CONTOH SOAL KEISTEMEWAAN TOKOH DAN HAL YANG DAPAT DITELADANI DALAM BIOGRAFI

Contoh Soal Pilihan Ganda Keistemewaan Tokoh serta Hal yg Patut Diteladani pada Biografi Tokoh


Penjelasan materi mengenai keistimewaan tokoh serta hal yg dapat diteladani dari biografi tokoh sudah dibahas dalam artikel sebelumnya. Silahkan dibaca agar supaya menerima penerangan yg lebih menyeluruh. BACA DI SINI!

Berikut ini adalah model soal mengenai keistimewaan tokoh dan hal yg patut diteladani:

Animasi Jenderal Soedirman. Jenderal Soedirman seringkali muncul dalam soal bigrafi
sumbe gambar: akibanation.com
Soal 1

Bacalah teks berikut!
Haji Agus Salim lahir pada Minangkabau, Sumatera Barat, tahun 1884. Agus Salim bersekolah pada HBS Jakarta serta tamat tahun 1903. Ia tidak langsung meneruskan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi. Ia seorang pemuda yg tekun. Ia belajar secara belajar sendiri atu otodidak. Agus Salim dikaruniai otak yg cerdas. Ia menguasai sembilan bahasa asing. Karena keterampilan berbahasanya itulah, akhirnya beliau memilih menjadi profesi sebagai penerjemah bahasa.

Hal yang patut diteladani menurut tokoh tadi adalah....

a. Sebagai penerjemah bahasa
b. Terampil menggunakan bahasa
c. Tekun serta senang belajar otodidak
d. Menguasai sembilan bahasa asing

Jawaban: C
Pembahasan:
Yang ditanyakan adalah hal yang patut diteladani. Yang dimaksud dengan patut diteladani adalah sangat baik buat ditiru karena memiliki hal yg positif. Yang terpenting, hal tadi bisa dilakukan oleh orang lain.

Maka, jawaban yg paling mungkin merupakan C. Sedangkan jawaban A, B, dan D mampu jadi merupakan akibat menurut tekun dan senang belajar otodidak.


Soal 2

Mohammad Natsir adalah tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa. Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri sang Presiden Soekarno dalam 17 Agustus 1950. Dia dikenang sebagai menteri yg nir memunyai tempat tinggal dan menampik diberi hibah mobil glamor. Natsir jua diketahui banyak menguasai bahasa asing misalnya Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, serta Arab

Keistimewaan tokoh pada teks biografi tersebut merupakan....
a. Merupakan tokoh Indonesia yg paling sederhana sepanjang masa.
b. Menteri  yang nir memunyai tempat tinggal serta menampik diberi mobil mewah.
c. Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno.
d. Banyak menguasai bahasa asing, seperti Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, dan Arab.

Jawaban: A
Keistimewaan adalah sesuatu yang spesial serta tidak bisa ditiru oleh orang lain. Sebutan tokoh paling sederhana sepanjang masa berarti telah tidak ada yg bisa menggantikannya. Jawaban B masih masih sanggup ditiru oleh orang lain serta menteri-menteri selanjutnya. Misalnya Dahlan Iskan yg menolak memakai mobil dinas kementerian.

Jawaban C jua bukan sesuatu yg istimewa. Masih terdapat tokoh lain yg diangkat sebagai perdana menteri.

Jawaban B bukan sesuatu yg istimewa. Mungkin termasuk pada galat satu kelebihan tokoh, tetapi tidak dapat dikatakan istemewa karena masih mampu dilakukan sang orang lain.

Soal 3

Bacalah teks berikut!

B.J. Habibie galat seseorang tokoh panutan dan sebagai kebanggan bagi banyak orang di Indonesia. Semenjak kanak-kanak, Habibie memunyai kegemaran menunggang kuda serta membaca. Ia sangat cerdas. Lantaran kecerdasannya itu, beliau menerima beasiswa ke Jrman. Di Jerman, dia mmanfaatkan waktu sebaik-baiknya serta bertekad buat bersungguh-benar-benar belajar serta harus sukses. Ia mendapatkan gelar Doktor Ingeneur dangan nilai yang memuaskan.

