MENGHITUNG TOTAL DAYA REAKTIF KVAR

Cara Sederhana Menghitung Total daya Reaktif yang dihasilkan menurut berbagai peralatan listrik pada instalasi listrik tiga fasa
Bagaimana cara menghitung Total Daya reaktif?
Seperti misalnya, Pada Tarif dasar Listrik buat industri, ada biaya yg dikenakan buat kelebihan pemakaian Daya reaktif (KVArh), kemudian bagaimana cara mengetahui akbar Daya reaktif yang dihasilkan?
Sangat krusial bagi kita buat mengetahui seberapa besar daya Reaktif yg didapatkan menurut aneka macam alat-alat listrik yang kita gunakan dalam instalasi listrik 3 fasa.
Khususnya pada global Industri, yg umumnya menggunakan Listrik 3 fasa dengan tegangan 380Volt, Besarnya Daya Reaktif wajib diketahui serta selanjutnya dilakukan pemugaran untuk mengurangi akbar Total Daya reaktif yang terjadi.
Baca pula: Cara menghitung Biaya tagihan Listrik buat Industri
Daya Reaktif adalah Daya yang dihasilkan menurut aneka macam peralatan listrik yg menghasilkan induksi magnetik serta membentuk Daya harmonik.
Daya Reaktif tak jarang juga diklaim menggunakan Kerugian Daya.

Berbagai peralatan listrik yang menghasilkan Daya reaktif, antara lain:
  • Elektro Motor
  • Trafo Las
  • Inverter
  • Lampu mercury non Ballast
  • UPS
  • Dan lainnya

Semakin Banyak penggunaan peralatan listrik yang menghasilkan daya Harmonik, akan semakin besar daya reaktif yg didapatkan, Hal ini akan menyebabkan semakin rendahnya faktor daya (Cosphi) dalam instalasi listrik tersebut.
Ada 3 macam Daya pada instalasi listrik 3fasa, yaitu:
  • Daya Semu (KVA)
  • Daya Aktif (KW)
  • Daya Reaktif (KVAr)

Penjelasan mengenai 3 jenis Daya
Besarnya daya reaktif akan memilih seberapa akbar daya Aktif yg didapatkan, semakin akbar daya reaktif akan menyebabkan Daya Aktif yg didapatkan semakin mini dibandingkan dengan Daya Semu.
Faktor Daya (Cosphi) merupakan Perbandingan Besar daya Aktif (KW) menggunakan Daya Semu (KVA)
Perbandingan antara besar Daya Aktif menggunakan Daya semu inilah yg disebut menggunakan faktor daya (Cosphi).
Kondisi yg terbaik merupakan apabila Daya reaktif dalam instalasi listrik merupakan 0 KVAr, maka faktor dayanya merupakan 1, sehingga besar daya Aktif adalah sama dengan Daya Semu.
Namun tentunya hal ini tidak mungkin terjadi, lantaran aneka macam peralatan listrik yg dipakai dalam instalasi listrik tiga fasa akan membentuk Daya harmonik serta tentunya menimbulkan Daya reaktif.
Namun, sebisa mungkin Daya reaktif yang didapatkan wajib diminimalkan, buat menerima faktor daya (Cosphi) minimal lebih akbar menurut 0,85.
Cosphi >0,85
Seperti halnya bila suatu industri memakai Listrik berdasarkan PLN, semakin rendah faktor daya maka akan semakin besar tagihan listrik yang harus dibayar sang pihak industri tadi kepada PLN.
Oleh lantaran itulah Pihak PLN hanya akan mengenakan biaya kelebihan Daya Reaktif (KVArh) apabila faktor daya (Cosphi) instalasi listrik suatu Industri lebih kecil menurut 0,85.
Untuk menghindari biaya listrik industri yang semakin melonjak, maka faktor daya listrik suatu industri harus diperbaiki serta diperlukan lebih akbar menurut 0,85.
Cara buat memperbaiki faktor daya tadi adalah menggunakan memasang Capasitor Bank dalam instalasi listrik tadi. Cara memasang Capasitor Bank dalam listrik 3fasa
Namun untuk melakukan perbaikan faktor daya, terlebih dahulu kita harus mengetahui seberapa besar Daya reaktif yg didapatkan.
Cara menghitung kebutuhan Capasitor Bank dalam listrik tiga fasa
Bagaimana Cara menghitung Total Daya Reaktif yang dihasilkan dalam suatu Instalasi listrik tiga fasa?
Untuk mengetahui seberapa besar Daya Reaktif, kita dapat memakai cara sederhana perhitungan Daya Reaktif Berikut ini:

