RPP MATEMATIKA SUDUT KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2018 REVISI TERBARU

RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester dua Kurikulum 2013  Revisi Terbaru

Sesuai menggunakan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah khususnya  pada poin "Komponen serta Penyusunan RPP" merupakan menjadi berikut:
Baca lebih dulu: RPP Matematika Bangun Datar serta kelengkapannya

Komponen RPP terdiri atas:

  1. identitas sekolah yaitu nama satuanpendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi saat dipengaruhi sinkron dengankeperluan buat pencapaian KD serta beban belajar dengan mempertimbangkan jumlahjam pelajaran yg tersedia dalam silabus dan KD yg wajib dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yg dirumuskanberdasarkan KD, dengan memakai istilah kerja operasional yg dapat diamatidan diukur, yg meliputi sikap, pengetahuan, serta keterampilan;
  7. kompetensi dasar serta indikator pencapaiankompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat warta, konsep,prinsip, serta mekanisme yang relevan, dan ditulis pada bentuk buah-buah sesuaidengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, digunakan olehpendidik buat mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran supaya pesertadidik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik siswa dan KDyang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa indera bantuproses pembelajaran buat menyampaikan bahan ajar;
  11. sumber belajar, bisa berupa buku, mediacetak dan elektronik, alam kurang lebih, atau sumber belajar lain yg relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukanmelalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.

Prinsip Penyusunan RPP

  1. Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikanprinsip-prinsip menjadi berikut:
  2. Perbedaan individual siswa antaralain kemampuan awal, taraf intelektual, talenta, potensi, minat, motivasibelajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatanbelajar, latar belakang budaya, kebiasaan, nilai, dan/atau lingkungan pesertadidik.
  3. Partisipasi aktif siswa.
  4. Berpusat dalam peserta didik buat mendorongsemangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasidan kemandirian.
  5. Pengembangan budaya membaca dan menulisyang didesain buat membuatkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan,serta berekspresi pada berbagai bentuk goresan pena.
  6. Pemberian umpan pulang dan tindak lanjut RPPmemuat rancangan program pemberian umpan kembali positif, penguatan, pengayaan,dan remedi.
  7. Penekanan pada keterkaitan serta keterpaduanantara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaiankompetensi, penilaian, dan asal belajar dalam satu keutuhan pengalamanbelajar.
  8. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu,keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, serta keragaman budaya.
  9. Penerapan teknologi informasi dan komunikasisecara terintegrasi, sistematis, serta efektif sesuai menggunakan situasi dan syarat.

Sebagai model berikut kami sajikan galat satu model RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester dua Kurikulum 2013  Revisi Terbaru.

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

MATEMATIKA


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Pelajaran
Sub Pelajaran
Pertemuan
Alokasi waktu

:

:

:

:

:

:

..........................................
4 /2
Pengukuran Sudut
Pengertian dan Pengukuran Sudut
1
90 menit


A.KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, serta menghargai ajaran agama yg dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, serta percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga,sahabat, pengajar, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual menggunakan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] serta menanya menurut rasa ingin memahami tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan serta kegiatannya, serta benda-benda yg dijumpainya pada rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual pada bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yg estetis, pada gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yg mencerminkan konduite anak beriman dan berakhlak mulia.
B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator

3.12 Menjelaskan serta menentukan ukuran sudut dalam bangun datar dalam sutuan baku menggunakan memakai busur derajat.
3.12.1. Memahami pengertian menurut sudut.
4.12 Mengukur sudut dalam bangun datar dalam satuan standar menggunakan memakai busur derajat.
4.12.1. Menjelaskan pengertian berdasarkan sudut.

C.TUJUAN

  1. Melalui penerangan pengajar siswa bisa memahami pengertian menurut sudut.
  2. Melalui penerangan guru siswa mampu memahami mengungkapkan pengertian dari sudut.
D.MATERI

  1. Pengertian Sudut
E.PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 :Cooperative Learning
Teknik                  :Example Non Example
Metode                 :Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi serta Praktek

F.KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi

Waktu
Kegiatan

Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran anak didik.
  2. Kelas dilanjutkan menggunakan do’a dipimpin sang galat seseorang anak didik. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa murid yang hari ini tiba paling awal. (Religius serta Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu harus atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang sudah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas tugas belajar dirumah beserta orangtua yg sudah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10menit
Kegiatan

Inti
A.mengamati
  1. Siswa mengamati penjelasan pengajar tentang Pengertian serta Pengukuran Sudut, (literasi)

B.menanya
  1. Guru menaruh kesempatan kepada murid buat bertanya mengenai materi yg telah disampaikan sang guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan penerangan guru yang belum pada pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.menalar
  1. Siswamencoba berdiskusi menggunakan temannya tentang pengertian dan unsur-unsur pembentuksudut.

  1. Gurumenunjuk beberapa murid untuk maju dan mengungkapkan hasil diskusi
  2. Gurumembimbing dan menaruh pembenaran jika terdapat kesalahan dalam siswa
  3. Gurumenyatakan bahwa murid sudah paham mengenai aktivitas yang akan dilakukan

D.mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara mulut kepada teman-temanya tentang pengertian sudut(Comunicatian)
  2. Siswa mengungkapkan manfaat belajar materi ini secara verbal di depan sahabat serta guru.
65menit

Kegiatan

Penutup
  1. Gurumemberikan penguatan materi tentang bangun datar
  2. Gurumengapresiasi output kerja anak didik serta menaruh motivasi buat menambah semangatbelajar siswa
  3. Guru mengungkapkan tugasdirumah kolaborasi dengan Orang Tua, (Mandiri)
  4. Menyanyikan salah satulagu wilayah buat menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  5. Salam serta do’a penutupdi pimpin oleh salah satu anak didik (Religius)

    15menit

G.PENILAIAN

Penilaianterhadap proses serta hasil pembelajaran dilakukan sang guru buat mengukurtingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagaibahan penyusunan laporan kemajuan output belajar dan memperbaiki prosespembelajaran. Penilaian terhadap materi ini bisa dilakukan sesuai kebutuhanguru yaitu berdasarkan pengamatan perilaku, tes pengetahuan  serta praktek/unjuk kerja sinkron dengan rubrikpenilaian menjadi berikut;
Butirsoal;
1.apa pengertian berdasarkan sudut ?
2.sebutkan unsur pembentuk sudut
3.sebutkan cara menamai sudut
H.SUMBER DAN  MEDIA

1.buku Pedoman Pengajar Tema 4  Kelas 4 danBuku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikan serta Kebudayaan, 2016).
2.bse KTSP
3.papan tulis
4.software Pengajaran  kelas 4 Sekolah Dasar/MIdari SCI Media

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,




………………………………
NIP. …………………………

…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,




………………………………
NIP………………………….



Demikian ulasan singkat RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester dua Kurikulum 2013  Revisi Terbaru semoga berguna.

Comments