CARA MENYEPUH BAJA UNTUK MEMBUAT PAHAT KAYU HOME MADE DIY HOW TO MAKE WOOD CHISEL PROSES SEPUH BESI BAJA

Kerabat serta pemirsa sekalian,. *helleh* hee.. Sesudah tempo hari saya menulis mengenai cara menciptakan pahat kayu dari kikir bekas, kali ini saya akan meneruskan langkah berikutnya sebelum akhirnya sebagai sebuah pahat menjadi alat bantu pertukangan khususnya tukang kayu. Berhubung bab ini output berdasarkan utak atik sendiri alias modifikasi sendiri, aku mohon maaf bila terdapat kesalahan. Tak perlu poly omong lagi lah, eksklusif saja menuju ke cara menyepuh baja buat menciptakan pahat kayu home made

*Do It Yourself ( DIY )*


Proses sepuh besi baja ini aku lakukan menggunakan harapan kikir besi yang telah saya bentuk sebagai pahat ini sebagai lebih keras. Sehingga pahat kayu tersebut nir gampang tumpul saat di pakai buat melubangi balok-balok kayu guna keperluan membuat kusen, daun jendela, daun pintu dan lain sebagainya. *Tumben bahasanya begini?!* Selanjutnya follow step by step below

Setelah kikir datar sudah berbentuk pahat, kemudian saya bakar lagi memakai kompor gas misalnya gambar pada atas. Saya sebut kompor gas karena memang aku ndak tau nama alat pembakar ini. Perlu sedikit aku jelaskan mengenai indera pembakar yg terdapat di gambar tersebut. Alat pembakar itu juga ada yang menyebut dengan obor. Berbahan bakar gas spesifik mungkin sejenis metana atau apalah aku nggak ngerti. Obor yang aku gunakan merupakan model jadul, jaman sekarang ada indera pembakar yg lebih praktis menggunakan gas yang biasa pada gunakan sang para pecinta alam atau kegiatan outdoor macam camping. Kawan-kawan plumber mengenal obor ini dengan "camping gas". Bahasa kulonnya "Gas Torch" sami sareng podo ae 'obor gas'. Model kepalanya pun poly macam, silakan search saja di internet.

Bakar baja bakal pahat ini sampai merah membara layaknya tukang pandai besi. Proses sepuh besi baja ini saya lakukan selama 5 mnt per buahnya. (soalnya aku bikin 3 butir pahat kayu sekaligus).
Setelah proses menyepuh besi baja ini berjalan 5 mnt, segera tambahkan pahat tadi ke dalam oli sebelum rona merah bara tadi berubah. Apabila nir ada oli, proses pendingingan mendadak ini bisa menggunakan media air atau pohon pisang. Ada sebagian orang *termasuk bapak saya* lebih senang menggunakan gedebong pisang sebagai pendingin. Katanya pahat lebih keras dengan gedebong pisang menurut dalam di celupin ke dalam air. Entah lah aku tak tau persisnya. Berhubung adanya olie bekas, ya itu yang aku pakai.

Sebenarnya cara menyepuh baja buat menciptakan pahat kayu ini lebih mengagumkan dengan menggunakan bara barah berdasarkan arang, bukan menggunakan camping gas. Kenapa? Dengan pemanasan menggunakan bara arang maka proses pemuaian baja lebih merata di seluruh bagian sisinya. Caranya menggunakan membenamkan pahat ke dalam bara barah arang lalu bara pada tiup. Kayak pintar besi itu lo...

Sekali lagi berhubung aku ndak punya 'luweng' (tungku jadul buat memasak) adanya cuma camping gas, ya cara menyepuh pahat ala CARA FLEXI ya misalnya ini.

Saat men-celup-kan bakal pahat di pada olie, jangan lupa buat menggoyang-goyang pahat baja tersebut supaya asap cepat keluar serta prosen pendinginan semakin cepat. Cara ini benar atau keliru aku ndak tau, wangsit seperti ini saya dapat berdasarkan film fastastic 4 dimana sang antagonis (yang tubuhnya bertransformasi sebagai logam) di bakar menggunakan suhu tinggi kemudian di dinginkan mendadak menggunakan semprotan hydrant pilar. Hasilnya oleh berlawanan berubah sebagai patung baja. Idenya dari sono broo..

 Nah, seperti tampak dalam gambar pada atas, itulah output menurut proses menyepuh baja yg aku lakukan buat how to make wood chisel. *kok cuma separo?* Itt...tu beliau yang saya bilang lebih cantik menggunakan bara barah arang. Kesulitan pake camping gas (obor) adalah waktu semburan barah di pindah ke area tengah ke pangkal pahat, maka ujung pahat yang tadinya telah membara merah akan pulang dingin. Wah cilekee.. Mau ndak mau saya fokusin titik api pada bagian ujung pahat sekitar dua centimeter.

Setelah pahat kayu dingin, langkah berikutnya aku panaskan pulang pahat-pahat tadi menggunakan cara yg sama misalnya sebelumnya. Jadi proses menyepuh baja ini saya lakukan dua kali tahapan. Bedanya hanya lamanya proses pembakaran. Pada proses sepuh pertama, saya bakar selama lima mnt, dalam poses penyepuhan ke 2, aku lakukan selama lebih kurang 10 mnt.

Proses pendinginannya pun sama, masih pakai olie bekas yg sama juga. Hanya saja untuk proses kedua ini setelah asap benar-benar hilang, pahat saya cemplungin (di rendam bro) ke pada olie hingga dingin.


Hasilnya seperti tampak pada gambar pada atas serta jelasnya pada bawah ini.


Cara menyepuh baja buat menciptakan pahat kayu home made pun telah terselesaikan. Cara penyepuhan baja / besi menggunakan menggunakan kompor ini hanya alternatif saja. Proses penyepuhan besi baja yg baik seharusnya memakai tungku bakar atau paling nir arang kayu. Judulnya berasal pahat sanggup sanggup 'terendam' sepenuhnya pada bara api. Sehingga akan di dapatkan proses penuaan besi baja secara merata pada semua bagian pahat.

Dah, relatif sekian proses sepuh, menyepuh serta penyepuhan besi baja pada rangkaian bab how to make wood chisel DIY ini. Semoga terdapat manfaatnya.

Comments