BEBERAPA PENYEBAB MCB DIRUMAH TRIP JEGLEK DAN CARA MEMPERBAIKINYA

Listrik pada tempat tinggal datang-datang padam, selesainya diperiksa ternyata MCB nya turun (Jepret), kenapa?
Terdapat Berbagai penyebab yang bisa menyebabkan listrik di tempat tinggal padam lantaran MCB jepret (Trip).
Seperti kita ketahui, bahwa MCB memang dipasang pada setiap instalasi menjadi pengaman bila terjadi lonjakan arus (Arus lebih).
Baca pula: Lebih baik MCB atau ELCB, dan apa bedanya?
MCB turun (Trip) bukan berarti bahwa MCB tadi telah pasti rusak, lantaran kemungkinan MCB mendeteksi adanya gangguan pada instalasi listrik di tempat tinggal , sehingga MCB tadi bekerja menetapkan aliran listrik atau biasa kita sebut menggunakan MCB nya Jepret (Jeglek).
Walau tidak tertutup kemungkinan, MCB tak jarang jeglek (Jepret), menandakan bahwa MCB tadi telah nir bagus lagi atau telah lemah (Rusak).
Sebelum kita menganggap bahwa MCB dirumah sudah rusak serta perlu diganti, terdapat baiknya kita periksa terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab MCB tak jarang trip (jepret).
Berikut ini, kita akan coba membuatkan mengenai apa saja penyebab MCB jeglek (Trip) serta bagaimana cara kita buat mengetahuinya, dan jua bagaimana cara melakukan perbaikannya.

Beberapa penyebab MCB jeglek (Jepret)

Kenapa MCB dirumah mampu Jepret (Trip)?
MCB jepret (Trip), bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor, antara lain:
1. Pemakaian indera-indera listrik yang berlebihan
MCB Jepret (Trip) kebanyakan ditimbulkan oleh Pemakaian indera listrik yg berlebihan, sehingga melebihi batasan berukuran MCB yang terpasang dirumah.
Cara mengetahuinya:
Saat listrik dirumah anda padam, karena MCB nya turun (Jepret), Coba anda hitung berapa total daya (watt) alat-alat listrik yg anda pakai ketika itu, apakah memang telah melebihi dari batasan aporisma kemampuan MCB yang terpasang dirumah anda?
Cara menentukan MCB berapa Ampere yang anda butuhkan.
Solusinya:
Jika selesainya anda hitung ternyata memang pemakaian daya listrik anda sudah melebihi menurut batasan aporisma daya listrik yang terpasang pada rumah anda, maka penyelesaiannya adalah:
  • Gunakan alat-indera listrik menggunakan lebih bijak serta secara bergantian, jangan nyalakan banyak sekali indera-alat listrik tadi secara bersamaan.
  • Atau usahakan anda menambah Daya listrik terpasang pada tempat tinggal anda, apabila sebelumnya daya listrik yg anda pakai adalah 900watt, anda dapat meminta pihak PLN buat menggantinya menjadi daya listrik 1300watt.
Namun jika sesudah anda hitung, ternyata pemakaian listrik anda masih belum melebihi batasan maksimal daya listrik yang terpasang, maka kemungkinan MCB trip (Jepret) ditimbulkan faktor lain.
2. MCB rusak
MCB jepret (Turun) jua dapat ditimbulkan lantaran MCB dirumah kita sudah rusak (Lemah), sebagai akibatnya meski penggunaan alat-alat listrik masih normal misalnya biasanya, tetapi MCBnya sudah jeglek (Jepret), listrik pun sebagai padam.
Cara mengetahuinya:
Saat listrik di rumah padam, lantaran MCBnya turun, padahal alat listrik yang anda gunakan sedikit, coba anda periksa syarat MCB dirumah anda, apakah terdapat beberapa kejanggalan, antara lain:
Apakah Suhu MCB tersebut panas yg tidak misalnya biasanya?
Apakah terminal dalam MCB tadi ada yang hitam (gosong) bekas percikan barah?
Apakah saat dinyalakan kembali, MCB tadi akan jeglek lagi, dan berapa lama waktunya?
Solusinya:
  • Jika telah dipastikan bahwa indera listrik yang anda gunakan tidak melebihi, namun MCB permanen trip, dan suhu MCB panas, kemungkinan bahwa kabel dalam MCB tadi longgar atau goyang.
  • Begitu juga apabila masih ada bagian dalam MCB yg gosong bekas percikan barah, ini dikarenakan adanya sambungan atau terminal kabel yang longgar atau goyang. Ini merupakan salah satu penyebab percikan barah pada instalasi listrik
  • Jika MCB dinaikkan kembali, namun beberapa ketika ( mnt atau jam) kemudian MCB trip, ini mengindikasikan MCB sudah rusak, minta bantuan pihak PLN buat melakukan pemugaran atau membarui MCB menggunakan yg baru.

