CARA MEMBUAT SENDIRI CHARGER PONSEL TENAGA API IT WORKS

Mengisi daya ponsel (chraging) pada rumah telah merupakan hal biasa, karena terdapat sumber listrik PLN kita mampu pribadi menyolokkan charger ponsel tanpa perlu repot – repot. Tetapi bagaimana jadinya apabila kita tengah tersesat di tengah hutan atau berada di suatu tempat yang nir ada asal arus listrik konstan, sementara kita memerlukan ponsel yang dayanya (baterai) sudah semakin habis?. Untuk mengatasi hal itu, trik ini mungkin mampu sangat bermanfaat buat Anda. Kita akan coba menciptakan sendiri charger ponsel simpel dan portabel bertenaga barah, yang sanggup dipakai buat mengisisi asal daya ponsel kapanpun serta dimanapun asalkan ada panas barah.
Mungkin kelihatannya susah atau memerlukan biaya mahal buat membuatnya. Sama sekali nir, Anda sanggup membuatnya pada ketika yang nisbi singkat serta porto yg sedikit, dijamin tidak sampai menciptakan kantong bolong. Sebelum merakitnya, alat-alat atau bahan – bahan yg perlu dipersiapkan terlebih dahulu antara lain:
  • Kabel beserta soketnya, yg kompetibel menggunakan lubang charge ponsel.
  • Telepon Seluler.
  • Komponen elektro bernama Thermal Electric Peltier. Bisa didapatkan di toko – toko elektronika di wilayah Anda.
  • Sumber Api, menjadi media buat uji coba.
  • Kaleng metal bekas berukuran besar .
  • Penjepit pipa logam (hose clamp).

Setelah seluruh  bahan – bahan pada atas disediakan, langkah selanjutnya merupakan merakit perangkat charger ponsel kuat api. Ikuti langkah – langkah petunjuk pembuatannya misalnya yang dijelaskan pada bawah ini:
1. Bersihkan semua plastik stiker atau kertas pembungkus kaleng apabila masih ada. Kosongkan isinya dan buang epilog bagian atasnya.

2. Langkah berikutnya, kita buat lubang relatif akbar di bagian sisi bawah kaleng menjadi loka buat menampung sumber barah, misalnya berdasarkan kayu yg dibakar. Buatlah lubang berbentuk segiempat menggunakan menggunakan bor, harap berhati – hati waktu melakukan ini atau mintalah donasi menurut seseorang yang telah terbiasa melakukannya.

3. Selanjutnya kita perlu menciptakan 4 lubang kecil, masing – masing 2 lubang berlawanan sisi. Lubang ini nantinya akan dimasukkan sebuah aluminium yang menciptakan huruh U, manfaatnya sebagai penampang jika kita hendak menggunakannya untuk mengolah air atau yg lainnya. Sebenarnya langkah ini hanya opsional saja, Anda sanggup lewatkan bila tidak terlalu memerlukannya.


4.buat lagi satu lubang kecil dekat menggunakan sisi bagian bawah kaleng. Lubang ini berfungsi menjadi penyalur panas serta mengeluarkan asap.


5. Kabel charger ponsel yg sudah Anda persiapkan tersebut lalu kupas bagian ujungnya. Perhatikan bahwa sering kabel catu daya mempunyai dua warna yaitu merah serta hitam. Warna merah menandakan polaritas arus listrik positif serta warna hitam menandakan arus listrik negatif.

6. Hubungkan kabel berwarna merah pada kutub positif Thermal Electric peltier, begitu juga dengan kabel yang berwarna hitam.

7. Sekarang kita perlu menggunakan penjepit pipa logam buat mengikatkan perangkat peltier menggunakan kaleng. Pastikan ikatannya kuat agar penyerapan panasnya sempurna. Lantas kenapa peltier tidak eksklusif dibakar saja?. Hal ini tidak disarankan karena selain cepat rusak, peltier juga menjadi kotor sehingga penyerapan panas nir aporisma.


Charger Ponsel kuat api sudah siap dipakai. Lakukan uji coba pertama dengan membuat barah dari potongan kayu mini ke dalam kaleng. Letakkan sesuatu untuk dimasak pada atas tungku yg berbentuk alfabet U. Colokkan kabel ke ponsel serta lihat, perlahan – lahan ponsel mulai mengisi daya. Selamat Mencoba!

Kurang kentara? Simak video tutorialnya berikut adalah:


Comments