10 KESULTANANKESULTANAN ISLAM DI NUSANTARA INDONESIA

Cara flexi---Warga belajar dan siswa sekalian, pembahasan materi sejarah kali initentang kesultanan-kesultanan Islam di Nusantara, yaitu kerajaan kesultananIslam yg ada pada Indonesia. Dalam beberapa literatur serta naskah-naskahpeninggalan masa kemudian, tercatat terdapat 10 Kesultanan yang terdapat di Nusantara ini.kesultanan-kesultanan ini pernah mengalami masa dan zaman keemasan yg membuatkerajaan menggunakan latar belakang ajaran Islam itu berkembang menggunakan baik. Banyakwarisan kebudayaan kesultanan kesultanan Islam pada Nusantara ini, yg secaraumum  terdiri menurut warisan arsitektur, Warisan Seni Sastra dan WarisanTradisi dan Islam Nusantara. Warisan-warisan tadi menjadi bukti jikaKesultanan Islam pada Nusantara pernah terdapat serta berkembang sampai mencapai puncakkeemasan dan kejayaannya.

Berikut ini adalah 10 (sepuluh) kesultanan-kesultanan Islam yg ada pada Nusantara kita yang dapat para siswa dan rakyat belajar pelajari sebagai bagian dari sejarahnya sbb:

1. Kesultanan Samudra Pasai (Baca selengkapnya !!)


2. Kesultanan Malaka (Baca selengkapnya !!)


3. Kesultanan Aceh (Baca selengkapnya !!)


4. Kesultanan Demak (Baca selengkapnya !!)


5. Kesultanan Pajang (Baca selengkapnya !!)


6. Kesultanan Mataram (Baca selengkapnya !!)


7. Kesultanan Cirebon (Baca selengkapnya !!)


8. Kesultanan Banten (Baca selengkapnya !!)


9. Kesultanan Makasar (Baca selengkapnya !!)


10. Kesultanan Ternate dan Tidore (Baca selengkapnya !!).



Sumber Gambar : berbagaireviews.com

Sumber Referensi:
Bactiar, Harsja (Eds). 1980. Ensiklopedi Indonesia, Jilid 1,2,3,4,6. Jakarta. Ichtia Baru-Van Hoeve
Kartodirdjo, Sartono; Poesponegoro Mawwati Djoened; Notosusanto, Nugroho. 1975. Sejarah nasional Indonesia, I, II, III, IV, V, VI, Jakarta Departemen Pendidikan serta Kebudayaan.
Ricklefs, M.C. 2005. Sejarah Indonesia Modern 1200-2004. Penerjemah: Satrio Wahono, dkk. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Sudarmanti, Y.B. 1996. Jejak-jejak Pahlawan: berdasarkan Sultan Agung Hingga Syekh Yusuf, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.


Comments