MITOLOGI NAMA DEWA DEWI AGAMA HINDU DAN KEKUATANNYA

Mitologi Hindu - Agama datang sebagai ekspresi pencarian insan buat citra lengkap tentang alam semesta. Keinginan yg inheren buat memahami alam sekitarnya, hukuman alam, eksistensi serta waktu dapat disimpulkan sebagai alasan primer pada kembali pembentukan kepercayaan dan keterikatan pada makhluk tertinggi.
Agama Hindu adalah galat satu agama tertua pada global dan juga yang terbesar ketiga. Beberapa jenis tuhan serta dewi disembah dalam kepercayaan Hindu dan jumlah mereka nir bisa dipastikan. Sementara banyak sekali bentuk yang kuasa disembah, diyakini bahwa semua pemuja menyembah satu makhluk tertinggi.
Agama Hindu memiliki mitologi luas yg dicatat secara komprehensif pada tulisan kudus. Mereka mendaftar poly dewa dan dewi dalam aneka macam manifestasinya. Masing-masing memiliki poly kualitas dan kekuatan yg menarik. 
Hindu, pada filosofi intinya, percaya bahwa terdapat satu wujud atau ilahi tertinggi. Semua yang kuasa lainnya merupakan manifestasi atau avatar. Ada manifestasi yang sangat penting, serta terdapat jua beberapa yang nisbi tidak dikenal.
Dalam genre Hinduisme terdapat tiga sekte primer - Shaivisme, Vaishnavisme, dan Shaktism. Shaivisme merupakan pemujaan terhadap Siwa, Vaishnavisme mengacu pada pemujaan Wisnu, dan Shaktisme adalah penyembahan Shakti atau Devi.

Smartisme adalah tradisi terbaru yg percaya dalam penyembahan lebih dari satu Dewa, termasuk Vishnu, Siwa, Shakti, Ganesha, serta Surya.

Smarta (Dewanagari: स्मार्त; ,IAST: Smārta, स्मार्त) atau Smarta-sampradaya adalah aliran ortodoks atau sekte Hindu yang digagas kaum brahmana yg mengikuti Sanmata.


Istilah Smarta digunakan buat merujuk kepada golongan brahmana tertentu yang mahir mengenai smerti, atau yg mengakui smerti sebagai teks paling sahih.



Pada umumnya, umat Smarta memuja Tuhan pada enam wujud: Ganesa, Siwa, Sakti, Wisnu, Surya, dan Skanda. Lantaran aliran ini menerima segala yang kuasa-dewi Hindu yang utama, genre ini dikenal sebagai Hindu liberal atau non-sektarian.

Umatnya mengikuti jalan filosofis dan meditasi, yang menekankan persatuan insan dengan Tuhan melalui pencerahan. Aliran ini tidak terlalu bersifat sekte sebagaimana Waisnawa atau Saiwa, dan menganut asas keyakinan bahwa Brahman merupakan prinsip tertinggi dalam alam semesta dan mencakup segala sesuatu yg ada.

Inilah beberapa ilahi serta dewi Hindu:

  • Dewa Brahma, Sang Pencipta
Salah satu trinitas suci dalam agama Hindu, Brahma adalah Pencipta alam semesta. Dia umumnya digambarkan memiliki empat kepala.

Brahma terlihat duduk pada lotus, bermeditasi. Dalam filsafat Veda, Brahma merupakan perwujudan kecerdasan, serta hadir sebagai intelek dalam seluruh manusia.

Brahma merupakan pencipta Veda. Ada empat Veda, dan dikatakan bahwa masing-masing berdasarkan mereka dari menurut keliru satu kepalanya. Angsa merupakan Kendaraanya.

Brahma jua dikatakan membaca Veda secara terus menerus serta secara bersamaan berdasarkan masing-masing dari keempat mulutnya. Dia berpengetahuan luas, serta pencipta seluruh makhluk di alam semesta.
  • Dewa Wisnu, Sang Pemelihara
Wisnu, sang banyak sekte pada agama Hindu, dianggap sebagai tuhan tertinggi. Dalam perspektif normal dan generik, dia merupakan galat satu Trimurti, beserta dengan Brahma serta Siwa.

Wisnu ditinjau menjadi sang Pemelihara alam semesta. Menurut buku kudus, kebanyakan Vishnu Purana, alam semesta ada menurut pusarnya, serta makhluk hayati pertama yg dilahirkan merupakan Brahma.

Garuda, burung mitologis adalah kendaraannya / vahan. Wisnu tinggal pada Vishnuloka.
  • Dewa Siwa, sang Penghancur
Siwa, sebagaimana disebutkan di atas, adalah salah satu menurut tiga dewa utama pada agama Hindu. Doa dipercaya menjadi mahluk tertinggi sang salah satu sekte Hindu. Dia ditinjau sebagai sang Penghancur dari alam semesta. Dia merupakan galat satu yang kuasa Hindu yang paling dikenal, serta sangat populer pada antara semua umat Hindu.

