CONTOHCONTOH CERITA FANTASI SINGKAT SESUAI DENGAN STRUKTUR TEKSNYA ORIENTASI KOMPLIKASI RESOLUSI

Struktur Teks Cerita Fantasi minimal terdapat tiga yaitu:
ORIENTASI
KOMPLIKASI
RESOLUSI
Jika diterjemahkan secara sederhana, Orientasi merupakan bagian sosialisasi. Pada bagian ini dikenalkan tokoh, latar, serta gambaran generik perkara. Komplikasi merupakan bagian keluarnya perseteruan-permasalaha. Pada bagian ini umumnya diakhiri menggunakan kasus yg memuncak. Resolusi merupakan penyelesaian perkara dari bagian komplikasi hingga akhirnya cerita selesai.
Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat langsung pada beberapa model cerita fantasi berikut ini:
Cerita Fantasi 1: Bangkitnya Raksasa Ular di Watu Ulo

Watu ulo merupakan sebuah loka wisata pada bagian selatan Jember. Ababal dan temannya, Fajri sedang berwisata ke sana. Mereka berdua bermalam beserta rombongannya. Hari itu, malam cerah. Rembulan bersinar menggunakan paripurna. Malam purnama. Tiba-tiba terdengar bunyi dengkuran yang sangat keras. 

Ababal serta Fajri terbangun menurut tendanya, mereka segera mencari sumber bunyi. Sementara sedikit orang yang ada pada pantai wisata itu mulai panik serta meninggalkan pantai. 

"Lihat! Batu itu beranjak!" Ababal berteriak seraya berlari ke arah Batu Karang yang diyakini adalah ular yang bertapa.

"Aaarkkgg.... Mana Ajisaka? Aku ingin memakannya! Dia sudah menipuku." Batu karang itu sudah berubah wujud menjadi ular sanca super besar.

Fajri berusaha mengungkapkan kepada ular super besar bahwa Ajisaka sudah mangkat . Bukannya menerima, ular raksasa justru ingin memakan seluruh manusia yang terdapat pada situ. Gagal bernegosiasi, ular langsung menyerang Ababal dan Fajri menggunakan ekornya. Mereka berdua melompat menghindar.

Fajri mengeluarkan piano ajaibnya, beliau memainkan instrumen yg membuat ular super besar terbuai dan tertidur. Seketika Ababal mengambil tongkat pramuka berdasarkan tenda kemudian menghantamkannya sambil mengeluarkan mantra 'Sudah Jatuh Tertimpa Tangga'. Seketika tangga menurut langit menghantam ketua ular. Ular raksasa sanggup dikalahkan.

Ketika pagi menjelang, Fajri serta Ababal mengajak seluruh pengunjung buat membersihkan pantai Watu Ulo. Mereka mengungkapkan bahwa, Ular Raksasa itu akan bangkit lagi kalau tempatnya bertapa nir terjaga.

Cerita fantasi pada atas dibentuk menurut pandangan baru menurut Pantai Watu Ulo yg terdapat pada Jember. Pantai itu memiliki legenda bahwa batu yang menjorok ke bahari merupakan ular yang bertapa. Cerita lengkap legenda Watu Ulo dapat dibaca pada: Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Ulo Kabupaten Jember

