CARA MUDAH GANTI OLI MOTOR SENDIRI DENGAN METODE YANG BAIK DAN BENAR

WAlau kelihatannya Praktis, akan tetapi anda wajib permanen berhati - hati serta permanen memperhatikan seluruh ketentuan yg sudah sebagai standart operasional dalam waktu anda mengganti sendiri oli motor anda pada rumah. Mengganti oli sendiri di rumah memang tidaklah sulit, selain itu anda jua akan bisa berhemat porto untuk jasa pengantian oli motor anda, mengubah oli motor bukanlah pekerjaan yg sulit terutama bagi anda yang senang merawat motornya sendiri di rumah di bandingkan membawanya ke bengkel. Jika anda membarui oli motor anda pada rumah, anda pun tidak perlu mengantri buat mendapatkan layanan jasa penggantian oli pada bengkel. Tetapi walaupun mengubah oli motor itu terlihat sangat gampang serta telah acapkali anda lakukan, ternyata masih banyak yg tidak memperhatikan standart proses penggantian oli motor yang baik dan sahih, sehingga berakibat fatal serta justru dapat merusak mesin motor anda. Beberapa hal yg harus anda perhatikan saat mengganti oli motor anda sendiri nanti akan kita uraikankan secara lebih kentara di bawah ini. Tetapi sebelumnya anda wajib mempunyai sedikit pengetahuan mengenai jenis - jenis oli motor dan spesifikasi lengkapnya yang cocok dengan jenis motor anda serta manfaat lebih berdasarkan oli yang akan anda gunakan, buat lebih jelasnya anda mampu coba simak terlebih dahulu, silahkan anda Klik pada -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI


Beberapa contoh spesifikasi Oli Motor yang sudah poly di jual pada pasaran beserta keunggulannya bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI


Agar Lebih Jelas bagaimana Cara Mudah Mengganti Oli Motor anda Sendiri dari Metode Yang Baik serta Benar, sebaiknya anda simak dulu cuplikan video tutorialnya ini dia, sehingga akan menambah wawasan anda tentang bagaimana mengubah oli motor yg baik dan benar sehingga mengurangi resiko kesalahan fatal saat proses penggantian oli motor berlangsung.

Berikut ini tips dan cara yang sahih waktu mengubah olimotor :

Cara mengganti oli Sepeda Motor yang baik dan sahih yang bisa anda lakukan sendiri pada tempat tinggal menggunakan petunjuk menjadi berikut :
1.persiapkan dulu alatnya seperti wadah buat menampung oli,corong, tang, kunci ring buat membuka baut tap oli, umumnya ukuran 12, 14, 17 serta 19 karena tiap motor berbeda-beda dan pastinya persiapkan oli baru. Perhatikan jua volume oli mesin anda sebelum membeli oli baru.
2.pastikan ketika akan mengganti oli mesin pada keadaan hangat, ini bertujuan agar oli yg terjebak di pada mesin sebagai encer, sebagai akibatnya mudah buat mengalir keluar.
3.tempatkan wadah buat menampung oli bekas pada bawah baut tap, kemudian buka baut tap tadi dan biarkan oli mengalir, buka pula tutup oli bagian atas.

4. Untuk mempercepat proses membersihkan serta membuang residu-sisa oli dalam mesinhembuskanlah udara kompresor dalam bagian lubang pengisian oli. Jika andatidak mempunyai indera kompresor buat menghembuskan udara, lakukanlah dengan caramenghentakkan kick starter secara berulang-ulang sampai pelumas yg masih menempelpada mesin ikut keluar. Adapula cara gampang serta lebih kondusif tetapi waktunya lama , yaitu menggunakan cara mendiamkannya salamasemalam hingga oli terkuras.
5.jika semua proses di atas sudah terselesaikan, langkah selanjutnya merupakan tutup kembali baut tap mesin. Biasanya pada tipe motor eksklusif terdapat saringan oli, bersihkan juga saringan oli tadi apa bila terdapat kotoran.
6.apa apabila anda telah konfiden baut tap oli telah terpasang menggunakan baik serta kencang, tuangkan oli yang baru, jangan lupa pakai corong atau kalau nir ada sanggup memakai indera seadanya buat memudahkan anda memasukkan oli  yang baru agar tidak berceceran.
7.pasang balik tutup pengisian oli. Pastikan tutup terpasang dengan kencang serta motor siap di gunakan


Harap pada Perhatikan :

Jangan Lupa Ikuti informasi pada kitab petunjuk motor Anda. Umumnya, mesin sepeda motor jenis bebek membutuhkan oli sebesar 0,8 ml, sedangkan jenis sport sebesar 1,0 l. Idealnya, pengisian oli tak boleh melebihi ambang batas. Pengisian wajib berada di antara garis low dan full.
Apabila hal ini anda abaikan, pastinya potensial mengakibatkan kerusakan secara jangka panjang dalam beberapa komponen. Kerja pompa oli pun sebagai berat akibat volume pelumas yang melebihi ambang batas. Tentunya, hal ini berimbas dalam percepatan mesin.

Kesimpulannya :
1. Saat akan ganti oli motor maka sebaiknya kondisi mesindalam keadaan panas. Anda sanggup melakukannya sehabis beraktivitas menggunakanmotor. Mengapa sebaiknya ganti oli dalam keadaan mesin masih panas? Lantaran padasaat itu oli mesin pada kondisi lebih encer sehingga gampang mengalir untukkeluar dari mesin serta kotoran-kotoran pada mesin akan ikut mengalir.
2. Siapkan wadah di bawah mesin buat menampung oli yangakan keluar.

3. Buka baut penutup pembuangan, umumnya terletak pada bawah bagian sebelah kiriblok mesin (crankcase). Untuk memudahkan ketika membuka baut tersebut, posisikanmotor dengan standar samping.

4. Selanjutnya bukalah baut pengisian oli yang terletak permukaan sebelahkanan blok mesin.

5. Untuk meningkatkan kecepatan proses membersihkan dan membuang sisa-residu oli dalam mesinhembuskanlah udara kompresor dalam bagian lubang pengisian oli. Jika andatidak mempunyai alat kompresor buat menghembuskan udara, lakukanlah menggunakan caramenghentakkan kick starter secara berulang-ulang hingga pelumas yang masih menempelpada mesin ikut keluar. Adapula cara gampang tetapi waktunya usang, yaitu menggunakan cara mendiamkannya salamasemalam hingga oli terkuras.

6. Bersihkan saringan pelumas. Posisi atau letaknya berada pada baut pembuanganoli.

7. Setelah saringan pelumas dibersihkan, langkah selanjutnya adalah memasangkembali saringan pelumas tersebut dan jangan lupa buat mengencangkan baut padapenutup pembuangan.

8. Proses selanjutnya yaitu mengisi bak mesin menggunakan oli yang sesuai denganspesifikasi yang dianjurkan buat motor anda melalui lubang pengisian pelumasoli.

9. Setelah terselesaikan mengisi oli, pasang pulang baut pengukur dan kencangkan.

10. Proses ganti oli motor sudah selesai dilakukan. Nyalakan mesin motor andadan abaikan dalam keadaann stasioner selama beberapa mnt agar pelumasbersirkulasi dalam mesin.

11. Matikan mesin motor anda dan posisikan sepeda motor pada posisi tegakdengan memakai baku tengah.

12. Periksa pada baut pengukur oli, pastikan tinggi permukaan berada pada batasatas baut pengukur.


--> SELANJUTNYA

Comments