CONTOH CERITA FANTASI AKU DAN BUNG TOMO

Contoh Cerita Fantasi: Aku serta Bung Tomo


Berikut ini merupakan model cerita fantasi yg dikembangkandari judul yg terdapat dalam kitab Teks Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah pertama Kelas 7kurikulum 2013 edisi revisi 2016.

Judul cerita fantasi: Aku serta Bung Tomo terdapatdalam kitab teks sekolah pelajaran Bahasa Indonesia page 76. Ini adalahcontoh cerita yg bisa dikembangkan. Perlu diingat bahwa, Cerita Fantasi harusmemiliki bagian orientasi, komplikasi, serta resolusi. Maka menurut itu, contohcerita fantasi berikut ini sekaligus menampilkan bagian-bagian struktur ceritafantasi tadi.



Aku serta Bung Tomo


ORIENTASI

Aku sedang mengerjakan tugas berdasarkan pengajar IPS, untukmenjelaskan kehebatan Bung Tomo yg bernama lengkap Sutomo. Aku sudah meminjambuku menurut perpustakaan sekolah. Sekarang setelah salat dan mandi, aku siapmembuka laman-page kitab yg menjelaskan tentang usaha Bung Tomo diSurabaya.

Aku terkejut menggunakan sebuah foto pada halaman depan, foto ituseperti video, bisa berkecimpung. Setelah kuamati ternyata terdapat orang dalam fotoyang memanggil diriku. Seketika saya terdapat pada dalam foto yg tadi kubaca. Akukembali ke Surabaya Tahun 1945.

KOMPLIKASI

RRRRrrrrr....... Pesawat Tempur milik Inggris terbangrendah sembari menyebutkan ultimatum: “RAKYAT INDONESIA HARUS MENYERAHKANSELURUH SENJATANYA!”

“Saudara-saudaraku, kita tidak boleh menyerahkan senjataini!” Di kejauhan, seorang yang masih muda berteriak lantang. Semua orangmemperhatikannya.

Setelah berpidato di depan umum, aku menghampirinya.kemudian aku bertanya, “Bapak, Bung Tomo, kan?”

“Iya, Nak. Kamu harus bersembunyi, sebelum Inggris dansekutu menyerang, kamu harus ada di wilayah kondusif.” Bung Tomo mengungkapkan sambilmenepuk pundakku.

“Iya, akan tetapi aku bertanya, kenapa Bung Tomo mampu berani melawanpenjajah. Kita niscaya kalah? Kita kan nir punya senjata?” Aku bertanya dengansedikit takut.

“Berjuang adalah kewajiban manusia, menang kalah Tuhan yangnanti memilih,” Jawab Bung Tomo mantap. “Yang kentara, kita harus selaluberdoa semoga diberi kemenangan, apabila pun wajib tewas, kita berharap sanggup matisyahid memperjuangkan kebenaran.”

“Jepang DATAAAANGG!!!” menurut kejauhan terdengar teriakan.bung Tomo segera mengomando pasukannya buat mencari loka perlindungan. Akuikut bersembunyi di belakang Bung Tomo.

Pasukan Bung Tomo terdesak oleh agresi Jepang yangmendadak. Bung Tomo membutuhkan alat komunikasi buat meminta bantuan daripasukan gerilya yg ada di pinggiran kota Surabaya. Tapi, radio komunikasipasukan pejuang nir berfungsi karena terkena tembakan Jepang serta Sekutu.

Kalau tidak segera mendapatkan donasi dari pasukan pejuangyang terdapat pada luar kota, pasukan Bung Tomo mampu gugur semuanya lantaran sudahterkepung berdasarkan semua sisi.

RESOLUSI

Aku jangan lupa, sedang membawa HP. Kucoba saja hubungi nomormarkas Bung Tomo yg disebutkan tadi. Ajaib, bisa tersambung. Kuserahkankepada Bung Tomo. Meski sempat keheranan dengan HP, dia sanggup menghubungimarkas. Tak lama kemudian sepasukan pejuang berdasarkan pinggiran kota Surabaya bisamembantu.

Pasukan pejuang bisa membuka jalan buat kabur berdasarkan kepungantentara penjajah. Ketika berkiprah mundur, Pasukan Pejuang menanam bom di jembatanagar tidak bisa dikejar sang pasukan musuh. Bom yang ditanam relatif besar .

Blar!!!!! Ledakan besar menghancurkan jembatan. Kilatancahaya ledakan bom membuatkau silau. Setelah silau beberapa saat, aku sudahkembali ke kamar sambil memegang buku sejarah. Di dalam foto, terdapat seorangkomandan pasukan yg tersenyum. Foto dalam kitab sejarah itu bisa bersuara, “TerimaKasih, Merdeka!”

Untuk mengetahui Watak Tokoh pada Teks Cerita Fantasi ini, sialakan baca pada artikel yang berjudul: Watak Tokoh dalam Teks Cerita Fantasi Aku serta Bung Tomo

Baca dan unduh cerita fantasi yg lainnya ya....

Comments