10 SEPULUH NEGARA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK

Berbagai negara telah berbagi sistem pendidikan yang menurut mereka rupawan dan baik buat mempertinggi kemampuan sumber daya manusia (SDM) mereka. Banyak negera yang telah berhasil menaikan output pembangunan sektor pendidikan mereka menggunakan sistem yang sudah mereka laksanakan, seperti 10 sepuluh negara berikut adalah : 

1. Finlandia
Dari kabar terkini di akhir-akhir 2014, Sebuah klasemen perserikatan dunia yang baru, yang dibuat sang Economist Intelligence Unit of Pearson, sudah menempatkan Finlandia menjadi negara menggunakan sistem pendidikan terbaik pada global. Pemeringkatan ini menurut adonan berdasarkan hasil tes internasional serta data misalnya taraf kelulusan antara tahun 2006 dan 2010, misalnya yg dilaporkan sang BBC.
Untuk Finlandia, ini bukan lah kebetulan. Karena mereka menerapkan reformasi pendidikan secara akbar-besaran 40 tahun yang lalu, sistem sekolah di negara itu secara konsisten pada atas homogen-homogen sistem pendidikan internasional. Dengan menerapkan pendidikan yang konsisten sejak usia dini, bahkan sejak anak masih pada kandungan hingga pendidikan tinggi, maka finlandia mampu berbagi sumber daya insan negaranya menggunakan sangat cepat. Pendidikan finlandia baca di sini !!


2. Korea Selatan
Di korea selatan, sekolah untuk semua anak berusia antara enam serta lima belas adalah gratis. SMA, buat anak didik usia 15-18, dikenakan porto biaya kuliah buat menambah dana dari pemerintah. Pembiayaan sekolah sangat terpusat, menggunakan sistem sekolah lokal yang dari 80% menurut pendapatan mereka menurut anggaran belanja Kementerian Pendidikan Nasional, Sains serta Teknologi (MEST). Kementerian sentra pribadi mendanai gaji guru pada sekolah taraf Sekolah Dasar atau yang dibawah nya serta acara prasekolah.
Sekolah partikelir mendapat sejumlah mini dana pemerintah serta subsidi, tetapi didanai melalui biaya pendidikan dan dukungan berdasarkan donor swasta dan organisasi. Korea Selatan menghabiskan $ 7.434 per murid pada seluruh taraf pendidikan, dibandingkan menggunakan homogen-homogen OECD berdasarkan $ 8.831. Namun, ini merupakan 7,6% berdasarkan PDB Korea Selatan dihabiskan buat pendidikan, dibandingkan menggunakan homogen-homogen OECD sebesar lima,9%. Ini adalah persentase tertinggi ke 2 menurut PDB dihabiskan untuk pendidikan antara negara-negara OECD.
Pemerintah Korea Selatan secara historis sangat terpusat, dan sistem pendidikan mencerminkan hal ini. Struktur tata kelola pendidikan sangat mirip dengan operasi pemerintah Korea lainnya, dengan inisiatif utama diproduksi serta dibiayai oleh kantor pusat serta dilakukan oleh yg lebih rendah, cabang regional menurut tempat kerja pusat. Semua tempat kerja metropolitan, kota / wilayah dan provinsi pendidikan harus merogoh arah kebijakan generik menurut MEST, namun dapat membuat keputusan anggaran dan perekrutan buat wilayah masing-masing. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah ada upaya buat mendesentralisasikan sistem dan memungkinkan lebih banyak pengambilan keputusan pada tingkat sekolah. Setiap sekolah mempunyai dewan sekolah sendiri menggunakan beberapa derajat otonomi pada hal mempromosikan guru atau mengatur pengembangan profesional, akan tetapi ini masih relatif terbatas.
Departemen Pendidikan meninggalkan sebagian akbar proses perencanaan aturan dan keputusan administratif kepada dinas pendidikan kota dan provinsi. Dewan sekolah lokal yg terpilih, meskipun mereka apolitis serta lebih berdasarkan 50% berdasarkan anggota dewan diwajibkan oleh aturan buat mempunyai minimal sepuluh tahun pengalaman di bidang pendidikan.
Sekolah dievaluasi setiap tahun sang grup pemantau eksternal yang ditetapkan sang dinas pendidikan provinsi. Mereka merampungkan pemeriksaan sekolah berdasarkan rencana penilaian Departemen Pendidikan, yg memutuskan arah serta standar. Evaluasi sekolah, Ulasan teknik mengajar dan praktik pembelajaran, kurikulum serta kebutuhan mahasiswa. Departemen Pendidikan baru-baru ini sudah menambahkan penghargaan berbasis kinerja sekolah pada mana akan dipilih sekolah menggunakan performa terbaik untuk mendapat bonus. Hasil evaluasi sekolah dilaporkan pada publik.
Guru dinilai oleh ketua sekolah mereka meskipun ketua sekolah tidak memiliki kekuatan buat langsung mengganjar atau menghukum pengajar berdasarkan evaluasi mereka. Namun demikian, diberikan insentif buat kinerja tinggi. Salah satu insentif primer adalah sebutan dari “Pengajar Pengajar,” yg memberikan hak efektif, pengajar berpengalaman buat gaji bulanan kecil di samping gaji normal mereka. Insentif tambahan meliputi insentif dan mengusut peluang di luar negeri.


