10 FAKTA LUAR BIASA TENTANG LAUTAN

Thalassophobia merupakan kata buat orang – orang yang memiliki fobia terhadap laut atau suatu tempat yg terdapat air sangat luas. Sementara, lautan juga menjadi loka hidupnya beberapa makhluk mengerikan yg pernah ada, dan mengandung banyak keajaiban lain yang sebagian besar belum tereksplorasi sepenuhnya. Berikut ini merupakan sebagian  informasi – warta luar biasa tentang lautan yg mungkin belum Anda ketahui:
1. Sebagian besar oksigen di bumi asal menurut laut
Oksigen yg terdapat pada bumi sebagian akbar berasal menurut organisme kecil yg hidup di samudera atau biasa diklaim ‘fitoplankton’. Menurut para ilmuan, pada setiap nafas yang kita ambil asal menurut oksigen yang didapatkan sang tumbuhan laut. Sebagian besar dari dari Fotosintesis organisme mikroskopis yang diklaim fitoplankton.
2. Lautan itu sangat pada, gelap serta misterius
Laut merupakan sebuah loka misterius penuh keajaiban – keajaiban yg belum ditemukan. Dalam sebuah studi yang dilaksanakan pada tahun 2011, National Geographic  berspekulasi  bahwa 86% spesies yang terdapat pada dunia ini belum diklasifikasikan. Diperkirakan planet ini di huni 8,7 juta spesies yang sebagian besar belum teridentifikasi.
3. Manusia baru sanggup mengeksplorasi lima% lautan
Kenyataannya, kita baru mengeksplorasi lima% – 7% dasar laut dan tidak lebih 1% dari lautan itu sendiri. Hanya kurang lebih 5% dari dasar bahari yang sudah dipetakan hingga batas tertentu. Dengan 70% permukaan bumi yg ditutupi samudera , ini berarti 65% berdasarkan wilayah bumi belum dieksplorasi.
4. Cumi – cumi yang awalnya dianggap mitos, ternyata baru terlihat dalam tahun 2011



Cumi – cumi raksasa yang termasuk keluarga berdasarkan Architeuthidae merupakan makhluk yang menghuni dasar lautan paling dalam. Mereka sanggup tumbuh hingga mencapai 13 meter buat jenis kelamin betina serta 10 meter buat jenis kelamin jantan. Peneliti Jepang merogoh gambar cumi – cumi super besar tadi pertama kalinya pada tahun. Pada Juli 2012, cumi – cumi ukuran dewasa berhasil direkam memakai kamera video buat pertama kalinya pada Chichi-Jima
5. Laut memiliki lembah, pegunungan dan gunung berapi lebih akbar berdasarkan Gunug Everest
Jika mengukur tingginya puncak gunung menggunakan level diatas bagian atas laut, maka Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di global, mencapai 8,850 meter. Namun, apabila diukur berdasarkan dasar luasnya Samudera pasifik ini, sebuah gunung menggunakan nama Mauna Kea merupakan yang paling tinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 10,210 meter di dasar laut.
6. Berenang di samudera terbuka adalah pengalaman yg sangat tidak selaras dibanding berenang pada pantai
Jika Anda pernah berenang di pantai serta bersorak ria beserta keluarga atau teman – teman. Berenang pada laut terbuka merupakan sebuah pengalaman yang cukup mengerikan. Meskipun sepertinya Anda nir melihat apapun, terdapat makhluk aneh berada bawah laut yg mampu melihat  Anda menggunakan kentara.
7. Lautan pada bumi mengandung hampir 20 juta ton emas
Para ilmuan telah menemukan bahwa terdapat lebih kurang 20 juta ton emas yg ada pada laut ini. Bukan perkara yang mudah buat memiliki seluruh itu, lantaran letaknya yang berada jauh pada bawah bahari dan terbungkus pada batu. Air laut pula mengandung emas meskipun homogen – rata hanya 13/1000000000 gr emas berdasarkan satu liter air bahari.

8. Film “Alien” terinspirasi sang seekor parasit yang hayati di dasar laut
Seekor parasit yg memiliki fisik transparan memakan mangsanya dari dalam ke luar dan kemudian mengambil alih tubuh mereka.
Parasit yg diklaim”Phronima” ini berada dibalik kesuksesan film yg populer dalam tahun 1979, Alien. Makhluk – makhluk mini ini dapat ditemukan pada semua lautan pada dunia meskipun mereka tidak menyukai air dingin berdasarkan wilayah kutub.
9. Ada satu wilayah pada lautan yang dikenal menggunakan “White Shark Cafe”
“White Shark Cafe” adalah sebuah area terdalam Samudera pasifik  dimana hiu putih besar berkumpul. Para ilmuan tidak yakin persis mengapa hiu – hiu tadi melakukan hal itu, diperkirakan mungkin mereka sedang berburu kuliner atau kawin.
10. Pegunungan terpanjang adalah Mid-Ocean Ridge yang berada di dasar laut
Mid-Ocean Ridge adalah pegunugan di dasar bahari terbesar dan terpanjang yang membentang sampai mencapai 40,000 mil. Empat kali lebih panjang dari pegunungan Himalaya, Andes dan Rocky yg digabungkan.

Comments