ARTI DAN ASALUSUL KATA LEBARAN DALAM BAHASA INDONESIA JAWA DAN MADURA

Arti dan Asal-Usul Kata Lebaran pada Bahasa Indonesia, Jawa, dan Madura

Jika dilihat pada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, lebaran merupakannomina atau istilah benda yang memiliki arti hari raya umat Islam yangjatuh pada lepas 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selamasebulan. Arti dalam kamus yang menjadi acum bahasa Indonesia ini jugabersinonim dengan Idulfitri.

Jadi, arti kata lebaran adalah Idulfitri. Bukan hari raya. Hari Rayaberarti merupakan Hari Besar. Biasanya juga dipakai buat menyebut hari rayakeagamaan. Tidak hanya idulfitri. Tidak hanya hari akbar umat muslim saja.sehingga ada istilah Hari Raya Natal, dan Hari Raya Waisak, misalnya.

Arti kata lebaran tidak dapat dirunut eksklusif dari-usulnya
. Tetapi terdapat beberapapendapat yang menyampaikan bahwa lebaran asal berdasarkan istilah lebar yangberlawanan arti menggunakan sempit atau bersinonim pula menggunakan luas. Kata lebaranberarti lebih lebar. Dalam kata Lebaran, terkandung makna lebihlebar dan lebih luas segala-galanya. Lebih lebar hatinya untukmeminta maaf atas segala kesalahan yang mungkin pernah dibentuk, lebih lebarhatinya juga untuk memberikan maaf kepada orang lain yg sudah menyakiti.

Secara fisik atau hal yg tampak mata, memang segalanya jadi lebih lebar.jadi lebaran. Selain hati yg lebih lebar buat saling meminta dan memberimaaf pada orang lain. Yang jua lebaran atau menjadi lebih lebar merupakan pinturumah. Pintu rumah dibuka lebar-lebar buat menyambut kunjungan berdasarkan sanakfamili. Saling berkunjung ini dianggap jua sang masyarakat Indonesia denganistilah silaturahmi (bentuk lainnya: silaturahim). Ada juga yangmenyebutnya menggunakan anjangsana, jua terdapat yg mengemasnya pada bentuk halalbihalal.



Baca Juga: Pengertian Halalbihalal, Reuni, serta Silaturahmi

Karena biasanya yang berkunjung poly orang, maka diharapkan tempat yanglebih lebar alias lebaran. Pintu yang lebih lebar alias lebaran. Dan mungkinkendaraan yang lebih lebar atau lebaran.

Penjabaran di atas merupakan penerangan mengenai istilah lebaran yangdilihat adalah secara sintaksis maupun menurut dari-usulnya menurut kata lebar dalambahasa Indonesia.  Namun tidak hanya itusaja. Kata lebaran juga bertalian erat dengan istilah liburan, laburan, danleburan.


Jika dalam bahasa Indonesia istilah lebaran berarti menjadi lebih luas,dalam beberapa dialek bahasa Jawa jua dikenal istilah lebaran. Arti kata lebarandalam dialek bahasa Jawa jua berarti usai berasal berdasarkan istilah lebaratau biasa diucapkan bar saja. Misalnya bar magrib berartisetelah magrib. Lebaran yang merupakan adalah telah selesai inidalam bahasa Indonesia dapat dijelaskan sebagai telah usai atau telahselesai puasanya. Telah terselesaikan pula proses meminta maaf kepada sesamasehingga menjadi insan yg nir memunyai dosa dengan sesama manusia.

Masih menurut bahasa Jawa, istilah lebaran identik dengan istilah leburan.Dalam bahasa Jawa kata leburan berasal berdasarkan istilah lebur yangberarti hancur atau musnah. Jadi, pada bahasa Indonesia kata leburandapat diartikan menggunakan proses menghancurkan atau proses menghilangkan. Yangdihilangkan dan dihancurkan adalah kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.dengan cara saling memberi serta meminta maaf sebagai akibatnya lebur sudah dosadan kesalahannya.

Sementara itu, kata lebur juga terdapat pada bahasa Madura. Caramembacanya merupakan alfabet ‘e’ dibaca ‘e’ misalnya dalam kata ‘edan’. Lebur.dalam bahasa Madura istilah tadi berarti indah, menarik, bagus, dan sedapdipandang. Otomatis membuat orang senang apabila melihat atau mengetahuinya. Makatidak menutup kemungkinan jua bahwa, kata lebaran juga berkaitan dengankata leburan yang dikenal pada bahasa Madura.

