PENGERTIAN DAN DEFINISI ERGONOMI

Pengertian Dan Definisi Ergonomi
Istilah “ergonomi” berasal berdasarkan bahasa latin yaitu Ergon (Kerja) serta Nomos (Hukum Alam) serta bisa didefinisikan sebagai studi mengenai aspek-aspek insan pada lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain/perancangan. Ergonomi berkenaan juga dengan oprimasi, efisiensi, kesehatan, keselamatan dan kenyamanan manusia di tempat kerja, di tempat tinggal , dan loka rekreasi. Didalam ergonomi diharapkan studi mengenai sistem dimana manusia, fasilitas kerja dan lingkungannya saling berinteraksi menggunakan tujuan utama yaitu menyesuaikan suasana kerja menggunakan manusianya. Ergonomi disebut pula menjadi “ Fuman Factors”. Ergonomi jua digunakan sang berbagai macam pakar/profesional pada bidangnya contohnya : pakar anatomi, arsitektur, perancangan produk industri, ekamatra, fisioterapi, terapi pekerjaan, psikologi dan teknik industri. (Definisi diatas menurut pada Internasional Ergonomics Association). Selain itu ergonomi pula bisa diterapkan buat bidang fisiologi, psikologi, perancangan, analisis, sintesis, evaluasi proses kerja dan produk bagi wiraswastawan, manajer, pemerintahan, militer, dosen serta mahasiswa. (Nurmianto, 2004)

Mendefinisikan kata ergonomi yaitu “Suatu cabang ilmu yang sistematis buat memanfaatkan kabar-innformasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan insan buat merancang sistem kerja sehingga orang dapat hayati dan bekerja dalam sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu, dengan efektif, kondusif dan nyaman”. (Sutalaksana, 2004:61)

Definisi yang mampu dibuat buat menyebutkan arti ergonomi seperti human factors, human factors engineering, human engineering, engineering psychology, applied ergonomics, industrial ergonomics serta/atau industrial engineering. Tujuan utamanya merupakan memperoleh kesesuaian antara kebutuhan menggunakan rancangan, pengembangan, implementasi serta evaluasi sistem insan mesin serta lingkungan fisiknya supaya lebih produktif, nyaman, aman serta memuaskan buat penggunaannya (Wignjosoebroto, 1995:54).

Beberapa pakar mendefinisikan Ergonomi sebagai berikut :
1. Nurmianto Eko pada bukunya yaitu Konsep Dasar dan Aplikasinya, 2004, ergonomi dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia pada lingkungan kerjanya yg ditinjau secara anatomi, fisiologi, engineering, manajemen serta desain/perancangan.
2. Iftikar Z. Sutalaksana dalam bukunya yaitu Teknik Tata Cara Kerja, 2006, mendefinisikan ergonomi merupakan suatu cabang ilmu yang sistematis buat memanfaatkan berita-fakta mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia buat merancang suatu sistem kerja sebagai akibatnya orang dapat hidup serta bekerja dalam sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yg diinginkan melalui pekerjaan itu, dengan efektif, kondusif, sehat,nyaman, serta efisien.
3. Sritomo Wignjosoebroto pada bukunya yaitu Ergonomi Studi Gerak serta Waktu, 1995, mendefinisikan ergonomi merupakan suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan serta pembuatan alat-alat sang insan sebagai akibatnya insan dapat menggunakannya secara efektif dan kondusif serta membangun kesesuaian pada lingkungan pekerjaan dan kehidupan mereka.

