BEGINI TIPS ATAU CARA MEMASTIKAN IKAN ASAP DIOLAH DARI IKAN SEGAR

Ikan asap merupakan keliru satu olahan ikan orisinil Indonesia. Sebelum ada kulkas, orang zaman dulu melakukan pengasapan ikan segar hasil tangkapan berdasarkan bahari supaya lebih mampu bertahan usang.
Tapi yang menarik, dari output pengasapan ini, ikan laut tersebut jadi memiliki aroma dan cita rasa yg spesial dan unik. Kabar baiknya, cita cita rasanya tersebut poly yang senang.
Mungkin itu juga yang menciptakan masakan tradisional Indonesia ini masih eksis sampai kini . Selain itu, poly pula varian resep kuliner yg sanggup diolah dari ikan asap. Seperti, resep mangut kuah merah menggunakan ikan asap & belimbing sayur serta resep ikan asap goreng asam pedas manis.

Jenis-jenis (Macam-macam) Ikan Asap
Dulu, hanya ikan bahari yang diolah sebagai ikan asap. Tapi belakangan, mulai ada produk ikan asap yang diolah menurut ikan air output budidaya air darat.
Adapun beberapa jenis ikan asap, antara lain, ikan asap tongkol, ikan asap pari (pe), ikan asap manyung, serta ikan asap juwi. Keempat jenis ikan asap tersebut merupakan ikan laut.
Selain itu, terdapat jua ikan asap lele serta ikan asap bandeng. Sedangkan dua jenis ikan asap tersebut merupakan ikan output budidaya ikan di perairan darat (tawar/payau).
Celakanya, nir semua ikan asap yg ada dipasaran diolah berdasarkan ikan segar. Ada juga produsen nakal yang memasak ikan nir segar menjadi ikan asap demi menerima laba yang berlipat-lipat.
Tapi jangan risi, terdapat tips yang bisa kita gunakan buat mengenali bahwa ikan asap yg akan kita beli diolah dari ikan segar. Simak yuk ulasannya berikut adalah.
1. Bau khas
Ikan asap yang diolah dari ikan segar memiliki bau yang khas. Apapun jenis ikan yang diasap, jika berasal menurut ikan segar, meski masih tercium sedikit bau amis, tapi bau asapnya lebih bertenaga.
Berbeda apabila ikan asap diolah dari ikan yang sudah nir segar lagi. Bau amisnya lebih menonjol daripada bau asapnya.
2. Daging ikan berwarna kemerahan
Daging ikan asap yg asal berdasarkan ikan segar umumnya berwarna kemerahan. Tanda ini biasanya terlihat kentara pada jenis ikan asap pari dan ikan asam manyung.
Selain itu, tekstur daging ikan asap jua lebih kenyal. Sebaliknya, apabila ikan asap bukan dari berdasarkan ikan segar, umumnya tekstur dagingnya nir elastis.
3. Rasanya manis
Seperti ikan segar dalam umumnya, meskipun telah melalui proses pengasapan, rasa daging ikan asap yang diolah berdasarkan ikan segar tentu saja sedikit cantik. Tapi jangan harap menerima rasa anggun menurut ikan asap yang diolah menurut bukan ikan segar.
Nah, itulah tips atau cara yg dapat kita pakai untuk mengenali apakah ikan asap yg akan kita beli diolah dari ikan segar atau tidak. Semoga berguna!

Comments