Teks cerita fantasi yang berjudul Bangkitnya Raksasa Ular pada Watu Ulo di atas mengandung 3 strukturnya. Bagian Orientasi masih ada dalam dua paragraf pertama. Sementara bagian Resolusi yaitu dua paragraf terakhir. Selain bagian itu, model teks cerita fantasi di atas adalah bagian komplikasi.
Bagian Orientasi teks cerita diatas menyebutkan kondisi  dua tokoh yaitu Ababal serta Fajri yg sedang berlibur di watu ulo, pada malam hari, serta syarat sedang bulan purnama cerah. Hal ini pertanda latar.
Permasalahannya adalah waktu ular super besar bangun. Permasalahan kedua merupakan ketika ular nir mau menerima penjelasan Fajri bahkan ingin membunuh semua insan. Konflik ketiga dan puncak masalahnya merupakan saat ular itu mulai menyerang Fajri dan Ababal.
Bagian resolusi terdapat pada saat Fajri berhasil membuat ular raksasa tertidur menggunakan alunan piano ajaibnya ad interim Ababal bisa membunuh ular super besar dengan kekuatan berdasarkan tongkat pramukanya. Pada bagian akhir model teks cerita fantasi pada atas disebutkan bahwa semua pengunjung wajib menjaga kebersihan pantai Watu Ulo supaya ular super besar tidak bangun lagi.
Visualisasi cerita 'Bangkitnya Raksasa Watu Ulo'
Bisa Juga dipandang melalui Youtube Tonton Video

Contoh Cerita Fantasi dua: KSP MULIA dari Masa Depan

Jatmiko sedang asyik berjalan di alun-alun kota Jember. Malam itu langit relatif gelap, mendung. Tidak tampak bintang satu pun. Tapi di kejauhan terlihat sekelebat cahaya dari langit yg jatuh di atas gedung tertinggi pada Kabupaten Jember. Atap sebuah mall yang masih dibangun.

Tak usang lalu, terdapat terdengar sirine kebakaran. Mobil pemadam kebakaran melintas meraung-raung. Gedung tertinggi yang masih dibangun terbakar sang api yg berwarna biru. Jatmiko berpikir, ini niscaya ulah pelintas waktu yang telah merogoh kekuatan api biru kawah Ijen.

Segera Jatmiko menelepon Abdikos, temannya dari masa depan. Di masa depan, Abdikos adalah prajurit KSP Mulia (Ksatria Super Puma Mulia) yg bertugas menjaga perdamaian masa lalu. Abdikos yang sedang mengalahkan monster masa depan di Vietnam segera pergi ke Jember.

Dengan busana KSP Mulia Abdikos memindahkan Monster barah biru ke Pantai Naggelan memakai portal lintas ruang. Di sana mereka bertempur. Melihat  sahabatnya bertempur, Jatmiko menghubungi Nonana yang memiliki kekuatan Spidol ajaib. Dengan kekuatan spidolnya Nonana segera menyusul Abdikos ke naggelan. Abdikos hampir kalah karena monster api biru membawa pasukan yg banyak.

Akhirnya Nonana menggambar pasukan doodle yang berwujud menjadi monster yang ikut melawan monster api biru. Monster barah biru dan pasukannya bisa dikalahkan karena terdesak serta tercebur ke pantai selatan. Nonana dan Abdikos telah pada keadaan pingsan lantaran kehabisan kekuatan. Jatmiko mampu menyusul ke Pantai Nanggelan memakai motornya yang bernama Tromins. Jatmiko sanggup menyelamatkan kedua sahabatnya dan membawa pergi ke rumah masing-masing. Sekali lagi, global sanggup diselamatkan.

Contoh cerita fantasi yg berjudul KSP Mulia menurut Masa Depan merupakan teks cerita fantasi irisan yang berlatar lintas waktu. Diceritakan menurut zaman dahulu. Ada bagian yang nyata yaitu adanya kabupaten Jember, serta pantai Nanggelan pada bagian selatan Jember. Ada juga bagian yg tidak masuk akan yaitu bagian fantasi yang berupa kekuatan api biru, monster berdasarkan masa depan, dan doodle yang mampu berubah menjadi monster.
Demikian model-model teks cerita fantasi dengan judul-judul yang sederhan. Pembaca sanggup menciptakan cerita sendiri menggunakan judul-judul yang sederhana akan tetapi bersifat khayali. Bisa jua menggunakan insiden sehari-hari kemudian mengakibatkan kekuatan super. Sudah adalah cerita fantasi. Selamat berkarya!

Comments