3. Hong Kong
Lebih menurut 20% anggaran belanja pemerintah Hong Kong merupakan buat sektor pendidikan. Oleh karenanya nir mengherankan bahwa Hong Kong telah mengembangkan sistem pendidikan yg sangat baik melayani mahasiswa lokal dan expatriat, pula sekelompok universitas kelas global.
Tahun ajaran di Hong Kong dimulai pada trend gugur dan berakhir pada awal ekspresi dominan panas. Selama liburan primer termasuk Natal, Paskah, dan Tahun Baru Cina, sekolah diliburkan.
Struktur sistem pendidikan pada Hong Kong berdasarkan berdasarkan sistem Britania Raya. Dimulai dalam usia 3 tahun memasuki Taman Kanak-kanak. Setelah Taman Kanak-kanak, siswa masuk enam tahun sekolah dasar. Masing-masing dari tiga tahun terakhir dari sekolah dasar diakhiri menggunakan inspeksi intens, yg memilih sekolah menengah bagi setiap anak didik yg memenuhi persyaratan.
Sekolah menengah dibagi sebagai 2 taraf: Junior serta Senior. Sekolah-sekolah menengah itu sendiri dibagi sebagai 3 kelompok. Tujuan pengelompokan ini adalah memilih peringkat pada urutan martabat akademik, menggunakan grup 1 yg paling bergengsi. Tentu, semakin baik peringkat ¨pengelompokan¨dari sekolah, semakin akbar kesempatan yang diperoleh buat masuk ke universitas bergengsi.
Akhir periode sekolah menengah ditandai menggunakan dua ujian, Sertifikat Ujian Pendidikan Hong Kong (HKCEE) serta Pemeriksaan Tingkat Lanjutan Hong Kong (HKALE). HKALE ini seperti menggunakan ujian A-Level pada Inggris, serta nilai yang diperoleh siswa sebagai faktor krusial dalam proses penerimaan di universitas.
Kurikulum sekolah umum Hong Kong diajarkan dalam bahasa Kanton, sebagian besar siswa internasional serta expat di Hong Kong mengikuti sekolah partikelir dan internasional dari kurikulum berdasarkan negara berasal mereka. Sekolah-sekolah ini dikelola oleh fakultas yg sangat berkualitas pada Hong Kong maupun luar negeri. Banyak berdasarkan sekolah ini mengikuti kurikulum International Baccalaureate (IB).
Hong Kong memiliki delapan universitas yg sangat kompetitif, yg semuanya mempunyai ruang buat murid internasional dan anak didik lokal. Mereka juga menunjukkan aneka macam studi pada luar negeri. Kuliah pada universitas Hong Kong tidak murah, sekitar US $ 10.000 per tahun. Berkat dukungan menurut pemerintah serta perusahaan partikelir, namun, universitas menunjukkan banyak sekali beasiswa serta donasi paket keuangan. Dana pemerintah dan perusahaan partikelir ini juga memastikan bahwa terdapat dana yg tersedia buat pengembangan serta penelitian akademik.
Universitas Hong Kong menuntut kemampuan tingkat tinggi pada bahasa Inggris, serta siswa yang non-penutur asli wajib mengambil Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) sebelum masuk. Sekitar 66% menurut murid Hong Kong melanjutkan studi lebih lanjut sehabis sekolah menengah.
Hong Kong waktu ini sedang pada proses reformasi pendidikan primer, yang didesain buat mengurangi jumlah ujian dalam kurikulum serta buat menempatkan lebih banyak perhatian pada pengembangan langsung. Ini termasuk penekanan dalam perkembangan moral, layanan sipil serta kebugaran fisik. Masa satu tahun jua akan ditambahkan ke tingkat Senior sekolah menengah pada tahun 2012. Akhirnya, satu tahun tambahan akan dibubuhi ke jumlah tahun yg diperlukan buat belajar buat gelar Bachelor (waktu ini tiga), yang berarti bahwa mahasiswa Hong Kong akan diminta buat menempatkan baku empat tahun studi sarjana.