Dalam bahasa Madura leburan berarti lebih baik atau lebihmenarik. Saat hari raya idulfitri datang, atau ketika lebaran tiba. MasyarakatIndonesia, termasuk di dalamnya adalah warga Madura, berlomba untukmemper-lebur  (membuat menjadilebih rupawan) tampilannya. Mulai berdasarkan tampilan lingkungan (rumah serta laman)pula memper-lebur tampilan badan serta dirinya.

Rumah yg catnya telah mulai memudar diperbarui catnya supaya lebih indah.bagian rumah yg kotor dibersihkan. Jika ada kaca tempat tinggal yg kotor makaakan dilap sampai kinclong. Halaman yg kotor disapu, bila terdapat rumput liarmaka akan dicabut atau dirapikan. Jika lantai tempat tinggal disapu saja masih kurangbersih maka waktu menyambut lebaran lantai tersebut akan dipel. Semuadilakukan supaya tempat tinggal kelihatan lebih lebur, lebih indah.

Pakaian pula disiapkan benar oleh masyarakat. Baju yg hendak dipakai padahari raya lebaran telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Mulai menurut songkok, baju,celana, sarung, sampai sandal diperhatikan benar . Baju yang biasanya tidakdisetrika maka akan disetrika sampai mulus. Bagi yang tidak sanggup atau tidaksempat membeli bukan berarti nir mau memperindah. Sendal yang biasanya kotorkarena menyambut hari raya maka akan dicuci higienis. Ini termasuk upayamemper-lebur tampilan menyambut lebaran.

Arti istilah lebaran yg sama dengan arti istilah idulfitri (jangan tulis idulfitri), juga seperti menggunakan kata dalam bahasa Jawa laburan. Labur adalahkata kerja yang bermakna menutup permukaan dengan cat atau gamping. Istilahyang mirip dengan kata labur dan bisa saling sulih adalah kata mengecat.Dalam rangka menciptakan lebur (menciptakan mengagumkan) tampilan tempat tinggal , makapemilik rumah akan ngelabur (mengecat) tempat tinggal . Pada mulanya kata laburbermakna menutup bagian dinding dengan kapur gamping yg telah diberi airmenggunakan kuas. Jadi, lebaran sangat dekat dengan laburan. Artikata laburan adalah bersama-sama mengecat rumah.

Setelah membahas istilah yg dekat secara morfologi (wujud kata) dekat dengankata lebaran dalam bahasa Jawa dan bahasa Madura. Dalam tulisan ini jugaditunjukkan bahwa istilah lebaran juga berkaitan erat dengan istilah liburan.Hanya beda satu vokal ‘i’ serta vokal ‘e’ pada suku istilah pertamamasing-masing istilah tadi.

Setiap kali peringatan lebaran pasti adamomen liburan. Jikakata libur hanya berasosiasi dalam libur sehari maka kata liburan dapatdipahami sebagai libur yang banyak. Maksudnya beberapa hari libur, maka disebutliburan.

Setiap hari raya idulfitri atau lebaran pasti ada perlop beserta. Tidak hanyasekolah yang libur. Semua aktivitas jua diliburkan. Kegiatan produksi dipabrik-pabrik libur. Buruh serta karyawannya liburan. Sekolah-sekolah dankantor-tempat kerja pemerintahan jua libur lantaran murid, guru, dan para pegawainyasedang liburan. Tidak tanggung-tanggung. Libur yg diberikan hingga seminggu.bahkan terdapat yang lebih. Lebaran-sahih sahih liburan.

Baca Juga: Ucapan Idulfitri Minal Aidin Walfaizin


Oleh lantaran lebaran selalu diiringi menggunakan liburan yg cukup panjang, makatak heran apabila banyak orang yg memanfaatkannya buat pulang ke kampunghalaman. Yang umumnya bekerja pada luar kota, maka akan balik menyapa kampunghalaman dan keluarga yang ada pada sana.

Entah mana yang lebih dulu, liburan sebagai akibatnya orang pulang ke kampunghalaman waktu hari raya lebaran. Ataukah memang lantaran ada tradisi pergi kekampung page buat saling bermaafan dengan sanak saudara sehingga diIndonesia terdapat cuti beserta libur sekitar lebaran.

Itulah sedikit banyak ulasan mengenai arti istilah Lebaran dan istilah-istilah yg identik dengannya.

Oh iya... Selamat Lebaran ya.....
Semoga Sejahtera.

Comments