Sejarah Ergonomi
Istilah “Ergonomi” mulai dicetuskan dalam tahun 1949, akan tetapi aktivitas yang berkenaan dengannya telah bermunculan puluhan tahun sebelumnya. Hal ini dapat di lihat ketika manusia masih mengunakan batu sebagai alat bantu dalam melakukan aktivitasnya, pada awalnya batu yang di gunakan adalah batu alami, namun seiring berjalannya waktu mereka merubah alat tadi menjadi lebih runcing yang membuat alat tersebut lebih berguna. Keadaan tersebut membuktikan bahwa insan telah mengenal ergonomi walaupun penerapannya tidak secara matematis bahkan terkesan kebetulan. Istilah ergonomi tidak sinkron di berbagai negara, seperti “Arbeltswisssenchchaft” pada Jerman, “Bioteknologi” di Negara-negara Skandinavia, sedangkan pada Amerika istilah ergonomi lebih pada kenal dengan Human Engineering atau Human Factors Engineering. Perbedaan nama-nama diatas hendaknya tidak dijadikan kasus, karena secara praktis, kata-istilah tersebut mempunyai maksud yg sama. Pada mulanya ergonomi poly dikuasai oleh ahli psikologi, dimana dalam saat itu pemilihan operator merupakan hal yg paling di utamakan. Kenyataannya, walaupun kita menerima operator yang berprestasi serta mempunyai keahlian tinggi, namun output akhir tidak selamanya memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah sistem kerja yang di rancang nir memperhatikan kemampuan serta keterbatasan operator itu sendiri. Hal ini terbukti menggunakan konkret dalam saat perang dunia II. Pesawat terbang, senjata serta alat-alat lainnya yang dibuat serba otomatis menjadi nir digdaya keguanaannya misalnya hancurnya pesawat terbang, bom dan peluru yg nir mengenai target, disebabkan tidak lain karena operator tidak mampu menguasai operasi yg kompleks berdasarkan indera tersebut. (Sutalaksana, 2006:72)

Dasar Keilmuan menurut Ergonomi
Banyak penerapan ergonomi yg hanya berdasarkan sekedar “common sense” (dipercaya suatu hal yg telah biasa terjadi), dan hal itu benar, jika sekiranya suatu laba yang akbar mampu didapat hanya sekedar menggunakan penerapan suatu prinsip yg sederhana. Hal ini umumnya merupakan perkara dimana ergonomi belum bisa diterima sepenuhnya sebagai indera buat proses desain, namun masih banyak aspek ergonomi yang jauh dari pencerahan insan. Karakterisrik fungsional berdasarkan manusia seperti kemampuan penginderaan berdasarkan insan. Waktu respon atau tanggapan, daya ingat, posisi optimum tangan dan kaki buat efisiensi kerja otot, dan lain-lain, adalah merupakan suatu hal yang belum sepenuhnya dipahami masyarakat umum . Agar didapat suatu perencanaan pekerjaan juga produk yg optimal dari pada tergantung serta wajib dengan “trial and eror” maka pendekatan ilmiah wajib segera diadakan. (Nurmiano,2004:5)

Ilmu-ilmu terapan yg poly herbi fungsi tubuh manusia adalah anatomi dan fisiologi. Untuk sebagai ergonomi dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai fungsi dari sistem kerangka otot, yg herbi hal tadi adalah kinesiologi (mekanika konvoi insan) dan biomekanik (aplikasi ilmu mekanika teknik buat analisis sistem kerangka otot insan). Ilmu ini akan menaruh modal dasar buat mengatasi masalah postur dan pergerakan manusia ditempat dan ruang kerjanya. Disamping itu, suatu hal yg vital pada penerapan ilmiah buat ergonomi merupakan antopometri (kalibrasi tubuh manusia). Dalam hal ini terjadi penggabungan serta pemakaian data antopometri menggunakan ilmu-ilmu statistik yang menjadi prasyarat umumnya. (Nurmianto,2004:5)

Kegunaan dari penerapan ergonomi merupakan buat :
a. Memperbaiki performasi kerja (menambah kecepatan kerja, keakuratan, keselamatan kerja dan mengurangi energi kerja yang hiperbola dan mengurangi kelelahan).
b. Mengurangi saat yg terbuang sia-sia serta meminimalkan kerusakan peralatan yang disebabkan “human error”
c. Memperbaiki ketenangan insan dalam kerja

Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia
Anatomi merupakan susunan tubuh dan interaksi bagian-bagiannya satu sama lain. Anatomi regional menurut letak geografis bagian tubuh, serta setiap region atau daerah, contohnya lengan tungkai, kepala, dada, serta seterusnya ternyata terdiri atas sejumlah struktur atau susunan yg generik didapati pada seluruh region. Dan fisiologi mempelajari fungsi atau kerja tubuh insan dalam keadaan normal. (Pearce, C, 1989:72)

