HYDRANT PILAR GEDUNG BERTINGKAT HYDRANT PILLAR FIRE HYDRANT BUILDING CONSTRUCTION SYSTEM

Ketemu lagi pada bab plumbing sub bagian fire fighting system sub sub bagian fire hydrant system buat instrument hydrant pillar atau bahasa linggis lokalnya jadi hydrant pilar. *Banyak banget sub-sub nya!* Memang seperti itu, plumbing merupakan sub bidang kerja berdasarkan teknik civil lalu di bagi bagi lagi sebagai bagian khusus buat mempermudah cakupan kerja.



Kembali dalam pokok bahasan tentang hydrant pillar. Hydrant pillar adalah galat satu part atau perangkat dalam fire hydrant system yg berfungsi sebagai connector antara selang hydrant (hydrant hose) menggunakan fire fighting system. Dalam fire hydrant building construction system, hydrant pillar harus pada tempatkan dalam lokasi yang mudah terlihat. Untuk gedung bertingakat, hydrant pilar umumnya pada tempatkan di halaman gedung. Hal ini buat memudahkan personel dinas pemadam kebakaran maupun personel terkait mengambil tindakan dalam penanggulangan api dalam saat terjadi kebakaran besar .

Hydrant pilar nir hanya terdapat dalam gedung bertingkat namun pula terdapat pada titik-titik tertentu pada lingkup rapikan kota. Kalau galau, silakan anda jalan-jalan keliling kota. Perhatikan di pinggir jalan dalam jarak eksklusif akan masih ada sebuah pipa rona merah seperti gambar. Itulah hydrant pillar. Fungsinya sama menggunakan hydrant laman (hydrant pillar gedung) yaitu men-supply air untuk kendaraan beroda empat-mobil damkar pada penanggulangan kebakaran.

Hydrant pillar wajib berisi air bertekanan, artinya syarat air bertekanan di dalam hydrant pilar harus selalu standby 24 jam supaya siap di pakai kapanpun. Jadi hati-hati ya, jangan bertingkah usil bila sedang menunggu Angkutan Umum sempurna dalam titik hydrant pilar kota. Apalagi mentang-mentang teknisi bawa kunci main putar knob hydrant pilar. Jika itu anda lakukan, siap-siap deh berurusan sama yg berwajib heee... 

Tekanan air yang menyembur menurut hydrant pilar relatif tinggi antara 4 - 8 kg/cm2. Bayangin aja anda pada lempar dengan beras 8 kilo, mental nggak kira-kira? Dan pastinya akan banjir jika anda putar knob hydrant pilar tadi.

Berbeda siamese connection, pada hydrant pilar nir ada check valve buat membatasi aliran air pada pipa. Hydrant pilar langsung terkoneksi dengan jaringan pipa induk hydrant.

*Apalagi ya yang mau di share?*

Kayaknya segini dulu deh artikel mengenai hydrant pillar gedung bertingkat ini. Lain waktu *bila telah jangan lupa* akan aku sambung lagi. Terimakasih,..

Salam,

Comments