalam mencari/memburu suatu jasa, lantaran barangkali saat yg terbuang itu sebenarnya bisa digunakan buat keperluan lain.

2. Upaya-upaya yg bersifat fisik. Biaya buat melakukan upaya-upaya fisik yang dibutuhkan unruk memperoleh sejumlah jasa mampu saja dimasukkan, khususnya jika penyajian jasa dilakukan secara supermarket.

3. Biaya-porto sensor. Biaya-porto ini bisa saja dikenakan sehubungan menggunakan adanya kebisingan, bau tidak sedap, genre udara yang nir lancar, terlalu panas atau terlalu dingin ruangannya, loka duduk yg tidak nyaman, lingkungan yang terkesan jorok, bahkan rasa yg nir mengenakkan.

4. Biaya-porto psikologis. Biaya-porto ini kadang-kadang dikenakan buat penggunaan suatu jasa tertentu, misalnya upaya yang bersifat mental (berpikir), perasaan adanya ketimpangan atau ketidakadilan bahkan rasa takut. (Yazid, 1999)

3. Promotion (Promosi)Bauran promosi mencakup banyak sekali metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yg ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

Comments