MENGENAL SYS DIA DAN PULSE DALAM ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH

Cara flexi---Pertanyaan yg seringkali kita ajukan saat kita memeriksakan tekanan darah kita merupakan Berapa Sys Dia dan Pulse Normal?

Jika Anda menggunakan Sphygmomanometer atau Tensi-Tensimeter-Alat-Ukur-Tekanan-Darah khususnya tensi digital, maka ada tiga parameter yang umumnya tertera dalam layar, yaitu Sys, Dia, dan Pulse.


Pertanyaan selanjutnya Apa maksud berdasarkan ketiga parameter tersebut?

Ketiga parameter,  baik Sys, Dia, atau Pulse memiliki pengertian tersendiri sebagaj berikut ;

1. Sys

Sys merupakan singkatan berdasarkan Systole (dibaca sistol). Ejaan Indonesianya merupakan Sistole. Parameter ini memberitahuakn tekanan darah ketika jantung berdetak atau waktu jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Pada fase ini, tekanan darah mencapai puncaknya.



2. Dia

Dia merupakan singkatan menurut Diastole (dibaca diastol). Parameter ini memberitahuakn tekanan darah waktu jantung istirahat pada antara 2 denyutan. Tekanan darah dalam diastole memperlihatkan angka yang lebih rendah daripada systole. Pada fase diastole, jantung mulai terisi darah serta ketika penuh akan memompa isinya keluar.

Systole serta Diastole terjadi bergantian, terus menerus sepanjang manusia masih hidup.

Perlu diketahui bahwa jantung terdiri dari serabut otot, seperti halnya otot lengan. Oleh karena itu, dalam penderita waktu tekanan systole sangat tinggi dan terjadi terus menerus misalnya dalam penyakit tekanan darah tinggi, maka otot jantung akan mengembang. Dokter umumnya mengatakan bahwa jantung bengkak.


3. Pulse

Pulse diartikan sebagai jumlah denyutan jantung atau berapa kali jantung berdetak selama satu mnt.

Berapakah Sys, Dia, Pulse yg normal?

Sys normal merupakan 120 mmHg atau di bawahnya sedikit. Nilai antara 120-139 menerangkan keadaan cenderung hipertensi, akan tetapi belum hipertensi, sedangkan nilai pada atas 140 mmHg dikategorikan sebagai hipertensi.

Dia normal adalah 80 mmHg atau di bawahnya sedikit. Nilai antara 80-89 menampakan kondisi cenderung hipertensi (prehipertensi), sedangkan nilai 90 mmHg ke atas mengkategorikan sebagai hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Pulse yang normal merupakan berkisar antara 60-100 kali per mnt. Nilai di atasnya disebut takikardi serta nilai pada bawahnya disebut bradikardi.

Demikian mengenai Sys, Dia, Pulse, dalam indera pengukur tekanan darah. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Comments