Rumus Sederhana menghitung Total Daya reaktif suatu Instalasi listrik tiga fasa


Rumus menghitung Daya Reaktif:
Q = √S² - P²
Q: Daya Reaktif (KVAr)
S: Daya Semu (KVA)
P: Daya Aktif (KW)
Untuk detail, kita akan coba membuat model perhitungan Daya Reaktif suatu instalasi listrik tiga phase.
Contoh Perhitungan Total daya Reaktif
Sebuah Pabrik yg menggunakan instalasi listrik tiga phase buat mengoperasikan aneka macam alat-alat listrik dan mesin produksinya.
Listrik yang digunakan dalam Pabrik tadi dari dari Listrik PLN, dengan daya terpasang sebanyak 250KVA, tegangan 380Volt, Faktor Daya (Cosphi) sebanyak 0,80 (Pengukuran Faktor Daya (Cosphi) dilakukan Saat pabrik tersebut beroperasi dengan beban zenit).
Diketahui:
S = 250KVA
P = 250KVA x 0,80 =200KW
Berapa Daya Reaktif instalasi listrik Tersebut?
Q = √S² - P²
Q = √250² - 200²
Q = √62.500 - 40.000
Q = √22.500
Q = 150KVAr
Dari perhitungan diatas didapat bahwa pada suatu instalasi listrik 3fasa menggunakan Daya terpasang sebesar 250KVA, Faktor Daya 0,80, Daya Reaktif sebanyak 150KVAr.
Perbaikan Faktor Daya
Karena Faktor Daya yg ingin dicapai adalah harus lebih besar menurut 0,85, agar kualitas daya menjadi lebih baik dan menghindari porto tambahan tagihan listrik yang ditimbulkan berdasarkan kerugian daya tadi, maka penyelesaiannya merupakan memasang Kapasitor Bank dalam Instalasi listrik Pabrik tersebut.
Berapa kebutuhan KVAr Capasitor Bank yang harus dipasang supaya faktor daya yang sebelumnya hanya 0,80 bisa diperbaiki sebagai 0,90?
Rumus menghitung kebutuhan Capasitor Bank
Qc = Q1 - Q2
Qc = Daya Reaktif Kapasitor Bank yang dibutuhkan
Q1 = Daya Reaktif sebelum perbaikan
Q2 = Daya Reaktif yg ingin dicapai
Setelah kita mengetahui besar Daya Reaktif (Q1) yang dihasilkan adalah 150KVAr, selanjutnya buat melakukan pemugaran Faktor Daya menurut yg sebelumnya hanya 0,80, dan ingin kita perbaiki menjadi 0,90. Kita harus melakukan perhitungan Daya reaktif (Q2) apabila Faktor Dayanya menjadi 0,90.
Menghitung Daya Reaktif yang ingin dicapai (Q2)
Diketahui:
P = 200KW
Cosphi yang ingin dicapai adalah 0,90
Maka S = 200KW : 0,90
S = 222,22 KVA
Berapa Daya Reaktif jika Cosphi diperbaiki sebagai 0,90?
Q = √S² - P²
Q = √222,22² - 200²
Q = √49.381,7 - 40.000
Q = √9.381,7
Q = 96,85KVAr
Maka, bisa dihitung Kebutuhan Capasitor Bank buat memperbaiki faktor daya yg sebelumnya 0,80 menjadi 0,90 merupakan:
Qc = Q1 - Q2
Qc = 150KVAr - 96,85KVAr
Qc = 53,15KVAr
Setelah kita lakukan perhitungan didapat bahwa untuk memperbaiki Faktor Daya yg sebelumnya 0,80 sebagai 0,90 dalam instalasi listrik pabrik tadi, diperlukan Kapasitor Bank sebesar 53,15KVAr.
Selanjutnya, buat memperbaikinya kita dapat memasang Capasitor Bank yang nilainya sesuai dengan Total Daya Reaktif tadi.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments