CARA CEPAT MEMPERBAIKI IC VERTIKAL JEBOL TERUS

Cara flexi - Berbagai keluhan pertarungan dalam tv keliru satunya rusaknya pada bagian ic vertikal tewas terus ,terbakar,, bahkan hingga meledak atau pecah. Tentu hal ini menjadi tatantangan terendiri sebagai teknisi bagaiman cara menangani ic vertikal mati terus meski sudah diganti menggunakan yang baru juga.

Tidak heran jika sebagian teknisi sangat kesulitan menangani hal ini. Lantas apa saja penyebabnya sehingga menciptakan pusing.?

Sebagai seorang pemula, sayapun pada awalnya juga kesulitan menangani kerusakan yang satu ini. Namun saya terus bereksperimen buat menerima pengalaman baru ini. Meski wajib berkorban beberapa ic vertikal hanya buat kebutuhan experimen.

Gejala awal yang sering dialami vertikal pecah adalah secara datang-tiba layar bergetar, memanjang arah atas serta bawah, muncul ledakan dan kepulan asap yg dari menurut ic vertikal serta elco. 

Kemudian protek standby bahkan sampai mati total.

Langkah awal menangani perkara rumit ini merupakan mencopot ic vertikal yg terbakar dan mengamati casis TV yg bekerja di bagian blog vertikal. Agar nanti tidak merembet ke bagian lainya.
Kemudian sesudah mencopot ic coba nyalakan TV. Ada dua kemungkinan antara TV standby dan dan tewas total.

Keadaan akan parah jika TV telah mengalami gejala meninggal total, karena shortnya ic vetikal berdampak terhadap blog regulator atau power suply.

Tentu apabila ini telah terlanjur terjadi maka kita wajib memperbaiki blog regulator terlebih dahulu.
Dalam beberapa perkara yang aku alami jika TV mati total pada sebabkan komponen aktif short menghantam regulator berdampak pada demper /transistor pembangkit tegangan regulator. Dan bagi 
TV yg ic nya disuplai oleh flyback maka mampu pula transistor horizontal short.

TV hanya standby saat ic sudah diambil, ini akan terjadi di beberapa jenis merek TV yg menanam kan sistim protek. Hal ini ditandai dengan tegangan apabila diukur memakai VOLT M DC hilang semua atau drop serta hanya lampu indikator stanby menyala. Jika di nyalakan memakai remot ,tegangan sesaat normal.

Berikut merupakan beberapa ppenyebab ic vertikal TV jebol terbakar pecah secara terus menerus.

1. Tegangan ic vertikal naik drastis

Kenaikan tegangan terjadi ditimbulkan sang Sumber tegangan ic vertikal disuplai. Sehingga ini tergantung bagaimana masing-masing merek TV bekerja. Misalnya polytron yang ic vertikalnya disuplai tegangan dari hasil flybac. Dan beberapa merek yang ic vertikalnya disuply eksklusif menurut regulator terutama TV china.
Baca juga:polytron u slim ic vertikal jebol terus

Maka pada sini langkah pemugaran pun kentara darimana berasal muasal kerusakan ic vertikal yaitu kenaikan tegangan pada penyuplay ic, sebagai akibatnya langkah penanganannya mencari penyebab tegangan penyuplai ic vertikal naik drastis.

Pada ic vertikal yang bekerja disuplai tegangan berasal menurut flyback, maka pertama ukur tegangan output dai flyback . Apabila tegangan hadir begitu tingginya,, yaitu melebihi 27 volt itu Sudan terdeteksi tegangan out tegangan flyback mengakibatkan ic tebakar. Nah dibalik naiknya tegangan inilah yg sebagai kacau pada beberapa masalah yang terjadi bahwa ini disinyalir bahwa blog horizontal yg bermasalah. Karena kenaikan tegangan pada output flyback kadang ditimbulkan sang shortnya kapasitor resonan sudah short. Namun kasus ini jarang terjadi bila transistor horizontal masih pada keadaan baik.

Naiknya tegangan b+,,,115 v penyuplai flyback juga ikut nimbrung pada masalah ini ,maka jangan sampai melewatkan pengukuran tegangan ini.
Jika penanganan dalam tegangangan tidak mengakibatkan hasil mampu mengubah flyback atau mampu jua menciptakan tegangan protesis menggunakan cara memanfaatkan farrit pada flyback yg dililit dengan kabel sebagai akibatnya membentuk tegangan normalnya penyuplay ic vertikal.

2. Komponen pendukung short

Tentu hal ini jua salahsatu penyebab ic vertikal rusak,, terbukti waktu itu aku pribadipun mengalami hal yg tidak terduga ic vertikal jebol terus ternyata defleksi yoke terbakar sehingga menyebabkan short dalam ic vertikal.

Elco pula dapat menghipnotis ketidaksetabilan tegangan ,sebagai akibatnya dapat membuahkan pada ic vertikal bekerja pincang. Akhirnya iv lelah serta meledak.

Pernah ngalamin peristiwa dimana ic vertikal terbakar disebabkan oleh dioda penyearah bocor sebagai akibatnya mengakibatkan arus ac mengalir bebas di blog vertikal. Hal ini ditandai oleh elco yang meledak. Maka penanganan apabila menemui elco meledak, periksa dioda penyearah bagian penyuplay ic vertikal.


Keberuntungan kadang jua terjadi dalam ic vertikal hanya tewas karena lelah bekerja sehingga hanya mengganti ic dengan yg baru pribadi cling.

Kesimpulan
Bahwa ic vertikal yg jebol terus disebabkan sang tegangan naik abnormal dan jua komponen pendukung ic sehingga langkah pemugaran sebaiknya dilakukan menggunakan memulai dengan tegangan baru kemudian menuju komponen pendukung nya.
Thanks

Comments