MENGENAL ISTILAH YOGA DAN METODENYA

Istilah Yoga yang berasal berdasarkan bahasa Sansekerta "Yuj" yang arti serta maknanya merupakan menggabungkan atau menyatukan. Yoga adalah suatu teknik buat menyatukan pencerahan insan menggunakan Tuhan. Lebih pada lagi, yoga adalah wahana buat menemukan kenyamanan batin.
Yoga adalah suatu teknik yang telah berkembang semenjak ribuan tahun, yg awalnya dikenal menggunakan praktek “Tantra”. Tantra, pertama kali diperkenalkan di India, 7000 tahun yang lalu sang seseorang yogi akbar Sadashiva. Yoga didesain sebagai suatu pengetahuan menyeluruh mengenai kehidupan, melingkupi setiap aspek pengembangan eksklusif serta sosial. Istilah Tantra mengandung makna “sesuatu yang membebaskan menurut kekasaran (ketidakpedulian)’, dan oleh karenanya, latihan-latihannya didasarkan pada suatu cara yg sistematis dan ilmiah, buat membawa setiap individu menurut tingkat ketidakpedulian (ignorance) menuju taraf kesadaran spiritual (spiritual illumination).
Di dunia waktu ini pengembangan yoga sudah semakin poly sampai mencapai lebih berdasarkan 285 Jenis. Ada metode yang adalah adonan dari beberapa jenis gaya, serta sebagian lagi merupakan kreasi seseorang pengajar Yoga. Lantaran itu buat seseorang yg masih pemula tentu resah buat menentukan metode yang mana yg cocok buat dipraktekan bagi dirinya sendiri. Berikut ini beberapa metode yg mungkin keliru satunya cocok buat kita praktikan untuk diri kita.
1. Integral Yoga
Integral yoga merupakan latihan yg cocok buat pemula lantaran bersifat ringan serta cocok buat dipraktikan semua usia. Keunikan Integral yoga ini adanya kombinasi pencucian fisik menurut pada ke luar dengan menggabungkan seluruh elemen diri buat mencapai zenit pencerahan tertinggi: menyatukan diri dengan Tuhan YME.(Pendiri: Swami Stchidananda. Iyiny.org.yogaville.org;iyta.org)

2. Iyengar Yoga
Iyengar Yoga memiliki keunikan, yaitu menitik beratkan dalam keselarasan pose-pose dan banyak menggunakan alat bantu. (Pendiri: B.K.S. Iyengar bksinyengar.com; iynaus.org)
3. Bikram Yoga
Bikram Yoga adalah metode yoga yg dipakai buat mengasah kemampuan tubuh manusia dalam memberi tenaga dalam diri sendiri serta mengobati diri sendiri. (Pendiri: Bikram Choudhury. Bikramyoga.com)
4. Ashtanga Yoga
Ashtanga Yoga adalah metode yoga menggunakan melakukan gaya anda sendiri serta penekanan pada pikiran, mendalami postur, berlanjut dengan gerakan yg menantang tanpa cedera, diakhiri menggunakan meditasi. Ashtanga Yoga akarnya bisa dianggab bersumber berdasarkan vinyasa yoga, yg bersifat aerobik. (Pendiri: K. Ptthabi Jois (1915-2009). Kpjayi.org;ashtanga.com)
5. Jivamukti Yoga
Perpaduan antara estetika serta kebijaksanaan kuno, menggunakan akar orisinil, dan relevansi modern. Kita mencari benang merah menurut pada sisi spritual dan budaya dunia masa kini . Kita memberdayakan insan buat sebagai sesuatu yang mereka harapkan.(Pendiri: Sharon Ganon serta David Life dan David Life (1984). Jivamuktiyoga.com)
6. Kundalini Yoga
Tujuan primer berdasarkan Kundalini Yoga merupakan menciptakan sepenuhnya potensi pencerahan manusia. Maka anda wajib mengenali, menumbuhkan, dan mengembangkan kesadaran anda sampai tanpa batas. (Pendiri: Yogi Bhajan. Kriteacihing.org; yogibhajan.com. Kundaliniyoga.com)
7. Para Yoga
Kombinasi berdasarkan kekuatan dan semangat tantra (pendekatan yoga Kuno dan paling komprehensif) dengan aspek-aspek fisik serta bergerak maju menurut hatha, Para Yoga membawa Anda di seluruh strata, mencapai energi yoga secara lengkap.(Rod Stryker (1995). Parayoga.com)
8. Yoga Fit
Yogafit membuka rahasia menggunakan cara simpel, gampang dimengerti, serta gampang dilakukan sang siapa saja. (Pendiri: Beth Shaw (1994). Yogafit.com)
9. Anusara Yoga
Rayakan kepribadian anda lewat setiap pose di atas yoga mat setiap pengalaman pada luat mat. Gabungkan kemurniannya lewat pengalaman hayati.(Pendiri: John Friend (1997) selesainya Iyegar Yoga. Anusara.com)
10. Istha Yoga
Fokus kata merupakan menstabilkan fisik dan mental, sinkron dengan syarat tubuh dan kepribadian masing-masing orang. (Pendiri: Alan Finger serta Ayahnya, Kavi Yogiraj Mani Finger (1950-an). Ishtayoga.com)
11. Om Yoga
Om Yoga dilakukan agar anda sebagai diri anda yang terbaik, bukan sekedar sebagai yogi terbaik. Ini tentang bagaimana anda mempraktikannya pada dunia serta membuat hubungan positif menggunakan sesama. (Pendiri: Cyndi Lee (1971). Omyoga.com).

Demikian mengenai kata yoga dan beberapa metode yang dapat dipergunakan pada praktik yoga, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: dirangkum menurut aneka macam sumber ;
- Wikipedia.com
- Fit Yoga
- www.femina.co.id/
- dll
Gambar : Google

Comments