MENJELAJAHI ENERGI DARI CHAKRA SVADHISTHANA

Chakra kedua, Svadhisthana (Sansekerta: स्वाधिष्ठान, IAST: Svādhiṣṭhāna, bahasa Inggris: "basis sendiri"), jua dikenal sebagai kreativitas serta chakra seksual. Ini terletak di atas tulang kemaluan serta di bawah pusar, serta meliputi daerah genital dan pleksus hipogastrik.
Kata svadhisthana dapat diterjemahkan sebagai “tempat tinggal diri,” dan elemen cakra kedua adalah air, yg sama menggunakan kekompakan.
Chakra ke 2 yg seimbang menunjuk pada perasaan kesehatan, kelimpahan, kesenangan, dan sukacita. Kita dapat membuka chakra ini menggunakan ekspresi kreatif.
Chakra ke 2 merupakan pusat perasaan, emosi, kesenangan, sensualitas, keintiman, serta koneksi. Mantranya adalah VAM.
Cobalah melantunkan VAM buat menyeimbangkan atau menyalakan cakra sakral. Ini diterjemahkan menjadi ‘Saya merasa’. Jika kita lebih nyaman memakai bahasa Indonesia, maka lakukanlah pengucapan mantra dalan bahasa Indonesia.
Ketika Chakra Seksual terbuka & jelas: kita merasa genit, subur, percaya, feminin, jantan, penuh kasih, dan mau menikmati seluruh aspek hubungan kita  - termasuk menggunakan sahabat, famili, dan kekasih. Kita merasa seperti seorang Dewi / Dewa; kamu merasa percaya diri.
Ketika chakra ini tidak seimbang, seseorang mungkin mengalami ketidakstabilan emosi, takut akan perubahan, disfungsi seksual, depresi, atau kecanduan.
Evolusi kesadaran menuju kesadaran insan murni dimulai di Chakra Svadhishthana. Ini merupakan loka pikiran bawah sadar di mana semua pengalaman hayati dan kesan semenjak awal eksistensi kita di dalam rahim disimpan.
Hewan yg ditunjuk buat merepresentasikan chakra Svadhishthana merupakan Buaya. Ini melambangkan kemalasan, ketidaksensitifan, dan bahaya yg tertidur pada Chakra ini.
Unsur Svadhishthana adalah Air, pula simbol bahaya yg tersembunyi. Air lunak serta lentur, tetapi juga kekuatan yang sangat akbar waktu tidak terkendali.
Ketika emosi negatif ada dari alam bawah sadar ke keadaan sadar, kita bisa benar-sahih kehilangan ekuilibrium.

Kreativitas: Fokus menurut Chakra Kedua (Svadhisthana)

Kreativitas ini bisa dinyatakan menjadi prokreasi namun energi chakra kedua tentu nir terbatas dalam menciptakan sesuatu yang baru. Ketika kita memasak, memanggang, atau berkebun, kita sedang membentuk. 

Kita membentuk ketika kita menemukan solusi baru buat kasus lama . Setiap kali kita mengambil bahan mentah, fisik atau mental, serta mengubahnya sebagai sesuatu yg baru, kita menggunakan tenaga kreatif kita.

Energi chakra ini memungkinkan kita buat melepaskan, berkiprah, serta mencicipi perubahan dan transformasi yg terjadi di pada tubuh kita

Bermain merupakan cara yang rupawan buat memulai proses penciptaan energi kreatif kita. Pernahkah kita menonton seseorang anak bermain?

Seorang anak akan menghabiskan beberapa jam menciptakan menara Lego, istana pasir, atau rumah boneka yg indah.

Kemudian, anak yg sama akan menghancurkan karya mereka pada sekejap serta mulai menurut awal seolah-olah itu bukan perkara besar .

Selain terbuka buat kreativitas dalam kehidupan sehari-hari kita, kitadapat menyeimbangkan chakra kedua menggunakan mempertahankan kehidupan seksual yang sehat dan menghormati serta menghormati tubuh kita.

