4 DASAR POKOK KESADARAN BENAR

7. KesadaranBenar

Kesadaran Benar adalah suatu pencerahan yang ditujukan kepada diri kitasendiri dengan menyadarinya sebagai suatu proses kehidupan yg selalu tidakkekal adanya, dimana terdapat empat dasar kesadaran pokok di dalam pencerahan benar tadi, yaitu :
(1) tubuh kitakotor dan tidak murni
(dua) seluruh perasaan akan selalu mengakibatkan penderitaan
(tiga) pikiran itu tidak kekal
(4) segala sesuatu bergantung dalam yang lain serta nir mempunyai suatu intiyang abadi
Adakalanya kita berpikir bahwa tubuh kita ini sehat, kita bebas berbuat apasaja serta nir tergantung satu sama lain. Tetapi di lain waktu dalam saat tubuhkita sakit, kita akan mencela tubuh ini yg tidak bermanfaat dimana harustergantung orang lain. Kita tak jarang tidak sadar dan menyalahkan sekeliling kitayang nir benar, jarang seorang itu mau bercermin diri melihat kesalahan dankelemahan sendiri.

Tas Berisi Kotoran

Dalam suatu persamuan yangdiketuai oleh seseorang Mahabhikshu, tibalah sesi buat membicarakan segalapermasalahan yg dihadapi sang para bhikshu. Seorang bhikshu muda yg bernamaDasa, terkenal seringkali pindah-pindah vihara karena aneka macam alasan, dan kali inipundia telah siap dengan permasalahannya buat membicarakan kepada Mahabhikshutersebut, bahwa dia bermaksud pindah ke vihara lain menggunakan aneka macam alasan yangtelah dipersiapkannya.


Mahabhikshu tersebutmengetahui muridnya ini, maka permintaan tersebut dikabulkan saja. Begitubhikshu Dasa mempersiapkan diri dan mengambil tasnya siap untuk memohon ijinberangkat, maka tiba-tiba Mahabhikshu berseru, "Bhikshu Dasa selalumembawa tas yang isinya penuh menggunakan tai anjing, karenanya selalu mengeluh sekelilingnyabau tai anjing!" Bhikshu Dasa seketika itu jua sadar akan ucapanMahabhikshu tersebut serta mencapai pencerahan. Diapun membatalkan niatnya untukpindah vihara dan terus menetap pada vihara tadi. 

Comments