Gambar Anggota mobilitas atas kanan, pandanan lateral, dengan lengah bawah terputar ke dalam, memperlihatkan kedudukan otot-otot utama dari lengan atas. Ibu jari diregangankan (pada abduksi) buat mengendorkan tendon extensio menurut lengan bawah dengan ini menerangkan lekukan yg dikenal dengan Anatomical Sniff-Box (Kotak isap Anatomik)
(Sumber : Pearce, Evelyn, C, 1989, Anatomi serta Fisiologi untuk Pramedis:38)

Gambar (Pandangan palmaris dari tangan kiri yang menandakan kedudukan sendi Metakarpal-Falanx. Otot Eninensia dan Hipotenaris, Fasia palmaris dan tendon yang melingkar pergelangan tangan dibawah Flexor Retinakular atau Ligamen Annalaris Anterior. Hal penting buat ini adalah jika menggunakkan bidai atau balutan gips agar pergelangan tangan tetap lurus sebagai akibatnya tidak menyentuh sendi Metakarpo-Falanx, namun berakhir pada bawahnya, guna menyakinkan bahwa seseorang bisa membengkokkan jari-jarinya diatas bidai, membangun sudut tegak lurus dengan telapak tangan.
(Sumber : Pearce, Evelyn, C, 1989, Anatomi serta Fisiologi untuk Pramedis:39) 

Kerangka Anggota Atas (Tulang Pergelangan Tangan dan Tangan)
Tulang tangan disusun dalam beberapa kelompok. Karpus (tulang pangkal tangan atau tulang yang masuk deretan pergelngan, merupakan tulang pendek. Metakarpal membangun kerangka tapak tangan dan berbentuk tulang pipa. Falaxn merupakan tulang jari dan berbentuk tulang pipa. (Pearce, C, 1989:72)

Gambar Pandangan anterior dari tulang pergelangan serta tangan kanan, beserta nama hubungan kedudukan terhadap satu-satu tulang.
(Sumber : Pearce, Evelyn, C, 1989, Anatomi dan Fisiologi untuk Pramedis:73)

Otot Kerangka
Otot dikaitkkan pada tulang, tulang rawan, ligamen serta kulit. Yang langsung terletak dibawah kelit datar, dan yang pada anggota gerak panjang. (Pearce, C, 1989:102)

Gambar Otot tangan, dan otot tepi diatas sisi anterior lengah bawah (kanan)
(Sumber : Pearce, Evelyn, C, 1989, Anatomi dan Fisiologi buat Pramedis:111)

Gambar Otot di sisi posterior serta lengan bawah (kanan) menunjukkan juga tendon extensor buat tangan dan yang berjalan bi bawah retinakulum
(Sumber : Pearce, Evelyn, C, 1989, Anatomi serta Fisiologi buat Pramedis:112)