Siwa dianggap menjadi tuhan yg sangat sederhana yang disembah pada bentuk Lingam.
  • Dewa Kartikeya, Dewa Perang serta Jenderal Tentara Para Dewa
Kartikeya adalah putra pertama ilahi Siwa serta dewi Parwati. Salah satu tujuan utama kelahirannya adalah membunuh iblis Tarkasur. Lantaran ini beliau dibesarkan oleh Kirtikas, jauh dari orang tuanya buat melindunginya menurut upaya Tarkasur buat membunuhnya.

Setelah mencapai kekuasaannya, Kartikeya diangkat menjadi panglima tertinggi para tuhan pada pertempuran melawan Tarkasur. Karena keberanian serta keterampilannya, Kartikeya ditawari buat sebagai raja nirwana, tetapi ditolak karena dia menduga kiprahnya sebagai panglima paling krusial dan perlu.
  • Dewa Ganesha
Ganesha, ilahi gajah merupakan salah satu yang kuasa Hindu yg paling krusial. Dia merupakan putra ke 2 Siva serta Parvati dan saudara termuda Dewa Kartikeya yang lebih muda.

Saat melakukan puja atau ritual apapun, beliau adalah yang kuasa pertama yang disembah. Selama perselisihan yang keliru dimengerti pada mana Siwa tidak tahu bahwa Ganesha adalah putranya, beliau memotong ketua Ganesha dengan murka . 

Kemudian selesainya realisasi, kepala gajah ditempatkan serta Ganesha dihidupkan pulang, jua memberinya kekuatan untuk menjadi yang kuasa pertama pada urutan kepentingan. Tikus merupakan kendaraannya / vahananya. Ganesha tak jarang dikaitkan menggunakan keberuntungan.

Ganesha disembah oleh semua sekte Hinduisme, membuatnya mungkin yang paling penting dari yang kuasa-tuhan Hindu. Dia umumnya digambarkan mengendarai seekor tikus, yang membantu tuhan dalam menyingkirkan rintangan untuk sukses, apa pun ikhtiarnya.
  • Avatar Dewa Wisnu
1. Rama
Rama merupakan keliru satu ilahi Hindu yang paling dicintai dan adalah pahlawan berdasarkan epik Hindu yang diklaim Ramayana.

Rama merupakan dewa kebenaran serta kebajikan dan avatar lain menurut Wisnu. Dia dianggap sebagai perwujudan paripurna umat manusia: secara mental, spiritual serta fisik.

Tidak misalnya tuhan serta dewi Hindu lainnya, Rama secara luas diyakini sebagai tokoh sejarah aktual yg eksploitasnya membentuk epik Hindu besar "Ramayana." Umat Hindu merayakannya selama Diwali, festival cahaya.

Rama digambarkan menjadi putra, saudara, suami, serta raja yang ideal serta menjadi penganut dharma yg ketat.

Jutaan orang Hindu mendapatkan kepuasan dari membaca serta mengingat kembali cobaan serta kesengsaraan Rama sebagai pangeran muda yang diasingkan berdasarkan kerajaannya selama 14 tahun.

2. Krishna
Krishna, jua dikenal menggunakan nama Shri Krishna, Vasudeva, Govinda, Gopal, Madhusudan, merupakan inkarnasi ke delapan dari Wisnu serta salah satu filsuf dan pejuang yang paling terkenal dalam agama Hindu.

Krishna merupakan putra Basudev dan Devaki. Dia ditakdirkan buat membunuh pamannya, Kansa, Raja Mathura. Dia dibesarkan sang orang tua asuhnya Yashoda serta Nanda di Gokul buat membuatnya tetap aman menurut usaha pembunuhan pamannya.

Festival Krishna Janmastami dirayakan untuk menandai kelahirannya. Krishna jua adalah salah satu tokoh sentral pada epik Mahabharata. 

Dalam pertempuran Kurushetra, Krishna bersumpah buat tidak memakai senjata apa pun, namun diterima sebagai pengendara kereta kereta Arjuna.

Itu selama pertempuran Kurushetra saat Arjuna dihadapkan menggunakan dilema pertempuran melawan saudara-saudaranya, bahwa Krishna memberinya pengetahuan mengenai Gita.

Jika satu nama tuhan Hindu dikenal serta diakui pada semua dunia, itu adalah Krishna. Hindu mengidentifikasi Krishna sebagai guru buku suci yang diklaim Bhagavad Gita serta menjadi teman serta mentor pangeran Arjuna dalam epik Mahabharata.

Untuk para pengikutnya, Krishna sangat menyenangkan, penuh menggunakan lelucon yg lucu. Tetapi yg paling krusial, janji Krishna pada umat insan bahwa ia akan memanifestasikan dirinya serta turun ke bumi kapan pun penurunan dharma telah mempertahankan keyakinan Hindu pada Yang Mahatinggi selama ribuan tahun.
  • Dewi Saraswati, Dewi Belajar
Dewi Saraswati adalah permaisuri kekal Brahma, pencipta dunia. Dan lantaran dia merupakan sumber berdasarkan semua pengetahuan di alam semesta.

