FITUR BARU COMMAND PROMPT PADA WINDOWS 10

Bukan hanya start pilihan menu dan user interfacenya yg berubah, command prompt pun tidak mau kalah pada Windows 10. Banyak orang yang sudah mengupgrade ke Windows 10 tetapi tidak menyadari mengenai perubahan ini, yg mereka lihat hanyalah command prompt yang biasa dan fontnya sudah berubah menjadi lebih kecil.

Sebenarnya Command Prompt sudah ditingkatkan serta diberi beberapa fungsi tambahan buat memanjakan penggunanya waktu menggunakan Command Prompt. Seperti tampilan serta beberapa fungsi yg sebelumnya tidak sanggup digunakan dalam Windows 7 kini sudah bisa digunakan dalam Windows 10. Penasaran menggunakan apa yang baru dalam CMD di Windows 10, mari kita simak yang ini dia.
CTRL + C, CTRL + V  serta hotkey lainnya telah mampu dipakai dalam cmd
CTRL + C dan CTRL + V adalah hotkey yg kita pakai buat mengcopy dan mempaste suatu data/goresan pena. Pada awalnya tulisan dalam command prompt tidak mampu dicopy ataupun dipaste menggunakan hotkey tadi, apabila kita menggunakan hotkey tadi yang keluar hanyalah goresan pena misalnya ^V. Sekarang cmd dalam Windows 10 telah sanggup memakai hotkey tersebut buat mengcopy serta mempaste goresan pena dalam window cmd.

Bukan hanya hotkey itu saja, hotkey lainnya misalnya ALT + F4 buat menutup window cmd, CTRL + F buat mencari, dan CTRL + A buat memilih seluruh yg pada awalnya tidak sanggup digunakan, sekarang telah bisa digunakan di cmd yg terdapat pada Windows 10.
Window cmd telah bisa dijadikan fullscreen

Pada awalnya window pada cmd tidak mampu dijadikan fullscreen, bila kita menekan pada tombol fullscreen yg terjadi window tadi hanya menjadi 1/2 layar saja. Pada Windows 10, kini window cmd sudah mampu dijadikan menjadi fullscreen. Bukan hanya itu, window cmd juga sudah mendukung aero snap dimana waktu kita menyeret window ke bagian atas, window tersebut akan sebagai fullscreen.
Text mengikuti lebar window cmd

Dulu, text pada cmd dalam Windows 7 serta Windows 8 nir responsif, contoh ketika kita mengecilkan window cmd text malah akan terpotong sebagai akibatnya tidak sanggup terbaca. Sementara pada cmd kini , meskipun windownya dikecilkan, textnya akan menyesuaikan menggunakan berukuran windownya sehingga nir terpotong.
Window cmd telah sanggup menjadi transparan


Hal ini mungkin nir poly diketahui oleh banyak pengguna Windows 10. Awalnya window cmd dalam versi Windows sebelumnya nir bisa diatur sebagai transparan. Sekarang pada Windows 10, window cmd sudah sanggup diatur sebagai transparan (tembus pandang). Untuk mengatur window menjadi transparan, klik kanan dalam pojok kanan atas => Propertes => tab Colors => lalu atur opacity sinkron selera anda.

Comments