KEMUNDURAN MUTU IKAN SEGAR

Kemunduran Mutu Ikan Segar - Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang gampang sekali rusak dan busuk. 


Kondisi rusak tersebut terutama pada keadaan segar akan cepat sekali mengalami kerusakan dan busuk sebagai akibatnya mutunya sebagai rendah. 


Mutu yang rendah menyebabkan secara kandungan gizi menjadi berkurang dan harganya pun di pasaran nir laris untuk dijual. Begitu Sangat pentingnya menjaga mutu maka nelayan setidaknya mengetahui fase menurut kemunduran mutu ikan segar.


Kerusakan yang terdapat pada ikan ini dapat terjadi secara biokimiawi juga secara mikrobiologi. Dua hal inilah yg tak jarang serta membuahkan ikan gampang busak. Penanganan yg tidak baik pun membuahkan ikan lebih cepat rusak.

Kemunduran Mutu Ikan Segar

Kerusakan biokimiawi disebabkan sang adanya enzim-enzim serta reaksi-reaksi biokimiawi yg masih berlangsung dalam tubuh ikan segar. Kerusakan biokimiawi ini sering kali dianggap menggunakan otolisa, yakni kerusakan yang disebabkan sang dirinya sendiri. 

Sementara itu kerusakan mikrobiologi ditimbulkan karena aktifitas mikroba, terutama bakteri. Di pada pertumbuhannya atau untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mikroba memerlukan energi yg bisa diperoleh menurut subtrat tempat hidupnya. 


Testur pada Daging ikan adalah subtrat yang baik sekali buat pertumbuhan mikroba serta bakteri lantaran dapat menyediakan senyawa-senyawa yg dapat sebagai asal nitrogen, sumber karbon, serta kebutuhan-kebutuhan nutrien lainnya buat kebutuhan hidupnya (Hadiwiyoto, 1993).


 - CIRI - CIRI IKAN SEGAR


Menurut Afriyanto serta Liviawaty (2002), proses pembusukkan bisa terjadi karena perubahan akibat aktivitas enzim-enzim tertentu yg terdapat pada pada tubuh, aktivitas bakteri serta mikroorganisme lain atau lantaran proses oksidasi lemak sang udara. 

Biasanya aktivitas penyebab pembusukkan di atas dapat dikurangi atau dilarang sama sekali bila suhu lingkungan diturunkan, misalnya menggunakan memakai suhu rendah. Salah satu cara pengawetan dengan suhu rendah yaitu dengan memakai es batu.

Tahap-tahap perubahan yang terjadi sehabis ikan mangkat dapat dibagi pada tiga fase menurut taraf kesegarannya, yaitu fase pre-rigor, fase rigor mortis dan fase post rigor. 

Lamanya  fase saat kemunduran mutu atau perubahan yg berlangsung dalam ikan, tergantung dalam jenis ikan, berukuran ikan, syarat ikan ketika hidup, cara kematian , Cara penanganan, cara penangkapan dan suhu penyimpanan. 


Tingkat mutu Ikan nir sanggup pada tingatkan naik, lantaran kita hanya bisa buat mempertahankan mutu ikan agar mutu ikan tidak terjun ke bawah dan sebagai ikan busuk atau ikan yang berkualitas rendah.


Fase pre-rigor 


Fase Pre - Rigor adalah perubahan pertama yg terjadi ketika ikan mati, yg ditandai melemasnya otot-otot ikan sesaat sehabis ikan tewas sebagai akibatnya ikan mudah dilenturkan. Perubahan ini terjadi karena terhentinya aliran darah yang membawa oksigen untuk aktivitas metabolismenya. 


Meskipun telah mati, pada pada tubuh ikan masih berlangsung proses enzimatis. Ikan ytang telah mati ini proses enzimatis adalah proses dimana mutu ikan berlahan huma mulai menurun. Proses ini berjalan tanpa kendali, sebagai akibatnya menyebabkan perubahan biokimia yang luar biasa.

rigor mortis

Beberapa saat lalu tubuh ikan menjadi kaku (rigor mortis) dampak dari berbagai reaksi umumnya proses ini berlangsung selama lima jam. Selama berada dalam fase ini, ikan masih pada sangat segar istilahnya proses kemunduran Mutu Ikan Segar belum terjadi.


Ini berarti bahwa jika rigor mortis bisa dipertahankan lebih lama , maka proses pembusukkan serta kemunduran Mutu Ikan Segar dapat ditekan. Pada fase rigor mortis, PH atau kadar tingkat keasamana dalam tubuh ikan menurun menjadi 6,2 – 6,6 berdasarkan PH awal atau mula-mula 6,9 – 7,dua. 


Tinggi rendahnya PH awal ikan sangat tergantung dalam jumlah glikogen yg ada dan kekuatan penyangga (buffering power) pada daging ikan. Kekuatan penyangga dalam daging ikan ditimbulkan oleh protein, asam laktat, asam posfat, TMAO, serta basa-basa menguap (Junianto, 2003). Fase rigor mortis diakhiri dengan fase post rigor yg merupakan permulaan berdasarkan proses pembusukkan. Dimana Ikan akan mengalami kemunduran Mutu Ikan Segar


Fase ini mencakup autolisi, pembusukkan sang bakteri serta ketengikan. Pada ketika ikan masih hidup masih ada sejumlah bakteri dalam kulit, insang serta saluran pencernaan. Maka Bakteri-bakteri ini tidak bisa menyerang ikan lantaran adanya kulit dan lendir yang berfungsi menjadi penghalang. 


Setelah ikan mati, penghalang tersebut nir berfungsi lagi sehingga bakteri bisa menyerang kulit, insang serta saluran pencernaan. Kemunduran Mutu Ikan Segar atau Pembusukkan akan lebih cepat dengan adanya penyinaran langsung menurut sinar matahari (Yunizal dan Wibowo, 1998 pada Suryawan, 2004)

Untuk lebih mengetahui tentang Perbedaan ikan segar serta ikan Busuk sanggup di akses di artikel selanjutnya


Kemunduran Mutu Ikan Segar

Comments