Namun bila saat MCB jepret, lalu anda nyalakan pulang, serta MCB tersebut eksklusif jeglek, ini mengindikasikan adanya alat-alat listrik atau kabel yg korsleting.
3. Adanya alat-alat listrik yg rusak (Short circuit)
MCB datang-datang jepret (Turun), bisa jua ditimbulkan lantaran adanya indera-indera listrik yang kita gunakan telah rusak, bocor, atau sudah short (Korslet).
Cara mengetahuinya:
  • Saat MCB dirumah anda jepret, padamkan semua alat-indera listrik dirumah anda, misalnya:
  • Cabut colokan semua alat listrik yang sedang terpasang di tempat tinggal anda
  • Matikan semua lamou menggunakan menekan saklar ke posisi Off.
  • Lalu nyalakan pulang MCB di tempat tinggal anda, jika MCB listrik menyala serta MCB tidak jepret lagi, berarti masalahnya terdapat dalam salah satu alat listrik yg anda pakai.

Solusinya:
Pasang atau nyalakan balik satu persatu alat listrik yg terdapat dirumah anda, Jika saat mencolokkan Kipas angin kemudian MCB langsung Trip, berarti Kipas angin tadi sudah rusak, atau apabila ketika salah satu lampu dinyalakan, MCB datang-datang Jepret, berarti masalahnya terdapat pada bola lampu tersebut.
Segera ganti atau perbaiki indera listrik yang menyebabkan MCB dirumah anda jepret, ini mengindikasikan bahwa Alat listrik tadi terdapat korslet, lembab, bocor serta lainnya.
Namun apabila ketika MCB trip, kemudian semua indera listrik dirumah dipadamkan, namun saat MCB dinyalakan kembali langsung jepret lagi, ini mengindikasikan terdapat korsleting atau hubung singkat dalam bagian instalasi listrik dirumah anda.
4. Instalasi listrik Korsleting
MCB dirumah jepret secara datang-datang juga dapat disebabkan lantaran adanya korsleting instalasi listrik, baik pada kabel instalasi listrik, Fitting korslet, atau stop hubungan korslet.
Cara mengetahuinya:
  • Saat listrik dirumah padam, lantaran MCB trip secara datang-tiba padahal pemakaian daya listrik tidak melebihi.
  • Kemudian bubut seluruh peralatan listrik termasuk lampu-lampu dipadamkan, dan sebagainya.
  • Lalu naikkan MCB, jika waktu MCB dinaikkan secara spontan MCB pribadi trip kembali, ini menandakan adanya korsleting pada instalasi listrik pada tempat tinggal anda.

Solusinya:
Jangan mencoba menyalakan pulang MCB tersebut, segera panggil teknisi listrik yg berpengalaman untuk memastikan syarat instalasi listrik di tempat tinggal anda, dan segera melakukan pemugaran.
Korsleting atau Short Circuit (interaksi pendek) merupakan kondisi dimana tegangan listrik berdasarkan kabel fase serta kabel netral bersentuhan baik secara langsung juga melalui benda lain yang nilai resistannya kecil, sehingga mengakibatkan lonjakan arus yang sangat tinggi.

Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments