PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA

Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan serta Perikanan Nomor: PER.16/MEN/2006 tentang Pelabuhan Perikanan, Pelabuhan Perikanan dibagi menjadi 4 kategori primer  Diantaranya Adalah PPS ( Pelabuhan Perikanan Samudera )

• PPS (Pelabuhan Perikanan Samudera)

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), dikenal jua sebagai pelabuhan kelas A atau kelas I. Pelabuhan perikanan samudera ini khusus dirancang untuk melayani kapal yg ukuran > 60 GT. Untuk kapal kapal berukuran menengah ke atas maka perlakuan nya pun seharusnya nir sama dengan pelabuhan pelabuhan kecil. Karena bersandarnya kapal kapal besar inilah yang berakibat mata rantai ekonomi pada pelbuhan perikanan lautan sanggup terus berjalan dan berputar.

Pelabuhan perikanan lautan ini dapat menampung atau menyandarkan kapal sebesar 100 kapal atau menggunakan bobot kapal berjumlah total 6000 GT sekaligus, atau bisa juga melayani kapal perikanan yg beroperasi di perairan lepas pantai, ZEE, dan perairan internasional. Kapal kapal perikanan tadi merupakan kapal kapal yang menciptakan surat kebangsaan negara indonesia.

Jumlah ikan yg didaratkan lebih kurang 40.000 per tahun serta juga memberikan pelayanan buat ekspor.begitu penying serta penting fungsi dari pelabuhan perikanan lautan maka fasilitas fasilitas di pada pelabuhan harus dapat mendukung kerja berdasarkan aktivitas di pelabuhan perikanan samudera .


Selain itu juga tersedia tanah buat industri perikanan. Perum Prasarana Perikanan Samudera merupakan badan yang bertanggung jawab atas pelabuhan ini. Fungsi berdasarkan Perum Prasarana Perikanan Samudera adalah buat :
  1. meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan melalui penyediaan serta perbaikan sarana serta prasarana pelabuhan perikanan samudera .
  2. Mengembangkan wiraswasta perikanan serta untuk memasang atau mendorong industri perikanan buat memasarkan hasil perikanan.
  3. Memperkenalkan dan mengembangkan teknologi output perikanan serta sistem rantai dingin dalam perdagangan serta industri pada bidang perikanan
Terdapat beberapa fasilitas-fasilitas dalam pelabuhan perikanan lautan,
yaitu :

1.         Pelindung

·      Breakwater panjang
·      Revetment panjang
·      Groin panjang

2.         Tambat / labuh

·      Dermaga panjang
·      Jetty panjang

3.         Perairan

·      Alur pelayaran panjang
·      Kolam pelabuhan luas

4.         Penghubung

·       Jalan panjang
·       Jembatan panjang
·       Drainase terbuka panjang
·       Drainase tertutup panjang

5.         Pembatas lahan

·       Pagar keliling panjang

Comments