4. Jepang
Sistem pendidikan Jepang direformasi sehabis Perang Dunia II. Sistem Lama 6-lima-tiga-3 berubah menjadi sistem 6-3-tiga-4 (6 tahun sekolah dasar, 3 tahun Sekolah Menengah pertama, 3 tahun SMA dan 4 tahun Universitas) menggunakan mengacu ke sistem Amerika. Gimukyoiku (wajib belajar) 9 tahun, 6 di shougakkou (Sekolah Dasar) serta 3 di chuugakkou (SMP).
Jepang memiliki salah satu populasi di dunia yg paling berpendidikan, menggunakan 100% registrasi pada kelas harus serta buta huruf. Meskipun tidak harus, SMA (koukou) registrasi nya merupakan lebih dari 96% secara nasional dan hampir 100% pada kota-kota. Sekitar 46% berdasarkan semua lulusan Sekolah Menengah Atas melanjutkan ke universitas atau perguruan tinggi junior.
Departemen Pendidikan mengawasi kurikulum, kitab teks, kelas dan mempertahankan tingkat pendidikan yang seragam di semua negeri. Akibatnya, standar pendidikan yang tinggi menyebar merata pada seantero Jepang.
Sebagian besar sekolah beroperasi dalam sistem jangka tiga tahun menggunakan tahun ajaran baru mulai dalam bulan April. Sistem pendidikan terkini dimulai dalam tahun 1872, serta adalah contoh utama sesudah sistem sekolah Perancis, yang dimulai dalam bulan April. Tahun fiskal pada Jepang pula dimulai dalam bulan April dan berakhir dalam bulan Maret tahun berikutnya, yg lebih nyaman dalam banyak aspek.
April adalah puncak musim semi ketika cherry blossom (bunga yg paling dicintai pada Jepang!) Mekar serta ketika yg paling cocok buat awal yg baru di Jepang. Perbedaan pada sistem tahun ajaran sekolah mengakibatkan beberapa ketidaknyamanan buat siswa yang ingin belajar di luar negeri. Setengah tahun yang terbuang hanya untuj menunggu masuk dan umumnya satu tahun lagi yang terbuang saat balik ke sistem universitas Jepang dan wajib mengulang satu tahun .
Kecuali untuk tingkatan yang lebih rendah berdasarkan sekolah dasar, hari sekolah homogen-rata dalam hari kerja merupakan 6 jam, yang membuatnya menjadi salah satu hari-hari sekolah terpanjang pada global. Bahkan selesainya selesai jam sekolah, anak-anak memiliki latihan serta pekerjaan tempat tinggal lain buat menciptakan mereka sibuk. Liburan merupakan 6 minggu pada ekspresi dominan panas dan kurang lebih 2 minggu masing-masing untuk animo dingin dan trend semi.
Setiap kelas mempunyai kelas permanen sendiri pada mana mahasiswa mengambil seluruh kursus, kecuali buat pelatihan mudah serta bekerja pada laboratorium. Selama pendidikan dasar, pada banyak masalah, satu guru mengajar semua mata pelajaran di masing-masing kelas. Sebagai hasil berdasarkan pertumbuhan penduduk yang cepat sesudah Perang Dunia II, jumlah anak didik di kelas SD atau Sekolah Menengah pertama melebihi 50 siswa per kelas, akan tetapi sekarang sudah ditekan pada bawah 40 murid per kelas. Di sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama, makan siang ( kyuushoku) disediakan dalam pilihan menu baku, dan dilakukan pada dalam kelas. Hampir semua SMP mengharuskan mahasiswa buat mengenakan seragam sekolah (seifuku).
Perbedaan akbar antara sistem sekolah Jepang dan sistem sekolah Amerika bahwa sistem Amerika menghormati individualitas ad interim Jepang mengontrol individu dengan mengamati aturan gerombolan . Hal ini membantu buat menjelaskan karakteristik perilaku grup pada Jepang.