Hal yang patut diteladai menurut tokoh tadi merupakan....
a. Gemar berkuda sejak kanak-kanak.
b. Cerdas dan mendapatkan beasiswa ke Jerman.
c. Memanfaatkan aktu serta bertkad belajar sungguh-sungguh.
d. Mendapat gelar Doktor Ingeneur dengan nilai sangat paripurna.

Jawaban: C
Pembahasan:
Hal yg patut diteladani adalah hal yang sanggup dilakukan oleh pembaca. Meniru apa yang sudah dilakukan sang tokohnya. Nah, berdasarkan keempat jawaban itu yang paling mungkin merupakan C. Semua orang sanggup menirunya menggunakan memanfaatkan ketika luang sebaik mungkin serta buat belajar.
Sementara jawaban-jawan yang lain (A,B, serta D) adalah sebuah keunggulan serta kelebihan tokoh.

Soal 4

Bacalah teks berikut!

Bung Hatta adalah seorang pahlawan yg memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta begitu dekat dengan hati masyarakat Indonesia lantaran perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Beliau pernah mendapatkan kesempatan belajar di Belanda. Sebelumnya, beliau menjadi Ketua Jong Sumatra (1918-1921).

Hal yang patut diteladani dari Bung Hatta merupakan....
a. Menerima kesempatan belajar pada Belanda
b. Memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
c. Menjadi ketua Jong Sumatra

d. Sifat yg begitu merakyat

Jawaban: C
Pembahasan:

Keistimewaan merupakan karakteristik khas dan syarat khas yang dimiliki sang seseorang tanpa bisa ditiru menggunakan gampang sang orang lain. Maka jawaban yang paling sempurna adalah C karen jawaban a, b, dan d sudah banyak tokoh yg lain. Misalnya Syahrir, beliau dalah pejuang, yg pernah belajar pada Belanda. Sifat merakyat juga mampu ditunjukkan oleh tokoh-tokoh lainnya, sebagai akibatnya nir bisa dianggap sebagai keistimewaan.

Soal 5

Bacalah teks berikut!

Jenderal Besar Soedirman, lahir pada Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau meruapkan galat seseorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, beliau tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang pengajar HIS Muhammadiyah pada Cilacap dan ulet pada kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.

Keistimewaan tokoh tersebut merupakan....
a. Seorang pengajar HIS Muhammadiyah
b. Sebagai Jenderal waktu usianya 31 tahun
c. Pejuang serta pahlawan Muhammadiyah
d. Pemimpin perang gerilaya melawan musuh

Jawaban: B
Pembahasan:

Hal yg istimewa dan nir dapat dilakukan sang orang lain dari biografi tokoh Jenderal Soedirman merupakan, beliau menjadi Jenderal pemimpin semua tentara perlawanan terhadap penjajah dalam usia 31 tahun. Hal tersebut tidak mungkin dilakukan sang orang lain. Juga nir mungkin dilakukan sang generasi-generasi berikutnya.

Sementara, jawaban seorang pengajar HIS Muhammadiyah bukan sesuatu yg istimewa. Pasti terdapat poly pengajar HIS Muhamadiyah. Sementara Jawban c dan d, pula telah banyak tokoh-tokohnya.
Baca Juga: Contoh Soal Keistimewaan Tokoh dan Hal yang Dapat Diteladani pada UN 2018

CATATAN:

Soal-soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional UN Bahasa Indonesia tahun 2016. Pembahasannya merupakan pandangan baru sendiri. Apabila terdapat jawaban dan pembahasan yg nir sempurna mohon kesediannya memberikan perbaikan dan sanggahan melalui komentar.

Comments