Berhubunganlah menggunakan emosi kita dan lihat apakah ada perasaan yg kita pegang. Buat komitmen untuk memproses emosi tadi menggunakan cara yg sehat.

Tantangan primer buat chakra ke 2 adalah pengkondisian warga kita. Kita hayati dalam masyarakat di mana perasaan nir dihargai, di mana gairah, serta reaksi emosional dikecam.

Seolah-olah ini nir cukup, kita juga mengalami luka perjuangan budaya kolektif atas poly perkara seksual warga kita.

Di satu sisi seksualitas diperbesar dan dimuliakan, serta pada sisi lain ditolak. Ini menghasilkan perkara chakra kedua yg diblokir atau hiperbola.

Tidak heran kita memiliki begitu banyak kasus menggunakan pusat gairah kita, sumber perasaan, kesenangan, serta sensualitas.
Chakra Seksual dapat tersumbat oleh: Kehidupan seks yg nir memuaskan, kekerasan seksual di masa lalu / pelecehan, perasaan terhadap orang yang dicintai yang dibiarkan tidak terucapkan, interaksi masa kemudian yg masih mengganggu kita, merasa nir nyaman di pada tubuh kita, fisik yg jelek secara keseluruhan herbi kesehatan.
Ketidakseimbangan, di sisi lain, dapat membawa kita untuk menjadi terlalu bergantung dalam orang yg dicintai, lebih nir toleran terhadap orang lain daripada biasanya, serta nir mau melepaskan rutinitas.

Kita bahkan mampu sebagai sangat manipulatif dengan orang-orang di lebih kurang kita, menurut kawan hingga rekan kerja. Kita mungkin mengalami kecenderungan yg terlalu ambisius, perkara keterikatan, suasana hati yg sangat fluktuatif, sensitivitas ekstrim, dan perkara kepercayaan .

Manfaat menjaga chakra seksual: Kemampuan buat percaya pada diri sendiri dan impian kita. Stabilitas keuangan. Stamina buat bertahan dan melindungi diri sendiri. Keberanian untuk mengambil risiko menggunakan percaya diri dengan kepala taraf. Kekuatan buat menghadapi kegagalan dan berkiprah maju menggunakan penuh keyakinan menuju impian kuta. Perkembangan organ reproduksi yg positif.

Jika chakra ini kurang aktif, kita mungkin sebagai terputus menurut orang-orang pada kurang lebih kita, tetapi bila terlalu aktif, kita pergi terlalu jauh ke arah yang antagonis serta menjadi teman atau pasangan yang inheren (misalnya yang kita memahami tidak menyenangkan untuk salah satu pihak ).

Ketidakseimbangan pada Svadhisthana bisa mengakibatkan nyeri punggung bawah, kista ovarium serta masalah kesehatan reproduksi lainnya, infeksi saluran kemih, komplikasi menggunakan kandung kemih dan ginjal, dan disfungsi seksual secara generik, dari impotensi ke libido rendah.

Tapi jangan takut! Ketika Chakra Seksual seimbang dan terawat menggunakan baik, kita akan dapat mengumpulkan energi yang kita butuhkan buat kreativitas, gerakan, hasrat, kesenangan, dan hubungan intim, romantis dan sebagainya.

Sekilas Chakra Seksual:

Nama sanskrit: Svadhisthana (cantik)
Elemen: Air
Warna: oranye
Bentuk: Lingkaran dengan bulan sabit
Kelopak bunga teratai: Enam
Suara benih: VANG
Suara vokal: Oo
Hak: Merasa, menginginkan
Kelenjar endokrin: Ovarium, testis
Hubungan fisik: Rahim, alat kelamin, ginjal, kandung kemih
Fungsi psikologis: Pergerakan dan koneksi
Identitas: Emosional
Tahap perkembangan: 6 bulan - 2 tahun
Planet: Merkurius, Jupiter, Bulan
Dewa: Indra, Rakini, Wisnu
Dupa: Gardenia, damiana

Comments