5. Singapura
Departemen Pendidikan bertujuan buat membantu anak didik buat menemukan talenta mereka sendiri, buat menggali bakat terbaik mereka dan menyadari potensi penuh mereka, dan untuk membuatkan semangat buat belajar yg berlangsung sepanjang hidup.
Singapura memiliki sistem pendidikan yang bertenaga. Siswa Singapura bercita-cita tinggi dan mereka mencapai hasil yang sangat baik. Hal ini diakui pada seluruh dunia. Dengan memiliki sekolah yg baik, dengan pemimpin sekolah dan guru yang berkualitas, dan fasilitas yg terbaik pada global.
Singapura sedang membentuk kekuatan ini buat mempersiapkan generasi berikutnya buat masa depan. Ini adalah masa depan yg membawa peluang yang sangat besar , terutama di Asia, namun pula akan membawa poly perubahan yg kita nir mampu ramalkan. Tugas sekolah serta perguruan tinggi adalah buat memberikan anak-anak belia kesempatan buat menyebarkan keterampilan, karakter serta nilai-nilai yg akan memungkinkan mereka untuk terus melakukannya dengan baik serta menciptakan Singapura lebih maju.
Singapura sudah bergerak dalam beberapa tahun terakhir menuju sistem pendidikan yg lebih fleksibel dan majemuk. Tujuannya merupakan buat menaruh anak didik banyak sekali pilihan yg lebih akbar buat memenuhi kepentingan yang tidak sama dan cara belajar. Mampu memilih apa dan bagaimana mereka belajar akan mendorong mereka buat merogoh kepemilikan yang lebih akbar berdasarkan pembelajaran mereka. Singapura pula menaruh siswa pendidikan yg lebih berbasis luas untuk memastikan mereka seluruh merupakan siswa yang berkualitas.
Pendekatan ini pada pendidikan akan memungkinkan untuk memelihara anak-anak belia dengan keahlian yg tidak selaras yang mereka butuhkan buat masa depan. Pemerintah Singapura berusaha buat membantu setiap anak menemukan bakatnya sendiri, dan tumbuh dan timbul menurut kemampuannya. Tenaga pengajar pada sini akan mendorong mereka untuk mengikuti insting mereka, serta mempromosikan keragaman talenta pada antara mereka – pada bidang akademik, serta pada olahraga dan seni.
Tradisi mereka merupakan memelihara anak-anak muda Singapura yg mengajukan pertanyaan serta mencari jawaban, serta yg bersedia buat berpikir menggunakan cara baru, memecahkan masalah baru dan menciptakan peluang baru buat masa depan. Dan, tidak kalah penting, ingin membantu anak muda buat membentuk seperangkat nilai-nilai sehingga mereka mempunyai kekuatan karakter dan ketahanan untuk menghadapi kemunduran yang tak terelakkan pada hidup tanpa perlu berkecil hati, serta sehingga mereka mempunyai kemauan buat bekerja keras buat mencapai virtual mereka.