Saraswati adalah perwujudan dari pengetahuan itu sendiri. Dia umumnya diperlihatkan bermain sitar, duduk dalam teratai.

Saraswati adalah permaisuri Brahma Sang Pencipta serta dipuja sebagai dewi pembelajaran, kebijaksanaan, ucapan, serta musik.

Dia mewakili genre pencerahan yang bebas. Putri Siwa serta Durga, Saraswati merupakan ibu menurut Veda. Nyanyian untuknya, yang diklaim Saraswati Vandana, seringkali dimulai dan diakhiri dengan pelajaran tentang bagaimana Saraswati memberkati insan menggunakan kekuatan ucapan dan kebijaksanaan.

Orang-orang Hindu memperlihatkan doa kepada Saraswati sebelum memulai pengejaran intelektual, serta mahasiswa Hindu didorong untuk memberikan doa kepadanya selama masa sekolah / perguruan tinggi serta terutama sebelum dan selama ujian.
  • Dewi Parwati, 
Parwati merupakan permaisuri tak pernah mati serta istri ilahi Siwa dan. Dia dipercaya sebagai 'Adi Shakti' atau kekuatan primordial yang menciptakan alam semesta beserta.

Parwati dipandang menjadi bunda yang baik hati di antara umat Hindu. Namun dalam goresan pena kudus, pada hal-hal tertentu, dia telah merogoh bentuk Kali dan Durga.

Durga adalah ibu dewi dan beliau mewakili kekuatan api para yang kuasa. Dia adalah pelindung orang benar serta perusak kejahatan, umumnya digambarkan seperti mengendarai singa serta membawa senjata dalam poly lengannya.

Kali juga dikenal menjadi dewi gelap, timbul sebagai wanita empat bersenjata yg ganas, kulitnya biru atau hitam. Dia berdiri di atas suaminya, Siwa, yang berbaring dengan damai pada bawah kakinya. Berdarah, lidahnya menggantung, Kali merupakan dewi kematian serta mewakili pawai tanpa henti waktu menuju hari kiamat.
  • Dewi Laksmi, Dewi Kemakmuran
Nama Lakshmi berasal dari istilah Sanskrit laksya, yg berarti tujuan atau sasaran. Dia merupakan dewi kekayaan dan kemakmuran, baik material juga spiritual.

Lakshmi digambarkan menjadi wanita berkulit empat berkulit keemasan, memegang tunas teratai ketika dia duduk atau berdiri pada atas bunga teratai besar . Keilahian kecantikan, kemurnian, serta kerumahtanggaan, citra Lakshmi seringkali ditemukan pada rumah orang beriman.

Dewi Laksmi secara tertentu disembah selama festival Diwali, Navratri, serta Kojagiri Poornima. Dia melimpahkan kekayaan pada yang layak, serta meninggalkan orang-orang yg memakai uang asal-asalan. Dia jua memberi para jamaah dengan kemajuan spiritual serta intelektual.
  • Dewa Indra, Raja Para Dewa serta Penguasa Surga
Indra merupakan yang kuasa hujan. Airavat, gajah putih yang menguntungkan merupakan kendaraan atau vahana-nya. Lain menurut kendaraannya jua termasuk kereta kuda yg ditarik sang sepuluh ribu kuda. 

Senjatanya diklaim vajra. Indra adalah putra Aditi dan sage Kashyap. Indra adalah galat satu tuhan paling krusial di langit.

Indra acapkali ditampilkan sebagai ilahi yg licik, mengirimkan rintangan pada jalan para penyembah, terutama para asur dengan tujuan Mengganggu upaya mereka buat menyenangkan para dewa nirwana. Indra memiliki kekuatan serta keberanian.
  • Dewa Hanuman, raja kera serta pelayan setia
Hanuman, pula dikenal menjadi ilahi monyet, adalah putra dewa udara, Pawan atau Vayu. Dia pula salah satu dari delapan kekal yang dikenal sebagai astachiranjiwi.

Diyakini bahwa seseorang Hanuman belia, pernah mencoba buat menelan matahari. Lantaran sifatnya yang nakal, kekuatannya dibatasi hingga pertemuannya dengan Ram.

Setelah bertemu Ram, Hanuman menjadi penyembahnya yang setia memainkan peran sentral dalam epik Ramayana. Dia merupakan salah satu pemuja terkuat Ram, yg membakar Lanka (kerajaan Ravan). 

Hanuman terkenal karena sudah menyelamatkan saudara Ram, Lakshman, dengan membawa seluruh gunung sanjiwani buti, ramuan penghidupan. Untuk semua alasan ini, dia merupakan simbol kekuatan pengabdian.

Hanuman ditampilkan pada epik Hindu besar Ramayana. Dia mendapatkan jalan buat pendewaan dengan melakukan prestasi kekuatan, darma, serta keberanian sambil membantu Rama (avatar Wisnu) pada insiden menarik yang tak terhitung jumlahnya.

Comments