CARA MEMASANG MCB MINIATURE CIRCUIT BREAKER

Cara Memasang MCB - pada tekhnik instalasi listrik keterampilan memasang mcb atau breaker merupakan hal yang paling krusial. Breaker itu sendiri di fungsikan sebagai stasiun kontrol distributor arus listrik. Selain itu Memasang MCB Pada Box Panel adalah upaya penjagaan keselamatan terhadap pengguna listrik. Berikut ini merupakan "Cara Memasang MCB yang Aman", instalasi tempat tinggal 1 phase dengan 5 mcb
Perhatikan Skema rangkaian pemasangan MCB - Circuit Breaker di atas.

Komposisi Material Pemasangan MCB
  1. Sediakan 1 Unit/Pcs Box/Panel MCB
  2. MCB 2 Pole 1/Pcs
  3. MCB 1 Pole (Single Pole) 5/Pcs
  4. Brass Electrical Terminal Connector (Biasanya telah tersedia dalam box breaker)
  5. Cable berukuran 6 mm secukupnya (Kabel Aspan Phase, Netral, serta Ground menurut meteran listrik ke box braker/panel)
  6. Kabel berukuran dua,lima mm menjadi Line instalasi listrik (Merah, Hitam, Hijau/Phase, Netral, serta Ground)
  7. Kapasitas besar ampere mcb single pole di sesuaikan dengan kebutuhan serta pakai mcb 2 pole menggunakan kapasitas 2 atau tiga kali lebih besar menurut mcb single pole. 
Cara Memasang MCB / Circuit Breaker
  1. Hubungkan "Phase" dan "Netral" berdasarkan meteran listrik ke Input MCB 2 pole memakai cable aspan ukuran 6 mm serta hubungkan juga cable ground eksklusif ke terminal ground (Brass Electrical Terminal Connector).
  2. Hubungkan Output phase (L) dari MCB dua pole ke Input mcb single pole kemudian jumper Input phase menurut mcb single pole ke input mcb single pole lainnya
  3. Hubungkan Output netral menurut MCB dua pole pribadi ke terminal netral.
  4. Pasang Cable masing masing Output MCB single pole Menggunakan cable ukuran dua,5 mm
  5. Pasang jua cable netral dan ground berdasarkan masing masing terminal secukup nya.
Keterangan Tambahan Untuk Instalasi Listrik Tekhnik Memasang MCB
  • Pada gambar di atas cable output phase (L) berdasarkan mcb single pole pada tandai menggunakan nomor 1-lima begitu juga kebel netral serta ground dari terminal connector.
  • Tarik/Panjangkan kabel Phase 1, Netral 1 serta Gound 1 dan pasangkan ke stop hubungan, hubungkan phase 1 ke lubang phase stop hubungan di tandai menggunakan (L). Hubungkan pula Netral 1 ke lubang netral stop kontak pada tandai menggunakan (N) Hubungkan jua cable Ground 1 ke lubang ground pada stop kontak di tandai menggunakan symbol ⏚.
  • Begitu juga menggunakan Phase dua, Netral dua, serta Ground 2.
  • Sebagai Contoh pada suatu bangunan/rumah memiliki 5 ruangan yaitu ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur serta teras. Phase 1, Netral 1 serta Ground 1 untuk stop hubungan serta lampu ruang tamu, Phase 2, Netral 2 dan Ground dua buat stop kontak dan lampu dapur (loka memasak) serta setrus nya buat listrik kamar tidur serta teras rumah.
  • Melakukan pembagian arus listrik seperti ini akan lebih aman pada bandingkan instalasi biasa yang menggunakan satu mcb saja.
Jika ingin menambah dua atau tiga stop hubungan juga lampu pada suatu ruangan maka silahkan gunakan tekhnik jumper instalasi listrika. Baca Cara jumper stop hubungan ke swith lampu dan baca pula Cara Memasang Stop kontak, Switch (saklar) dan fitting lampu serta Pengartian MCB (Mini Circuit Breaker) Sigle Pole, 2 Pole, tiga Pole dan 4 Pole?.
Umumnya pada tekhnik instalasi listrik pamasangan instalasi di lakukan terlebih dahulu seperti memasang stop hubungan, lampu serta sebagainya sampai rampung lalu masing masing ujung kabel pada tarik/di panjangkan ke arah lokasi tempat Box MCB / Panel akan pada pasangkan. Baru sesudah itu pada lakukan Pemasangan Box/panel dan Memasang Rangkaian Kabel MCB.
Dalam tekhnik memasang mcb / breaker jumper antar input mcb di lakukan pada bawah sesudah perakitan kabel jumper terselesaikan barulah mcb yg sudah pada jumper tadi di pasangkan ke box/panel yang telah tertempel di dinding. Jika jumper di lakukan menggunakan menggunakan Busbar perakitan mcb tidak perlu pada lakukan pada bawah. Demikianlah Artikel Cara Memasang MCB (Miniature Circuit Breaker).

Comments