6. Britania Raya
Pendidikan pada Britania Raya didelegasikan kepada masing-masing negara di Britania Raya yg mempunyai sistem yang terpisah pada bawah pemerintahan terpisah: Pemerintah Inggris bertanggung jawab untuk Inggris; Pemerintah Skotlandia, Pemerintah Wales dan Eksekutif Irlandia Utara bertanggung jawab buat Skotlandia, Wales serta Irlandia Utara.
Di setiap negara terdapat lima tahapan pendidikan: pendidikan awal, utama, sekunder, Pendidikan Lanjutan (FE) serta Perguruan Tinggi (PT). Undang-undang menyatakan bahwa pendidikan purna saat adalah harus buat semua anak berusia 5 tahun (. 4 tahun pada Irlandia Utara) serta 16 tahun, yg merupakan Usia Wajib Sekolah (CSA). Pendidikan ini nir perlu berada di sekolah serta semakin poly orang tua menentukan untuk melakukan aktivitas pendidikan di rumah.
Kurikulum Nasional (NC), dibentuk dalam tahun 1988, menyediakan kerangka kerja untuk pendidikan pada Inggris dan Wales antara usia 5 dan 18 tahun. Meskipun NC nir wajib diikuti sang sebagian besar sekolah negeri, tetapi banyak sekolah swasta, akademi, sekolah gratis serta pendidikan di tempat tinggal mendesain kurikulum sendiri. Di Skotlandia program wajib belajar nya dalam umur lima-14 tahun, serta di Irlandia Utara terdapat program kurikulum umum.


7. Belanda
Pendidikan pada Belanda terdiri dari tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Tingkat ini menciptakan jalur studi, yang mengarah ke aneka macam jenis. Struktur ini sangat fleksibel dan berguna bagi anak didik lantaran mereka bisa beralih pendidikan mereka dari satu studi dengan jalur yang lain buat memecahkan kemungkinan kesulitan yang mereka hadapi dan mencapai tujuan pendidikan mereka.
Standar kualitas Sistem pendidikan Belanda diterapkan sang aturan yang dikeluarkan pada tahun 1815. Menurut aturan itu, setiap acara studi di negara ini harus diakreditasi sang Pemerintah atau organisasi yg sesuai.
Belanda sebagai negara non-berbahasa Inggris pertama yang mulai memperlihatkan pendidikan bagi murid dari luar negeri. Sekolah internasional memadukan sistem pendidikan Belanda serta internasional buat pendidikan menengah, yang membedakan mereka dari sekolah-sekolah pada negara-negara berbahasa Inggris yang lazim nya memutuskan kurikulum nasional.
Di Belanda, anak didik dapat mengikuti acara menurut kurikulum berdasarkan negara-negara lain (Inggris atau AS) atau kurikulum internasional yang dikembangkan spesifik: International Baccalaureate (IB). Semua program yg diakui secara internasional dan memungkinkan siswa buat menerima akses ke perguruan tinggi di negara manapun pada global.
Ketika murid mendapatkan gelar diploma sekolah menengah dan memenuhi persyaratan penerimaan lain, mereka dapat mengajukan permohonan buat acara gelar di universitas Belanda.