Pemindahan Bahan Secara Manual
Perilaku dan posisi pemindahan material secara manual sudah sebagai perhatian yg sangat penting buat menciptakan perencanaan yg efisien dalam penanganan pekerjaan pemindahan material dan sludi buat melindungi pekerja dari kecelakaan dan cedera. Berdasarkan output penelitian yg dibuat oleh NIOSH diperoleh bahwa kecelakaan pada industri disebabkan sang penggunaan tenaga yg hiperbola yg selanjutnya berefek pada cedera tulang belakang bagian bawah. Penelitian-penelitian buat mencari penyebab primer cedera tulang belakang ini telah poly dilakukan keliru satunya merupakan dengan dikembangkan model Biomekanika buat memperkirakan besarnya gaya yg menekan tulang belakang bagian bawah. Beberapa model Biomekanika sudah dikembangkan diantaranya model Biomekanika Statis bidang Sagital dikembangkan oleh Doti B. Chaffin (1975), model Biomekanika Dinamik bidang sagital dikembangkan sang Ayoub dan EI-Bassousi (1978). Kedua contoh ini hanya bisa dipakai buat memprediksikan besarnya gaya tekan serta gaya geser di L51/SI untukpengangkatan dalam bidang sagital. Model Biomekanika Statis bidang sagital dikembangkan lagi oleh Haris Kustantio (1999) sebagai akibatnya contoh Biomekanika inidapat dipakai Untuk berbagai posisi pengangkatan diantaranya pengangkatan asimetrik. Pada contoh Biomekanika Statik tiga dimensi ini tubuh insan direpresentasikan oleh tujuh segmen yaitu segmen betis kiri, segmen betis kanan, segmen paha kiri, segmen paha kanan, segmen badan dan kepala, segmen lengan kiri dan lengan kanan. Model Biomekanika ini mempunyai kelemahan yaitu segmen lengan mewakili lengan atas dan lengan bawah dan penentuan titik berat lengan yang berada dalam 50% panjang lengan. Atas dasar inilah perlu dilakukan pengembangan contoh Biomekanika Statis maupun model Biomekanika Dinamik agar bisa lebih representatif buat memodelkan tubuh insan dan representatif digunakan buat berbagai posisi pengangkatan material secara manual. Pekerjaan pengangkatan pada industri memiliki posisi serta metoda pengangkatan yang bhineka diantaranya pengangkatan penurunan pada bidang sagital, serta pengangkatan/penurunan asimetrik. Masing-masing posisi ini akan memberikan imbas yang tidak sama dalam tulang belakang bagian bawah. 

Pemindahan bahan secara manual jika tidak dilakukan secara ergonomis akan menimbulkan kecelakaan pada industri. Kecelakaan dalam industri (industrial accident) yang disebut sebagai “Over exertion-lifting ang carrying” yaitu kerusakan tubuh yang diakibatkan oleh bebab angkat yg berlebihan. Data tentang peristiwa tersebut sudah mencapai homogen-homogen 18% dari sekuruh kecelakaan selama tahun 1982-1985 menurut data statistik tentang kompensasi para pekerja pada negara bagian New South Wales, Australia. Dari data kecelakaan ini 93% antara lain diakibatkan oleh Strain (rasa nyeri yang hiperbola) sedangkan 5% lainnya pada hernia. Dari data tentang Strain 61% diantaranya berada pada bagian punggung. Sementara itu faktor yg berpengaruh terhadap timbulnya nyeri punggung (back injury), arah beban yang akan diangkat serta frekwensi aktivitas pemindahan. Resiko-resiko nyeri tadi banyak dijumpai dalam beberapa industri sebagai berikut : (Nurmianto, 2004:152)
a. Industri berat
b. Pertambangan
c. Pemindahan material
d. Konstruksi / bangunan
e. Pertanian
f. Rumah sakit, dan lain-lain.

Back Injury yg diakibatkan berdasarkan efek pemindahan beban juga poly terdapat aktifitas rekreasi atau santai (Leisure). Usaha-bisnis untuk mengurangi hal tadi adalah menggunakan cara mengadakan pelatihan, pendidikan dan penyuluhan tentang dampak negatifnya dan perhatian spesifik pada perancangan produk yg nantinya akan dikonsumsi buat masyarakat. Beberapa aktifitas yang akan menimbulkan efek sampingan negatif ( hazard ) tersebut antara lain :
a. Mengangkat beban berat dikantor/ perusahaan
b. Mengoprasikan alat-alat/ fasilitas kerja di industri manufaktur juga jasa, dan lain-lain.

Pada semua masalah diatas rakyat wajib sadar bahwa dalam usia menengah (yaitu diatas 40 tahun) merupakan usia yg berpeluang akbar buat mendapatkan usia ini. Tetapi demikian kaum muda, diperlukan jua berhati-hati dalam mengangkat beban secara repelitive (berulang).

Beberapa parameter yg harus diperhatikan merupakan sebagai berikut:
1. Beban yang harus diangkat
2. Perbandingan antara berat beban serta orangnya
3. Jeda horizontal dari beban terhadap orangnya
4. Berukuran beban yang akan diangkat (beban yg berdimensi besar akan mempunya jarak CG (center of gravity) yg lebih jauh menurut tubuh, yg biasa mengganggu jarak pandangnya.

Comments