CONTOH TEKS PROSEDUR MEMPERBAIKI DAN MELENGKAPI TEKS PROSEDUR CARA MEMBUAT ANGKLUNG

Kali ini kita akan membahas mengenai aktivitas melengkapi dan memperbaiki teks mekanisme. Teks mekanisme yang akan kita perbaiki serta lengkapi merupakan jenis teks mekanisme cara menciptakan yg berjudul Cara Membuat Angklung.

Yang dimaksud 'melengkapi' berarti terdapat bagian yang masih belum lengkap, masih belum terdapat. Selanjutnya yang dimaksud menggunakan 'memperbaiki' berarti terdapat kesalahan dalam sebuah teks mekanisme yg tersaji.

Yang perlu diketahui dan diingat, sebuah teks prosedur memiliki 2 jenis struktur, bergantung dalam jenis teks prosedurnya. Jika teks prosedur cara menciptakan maka strukturnya terdapat empat yaitu tujuan, bahan serta indera, langkah-langkah, dan penutup. Jika teks prosedur cara melakukan maka hanya memiliki empat bagian struktur, yaitu tujuan, langkah, dan penutup. Bagian bahan serta indera tidak diharapkan pada teks mekanisme cara melakukan.

Nah, Teks yg berjudul membuat angklung merupakan jenis teks mekanisme cara membuat, maka harus mempunyai empat struktur. Teks yg ada pada buku paket pelajaran Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah pertama ini hanya memiliki bagian langkah-langkah yg terdiri dari tiga bagian. Jadi, yg harus dilengkapi adalah bagian tujuan, bahan dan indera, serta penutupnya.

Berikut ini hasil pelengkapan teks prosedur cara menciptakan angklung.

Bagian Tujuan teks Membuat Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yg menjadi warisan budaya Indonesia. Agar lebih mengasihi serta mempertinggi rasa mempunyai, kita perlu belajar menciptakan indera musik angklung. Membuat angklung tidaklah sesulit yg dibayangkan. Membuat angklung itu gampang, mari ikuti langkah-langkahnya.

Bagian Bahan serta Alat teks Membuat Angklung.

Bahan:
Batang Bambu

Alat:
Gergaji
Pisau
Bor

Perbaikan bagian Langkah-Langkah Teks Membuat Angklung. 

Hal-hal yg perlu diperbaiki dalam  bagian ini adalah jenis kelimat. Kalimat yang harus digunakan adalah kalimat perintah. Selain itu, pula harus memiliki ukuran serta batasan yg kentara. Maka berdasarkan itu, pemugaran yg mampu ditawarkan untuk bagian langkah membuah angklung adalah menjadi berikut:

Langkah pertama: Siapkan Bambu

1. Bersihkan btg bambu dari cabangnya.
2. Potong bambu sepanjang 5 meter (10 ruas).
3. Ikat rabat bambu, kemudian simpan selama 1 tahun.

Langkah Kedua: Siapkan Rangka

1. Ambil batang bambu yg telah kemarau (sesudah penyimpanan 1 tahun).
2. Potong sinkron dengan tiang palang, sebaiknya potongan rapi dan tegak lurus agar rapi ketika digetarkan.
3. Tatalah rangka secara lurus supaya tampak rapi waktu digantung.

Langkah Ketiga: Buat Tabung Suara

1. Pilih btg bambu kemarau menggunakan diameter yang diinginkan. Semakin akbar nada yg didapatkan semakin rendah.
2. Potong bambu dengan panjang yang dinginkanl Semakin panjang, maka semakin rendah nada yg dihasilkan.
3. Kupas permukaan calon tabung suara.
4. Buat takik dalam dasar tabung buat pengait ke tabung dasar.
5. Haluskan rautan tabung supaya nada yg dihasilkan sesuai dengan yg diinginkan.

BACA JUGA : Contoh Teks Prosedur Membuat Angklung menggunakan Struktur yg Lengkap

Bagian Penutup teks mekanisme. Sebuah bagian penutup teks mekanisme harus berisi kalimat yang memotivasi pembaca agar mau melakukan tindakan sinkron langkah-langkah yang sudah dibentuk. Penutup jua wajib sesuai menggunakan isi teks prosedur secara keseluruhan. Maka bagian pentutp teks mekanisme Cara Membuat Angklung bisa berbentuk begini:

Jika kita ikuti masing-masing langkah, maka kita akan mampu membuat serta mempunyai angklung sendiri. Selamat menciptakan angklung, yuk jaga warisan budaya luhur bangsa!
Demikian contoh output melengkapi dan memperbaiki teks prosedur cara menciptakan angklung. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca dan download contoh-contoh teks yang lain ya.

Comments