CARA MENGENALI DIRI AGAR BERPRESTASI DAN MEMILIKI PERCAYA DIRI

Warga belajar serta siswa--sekalian, kalian pasti pernah mendengar kata-istilah bijak yang berbunyi, "Tak kenal maka tidak sayang!". Apabila didengar sekilas, kata-istilah tadi seakan tak bermakna. Padahal jika mau menghayatinya, istilah-kata tadi cukup digdaya buat pembentukan diri yang akan menghipnotis kelangsungan karir kamu. Apabila kita mengasihi diri kita, maka kita harus mengenali diri. Dengan mengenali diri, kita akan sebagai diri sendiri. Menjadi diri sendiri menciptakan kita mempunyai fondasi kepribadian yang bertenaga.

Memang, buat sebagai diri sendiri tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yg berperan pada hal ini. Artinya, ada sejumlah kondisi pada pembentukan diri sendiri buat menjadi yang berprestasi serta mempunyai percaya diri yang baik.
1. Jadilah Pribadi yang berbeda
Setiap orang dilahirkan tidak sama. Bahkan, ada dua orang atau lebih yang dilahirkan kembar memiliki perbedaan. Perbedaan itu dapat meliputi fisik maupun jiwanya.
Oleh karenanya, sadarilah bahwa anda berbeda dengan orang lain, baik secara fisik juga psikis (kejiwaan). Setiap orang mempunyai ciri khas dan karakter masing-masing. Hal ini menyiratkan bahwa pada satu sisi anda mempunyai kelebihan yg nir dimiliki orang orang lain namun di sisi lain anda juga mempunyai kekurangan dibandingkan orang lain. Kesadaran misalnya ini akan membantu anda merasa kondusif serta nyaman dalam menerima kondisi anda yg sesungguhnya. Anda nir merasa risau dengan keberadaan orang lain. Dan hal ini akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri anda.
2. Kenalilah diri sendiri
Secara fisik anda tentu mengenali diri anda menggunakan baik. Misalnya berap tinggi dan berat tubuh anda, apa warna rambut serta kulit anda, atau bagaimana bentuk mata anda. Anda tentu jua mengetahui secara niscaya tempat serta lepas lahir anda, dimana tempat tinggal anda, dan apa pekerjaan anda. Namun hal-hal fisik ini tidak cukup untuk mengenali diri sendiri. Anda dituntut buat mengenali hal-hal yg bersifat non-fisik seperti bagaimana sifat, tabiat kebiasaan, dan kepribadian anda, Dari hal-hal seperti inilah kualitas diri anda terbentuk.
3. Jangan meratapi diri
Setiap orang tidak lepas menurut kelemahan dan kekurangan. Tetapi jangan sekalipun menyesalinya. Tak perlu repot membandingkan kekurangan anda menggunakan kelebihan orang lain. Toh disamping kekurangan, anda jua punya potensi lain serta kelebihan. Dan jangan hingga anda menempuh 'jalan pintas' buat merubah diri anda. Lebih baik gali kelebihan anda untuk menutupi kekurangan anda.
4. Evaluasi diri
Lakukan penilaian terhadap diri sendiri untuk mencapai apa yg anda inginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap berbagai kendala juga hal yg memperlancar kesuksesan andan. Ini mencakup berbagai aspek baik fisik maupun non fisik. Misalnya bagaimana cara bicara dan berpakaian anda, bagaimana sifat serta karakter anda. Jika anda merasakan kekurangan di stua sisi maka anda harus berusaha membenahinya. Mintalah bantuan orang lain yg mengenal anda untuk mengevaluasi diri. Jadi anda akan mendapatkan penilaian obyektif tentang diri anda serta hal ini bisa sebagai masukan berharga bagi pengembangan diri.
5. Hargai diri sendiri
Hargai diri sendiri tentang diri anda. Sekalipun anda punya kekurangan, anda tidak boleh menilai buruk dan membenci diri sendiri. Apabila anda selalu dibayang-bayangi kelemahan anda, anda akan kesulitan menerima serta menghargai diri sendiri. Maka anda wajib memulai menurut diri anda. Apabila anda saja telah nir menghargai diri sendiri, bagaimana menggunakan orang lain?
6. Percaya diri
Rasa percaya diri yg anda miliki sanggup menjadi modal dasar dalam menerima diri sendiri. Anda bisa menerima diri anda sendiri dalam segala suasana dan kondisi apapun. Kepercayaan diri ini memudahkan anda menjadi diri sendiri. Lantaran anda memiliki pujian yang bersifat eksklusif terhadap diri. Tapi tentu saja anda nir mampu merasa puas hanya menggunakan rasa percaya diri. Lebih jauh, anda juga wajib terus menggali dan menaikkan hal-hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda sendiri.
Terlepas berdasarkan hal-hal pada atas, kamu wajib didukung sang sikap dan pemikiran yang realistis. Artinya kita wajib menyadari bahwa kita tidak mungkin bisa menyamai orang lain, fisik, kemampuan berpikir, ataupun kesuksesannya. Anda pula sanggup mencapai sukses tetapi bukan kesuksesan misalnya yang orang lain capai. Ingatlah, apapun adanya diri anda, anda wajib mendapat dan menghargai diri sebagai pribadi yang memiliki segala kekurangan dan kelebihan. Yang krusial, Anda bisa menggali kelebihan Anda sendiri tanpa mencontek kelebihan orang lain. Dengan demikian, Anda akan sebagai pribadi yg kuat dan bersahaja. Dan sukses pun siap Anda gapai....!
Sumber: Buku Modul, 'Etika Kerja' Paket C kelas X tahun 2009.

Comments