8. Selandia Baru
Sistem pendidikan di Selandia Baru memiliki tiga strata – pendidikan anak usia dini, sekolah menengah, dan pendidikan tinggi – pada mana siswa dapat mengikuti berbagai jalur yg fleksibel.
Sistem dibuat buat mengenali kemampuan yg tidak sinkron, keyakinan agama, grup etnis, taraf pendapatan, ide-wangsit mengenai pengajaran dan pembelajaran, dan memungkinkan penyedia pendidikan untuk membuatkan karakter khusus mereka sendiri.
Kebijakan nasional dan kerangka kerja untuk regulasi dan bimbingan, persyaratan dan pengaturan pendanaan ditetapkan oleh pemerintah pusat serta dikelola melalui badan-badan tadi. Kewenangan administratif buat sebagian akbar pelayanan pendidikan diserahkan pada forum-lembaga pendidikan, yang diatur oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
Selandia Baru memiliki sistem agunan kualitas yang bertenaga yg memastikan konsistensi, pendidikan berkualitas tinggi pada semua tingkat sistem pendidikan, baik negeri juga swasta.


9. Swiss
Swiss mempunyai sistem pendidikan desentralisasi. Sebagian besar keputusan tentang penyelenggaraan sekolah dasar serta menengah diambil di tingkat kewilayahan. Itu pula merupakan kanton yg menyediakan sebagian besar pembiayaan.
Swiss tidak mempunyai menteri federal pendidikan. Tetapi demikian, beberapa aspek organisasi menurut sistem pendidikan berlaku pada seluruh negeri. Ini termasuk durasi tahun ajaran, serta jumlah tahun wajib belajar.
Di wilayah kanton lain, secara tradisional memiliki tingkat otonomi yang akbar.
Setiap canton memiliki ketua pendidikan, yg semuanya beserta-sama menciptakan Konferensi Cantonal Swiss Menteri Pendidikan (EDK dalam bahasa Jerman). EDK memainkan kiprah penting dalam membahas dan mengkoordinasikan kebijakan pendidikan, serta dalam menekankan nilai-nilai eksklusif dalam pendidikan.


10. Kanada
Sistem pendidikan pada Kanada mencakup sekolah private serta sekolah swasta, termasuk: perguruan tinggi / forum teknis, institut kejuruan, sekolah bahasa, sekolah menengah, kamp trend panas, serta universitas.
Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah provinsi pada bawah konstitusi Kanada, yg berarti terdapat perbedaan yg signifikan antara sistem pendidikan pada masing-masing provinsi. Namun pemerintah Kanada menerapkan standar tinggi secara seragam di setiap provinsi.
Secara umum, anak-anak Kanada memulai pendidikan dari Taman Kanak-kanak buat satu atau 2 tahun dalam usia empat atau lima tahun. Semua anak-anak mulai pendidikan taraf satu pada usia sekitar enam tahun. Tahun ajaran umumnya berlangsung mulai September hingga Juni berikutnya, tetapi dalam beberapa masalah, terkadang dimulai pada Januari. Sekolah menengah dimulai menurut Kelas 11 atau 12, tergantung pada provinsi. Setelah itu, murid bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas, perguruan tinggi atau studi Cegep. CEGEP merupakan akronim dalam bahasa Perancis yg berarti Institut Pendidikan Kejuruan, dan 2 tahun pendidikan umum atau 3 tahun pendidikan teknis antara sekolah menengah dan universitas. Provinsi Quebec mempunyai sistem Cegep.
Demikian 10 sepuluh negara dengan sistem pendidikan yg dinyataakan terbaik ketika ini,..kita hendaknya merenung, entah kapan indonesia dinyatakan menjadi negara menggunakan sistem pendidikan yg terbaik, paling buruk dengan tidak adanya polemik di aneka macam lini yang mempengaruhi sistem serta faktor-faktor pendukungnya...kita tunggu saja !!
Source : //sulitabatigol.wordpress.com/

Comments