ASFAL DAN SAFIL PENJELASAN ARTI KATA DALAM BAHASA INDONESIA


Caraflexi.blogspot.com – Kata Asfal serta Safil pertama kalisaya temukan dalam bahasa Indonesia waktu mencari sinonim istilah ‘nista’. Sayatertarik menulis berkaitan kata ‘penistaan’ karena pernah terjadi demobesar-besaran menuntut Ahok diadili atas masalah penistaan kepercayaan yg pernah dialakukan. Saya menemukan istilah asfaldan safil dalam Tesaurus AlfabetisBahasa Indonesia Pusat Bahasa.

Saya terbiasa menyebut buku gugusan sinonim istilah BahasaIndonesia yg disusun secara alfabetis ini dengan nama TABI. TABI akronim dariTesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia, sama misalnya KBBI yang merupakan singkatandari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dalam TABI Pusat Bahasa yang diterbitkan pada tahun 2010,tepatnya ada dalam laman 20, istilah asfal,dan safil merupakan sinonim darikata hina. Artikel ini tidak membahassinonim istilah ‘hina’ karena telah ada pada postingan seblumnya.

Artikel ini akan membahas mengenai kata asfal dan safil saja. Asfal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesiaterdapat pada page 92. Ada dua kata asfal,maksudnya ada homonimnya. Asfal yang pertama bermakna hina, rendah, dan terendah. Kataasfal ini adalah serapan daribahasa Arab.  Sementara kata asfal homonimnya, merupakan nomina yangbermakna aspal.


Setelah mengetahui bahwa asfalmerupakan serapan menurut bahasa Arab, iseng-iseng aku buka kamus bahasaArab. Kamus yg saya buka adalah Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkapkarya KH. A.W. Munawir. Kebetulan yg aku milikia edisi keduanya.

Dengan kemampuan bahasa Arab yg sangat terbatas sayamencoba mengira bagaimana penulisan asfalmaupun safil dalam lafaz Arab.huruf Hijaiyah (alfabet Arab) hanya mengenal konsonan, maka aku menerka bahwasusunan pada bahasa Arab merupakan sin,fa’, dan lam. Sa.fa.la. Maka sayacari pada Kamus Al-Munawir pada urutan alfabet sin. Ketemulah safala dihalaman 638 . Artinya: rendah. Setelah aku amati lagi,ternyata aku salah . Bacaan benar pada bahasa Arab adalah safula. Huruf fa’ berharakatdummah.

Selain bermakna rendah,kata safula dan bentuk turunannya juga bermaknahina, turun, dan bawah. Sementaraitu, bentuk turunan dari kata safula yangdiserap pada bahasa Indonesia ada 2 yaitu bentuk asfala dan safil. Asfala (pada Kamus Al-Munawir ditulis al-asfala) memeiliki makna yang terendah. Sementara itu safil (pada Kamus Al-Munawir ditulis assaafilu) memiliki makna(orang/sesuatu) yg rendah.  


Syukurlah jadi lebih mengerti. Ketika menulis ini aku ingatbahwa saya pernah mendengar potongan ayat Alquran yg berbunyi asfalasaafiliin. Tetapi saya lupa (lebihtepatnya nir tahu) lafaz itu terdapat pada surat apa (yang kentara bukan Almaidah 51).tetapi demikian, aku jadi lebih mampu menduga kira-kira apa maknanya.

Alhamdulillah, saya merasa mendapatkan ilmu lagi meski hanyasecuil.

Salam Pustamun!
     style="display:inline-block;width:320px;height:100px"
     data-ad-client="ca-pub-6414424360953509"
     data-ad-slot="2668174672">

Comments