MENEMUKAN DAN MEMBEDAKAN KALIMAT FAKTA DAN OPINI

Dalam pelajaranFakta serta Opini seringkali kali anak didik kesulitan buat sanggup membedakan maa liputan danmana opini. Kesulitan tadi terjadi lantaran seakan-akan nir terdapat perbedaanyang kentara antara liputan serta opini. Berikut ini penjelasan tentang kabar danopini. Mulai berdasarkan pengertian serta perbedaan antara warta dan opini.

Sebelum membedaanantara berita serta opini, maka perlu diketahui dulu pengertian keduanya. Hal inisangat diperlukan agar nir terjadi kerancuan makna dan pemahaman yang jelasmengenai warta serta opini.

PengertianFakta

Berdasarkanpengertian yang ada di dalam kamus, Pengertian Fakta adalah
hal atau keadaan,atau peristiwa yang adalah kenyataaan. Hal atau peristiwa, atau keadaantersebut terdapat serta sahih-benar terjadi (KBBI, 2008:386). Dalam Tesarus AlfabetisBahasa Indonesia, Fakta bersinonim dengan aktualitas, alasan, bahan, bainah,bukti, burhan, cena, dalil, data, fenomena, gejala, hakikat, hujah, informasi,kebenaran, kenyataan, kesahihan, kabar, masukan, peristiwa, petunjuk,realitas, saksi, dan tanda.(TABI, 2010:177).

Jadi, berdasarkanpengertian di atas liputan dapat diartikan menjadi segala sesuatu yg sudahterjadi atau insiden konkret. Yang sudah sahih-sahih benar atau memang sesuaidengan keadaan konkret.

PengertianOpini

Pengertian opiniyang terdapat pada dalam Kamus merupakan istilah benda (nomina) yg berarti pendirian,pendapat, dan pikiran. (KBBI, 2008:985). Dalam Tesaurus Alfabetis BahasaIndonesia, Opini bersinonim menggunakan impresi, kesan, keyakinan, paham,pandangan, pemikiran, pendapat, pendirian, evaluasi, perasaan, sikap, tilikan (TABI,2010:407)

Dari pengertiandi atas, bisa disimpulkan bahwa opini masih berupa pikiran serta pendapat. Bukansesuatu yang sudah terjadi. 

Dengan membacapengertian antara informasi serta opini, maka dapat diketahui ciri-karakteristik kalimat faktadan kalimat opini.

Berikut iniciri-ciri kalimat keterangan:

a.benar-sahih terjadi.
b.berupa data serta nomor .
c.sudah Terjadi atau sedang terjadi.
d.tidak terdapat adjektiva  yang relatif.

Berikut iniciri-ciri kalimat opini:

a.sesuatu yg mampu sahih dan bisa saja tidak.
b.berupa output pikiran, pendapat, dan perasaan.
c.masih belum terjadi (memakai istilah: ‘akan’).
d.menggunakan kata sifat yg nisbi.
Penjelasanperbedaan kabar dan opini dalam dalam contoh kalimat.

Contoh kalimatfakta dan opini:

(1) Hari ini saya sedang membaca materi tentangfakta dan opini.


Dalam kalimat (1)di atas, peristiwanya telah terjadi, ditandai menggunakan ‘sedang’. Maka kegiatanmembaca merupakan keterangan. Kalimat tersebut apabila diubah:

(dua) Hari ini saya akan membaca materi tentangfakta dan opini.


Dalam kalimat (2)di atas, kegiatan atau insiden membaca masih belum terjadi. Berartimasih berupa pendapat atau pikiran. Masih berupa opini. Dalam hal ini, kegiatanmembaca yang masih akan berarti mungkin saja sahih mungkin sajatidak.

(3) Suhu udarasiang ini panas sekali.


Kalimat pada atasmerupakan opini, meskipun keadaan matahari cerah pengunaan frasa panassekali merupakan pendapat. Kalimat di atas, mampu diubah menjadi keterangan jikaukuran panas yang digunakan adalah satuan pengukur suhu, misalnya 40 derajatcelcius.

(4) Suhu udarapada siang hari ini merupakan 40 derajat celcius.

Kalimat (4) diatas merupakan kalimat warta.

(5) Pohonkelapa itu sangat tinggi.

(6) Pohonkelapa itu lebih tinggi daripada pohon pisan ini.


Pada kalimat (5),dipakai adonan kata sangat tinggi, frasa tersebut adalah katasifat nisbi yang nir teruku. Jadi kalimat tersebut merupakan opini. Padakalimat (6) kata sifat ‘tinggi’ yang digunaka dibandingkan menggunakan benda lainsehingga ada tolak ukur yang jelas. Maka kalimat tadi merupakan warta.

MampuMembedakan Fakta dan Opini pada Iklan

Materi tentangpengetahuan kalimat fakta serta opini diberikan pada sekolah, khususnya di sekolahmenengah. Tujuan materi kalimat liputan serta opini pada teks iklan secara garisbesar terdapat dua macam yaitu: (1) tidak mudah tertipu saat menjadi konsumen, dan(dua) lihai mengolah istilah dan kalimat jika sebagai produsen atau pengiklan.

Dengan mengetahufakta menjadi pembuat orang nir mudah terpengaruhi bujuk rayu sehingga menjadimasyarakat yg konsumtif. Melainkan bisa sebagai rakyat yg produktif.sementara itu, bila sebagai produsen dapat mengetahui serta mengemas susunan katauntuk kalimat opini yg sangat menarik.

Sebagi pelengkapdalam goresan pena ini, dituliskan pula secara lengkap pengertian masing-masing katayang sebagai sinonim fakta dan opini. Pengertian yang dituliskan pada sini adalahpengertian berdasarkan penerangan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yangditerbitkan sang Pusat Bahasa.

Penjelasansinonim liputan:
aktualitasdasarnya merupakan istilah aktual. Kata aktualitas dalamKBBI (terbit tahun 2008) tidak terdapat. Namun aktualitas dalam diartiakan sebagaibersifat aktual. Kata aktual dalam KBBI (2008:31) mempunyai penerangan betul-betulada; benar-benar terjadi; sesungguhnya;


 alasan, dalam KBBI (2008;36) merupakan dasar bukti(warta) yang dipakai buat menguatkan pendapat (sangkalan, perkiraan, dansebagainya).

bainah, dalam KBBI diberi kode Ark yangberarti arkais atau istilah yg sudah nir lagi dipakai. Bainah dalamKBBI (2008:119) diartikan menjadi bukti yang konkret.


 burhan, dalam KBBI (2008:226) diartikan sebagai bukti yangnyata; barang bukti..

cena,dalam KBBI (2008:257) diartikan sebagai karakteristik;indikasi; bukti atau bekas luka yg sudah sembuh.

fenomena,dalam KBBI (2008:390) diartikan sebagai hal-halyang bisa disaksikan menggunakan panca indra dan dapat diterangkan serta dinilaisecara ilmiah.

 gejala, dalam KBBI (2008:426) diartikan sebagai wacana(keadaan, peristiwa, serta sebagainya) yang nir biasa dan patut diperhatikan.

hakikat, dalam KBBI (2008:475) diartikan sebagaiintisari atau dasar.

hujah, dalam KBBI (2008:509) merupakan kataserapan menurut bahasa Arab yang berarti tanda, bukti, alasan.


PenjelasanSinonim Opini:
impresi,dalam KBBI (2008:529) mempunyai 2 arti, yangpertama: pengaruh pada indra. Yg kedua: dampak atau imbas yang pada terhadappikiran atau perasaan.

tilikan, dalam KBBI (2008: 1463) diartikan sebagaihasil menyelidiki. Sedangkan menilik merupakan melihat dengan sungguh-sungguh ataumengamati.

Demikianpenejelasan mengenai kalimat informasi dan opini bersama sinonim-sinonimnya. Semogabermanfaat pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pada kehidupanmasing-masing kita.

Salam pustamun!


Comments