RPP KURIKULUM 2018 SMA MATEMATIKA KELAS 10 REVISI

RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Matematika Kelas 10 (Revisi)

RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Matematika Kelas 10 (Revisi) - Bapak Ibu yang berbahagia. Pada kesempatan yg baik ini kami akan memberikan RPP Matematika buat kelas 10 Sekolah Menengah Atas Kurikulum 2013 dengan asa  RPP Matematika ini dapat memberikan citra pada Bapak/Ibu guru, baru memberlakukan Kurikulum 2013 di sekolahnya, mengenai proses pembelajaran matematika SMA sesuai yg diamanatkan pada Kurikulum 2013.
RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Matematika Kelas 10 (Revisi) ini tersusun menurut diklat menggunakan mengacu pada draft revisi silabus. Dibandingkan menggunakan dokumen resmi keluaran pemerintah; yaitu Permendikbud angka 24 Tahun 2016 yang berisi tentang KI serta KD buat semua mata pelajaran baik menurut jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas/MA/Sekolah Menengah Kejuruan, terdapat beberapa disparitas kecil.

Maka, kepada Bapak/Ibu guru yang akan mendownload RPP ini kami mohon meluangkan waktu sejenak buat mencermati daftar KI serta KD yg harus dibelajarkan pada anak didik yg disesuaikan dalam Permendikbud angka 24 tahun 2016.

Kemudian bila Bapak/Ibu masih 'concern' mengenai sistematika, susunan, struktur, serta urutan pada pada penyusunan RPP, atau Pengawas Bapak/Ibu menuntut wajib membuat RPP yang sempurna sesuai menggunakan peraturan perundang-undangan maka Bapak/Ibu bisa membacanya di Permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Secara generik perencanaan pembelajaran yang harus dibentuk oleh guru meliputi silabus serta planning aplikasi pembelajaran yang mengacu dalam baku isi.

Perencanaan pembelajaran mencakup penyusunan planning aplikasi pembelajaran serta penyiapan media serta asal belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, serta skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Standar proses pembelajaran Pendidikan Dasar serta Menengah dijelaskan tentang silabus serta RPP yang wajib dibuat sang guru. Dan berikut beberapa hal krusial yg wajib diketahui sebagai berikut:

1.silabus

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran buat setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus SMA paling sedikit memuat:
  1. Identitas mata pelajaran;
  2. Identitas sekolah mencakup nama satuan pendidikan dan kelas;
  3. Kompetensi Inti;
  4. Kompetensi Dasar;
  5. Materi pokok, memuat warta, konsep, prinsip, serta mekanisme yang relevan, serta ditulis dalam bentuk buah-buah sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  6. Kegiatan pembelajaran;
  7. Penilaian;
  8. Alokasi waktu; dan
  9. Sumber belajar.

Silabus ini nantinya dipakai menjadi acuan dalam menyusun pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2.rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu rendezvous atau lebih. RPP dikembangkan menurut silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa buat berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang relatif bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandirian sinkron menggunakan talenta, minat, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. 

RPP disusun dari KD atau subtema yg dilaksanakan satu kali rendezvous atau lebih menggunakan menggunakan ketentuan serta mengandung Komponen yang terdiri berdasarkan:
  1. identitas sekolah;
  2. identitas mata pelajaran;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi saat;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, menggunakan menggunakan istilah kerja operasional yang bisa diamati dan diukur, yang mencakup perilaku, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, serta mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai menggunakan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran;
  10. media pembelajaran;
  11. sumber belajar;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, serta epilog; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.

Itulah beberapa hal yg perlu Bapak/Ibu ketahui mengenai silabus serta RPP, yang nantinya harus Bapak/Ibu buat.

Sebagai bahan perbandingan serta tamabhan referensi, berikut ini merupakan RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Matematika Kelas 10 (Revisi) yang mampu Bapak dan ibu download pada bawah ini.

  1. Download:  1. Program linear.docx2a. Fungsi Invers.docx
  2. Download:  2b. Fungsi Komposisi.docx
  3. Download:  3. Determinan dan Invers Matriks.docx
  4. Download:  4. Garis Sejajar.doc
  5. Download:  5. Aturan sinus.docx
  6. Download:  6. Deret Tak Hingga.docx
  7. Download:  7. Statistika.docx
  8. Download:  8a. Aturan Perkalian.docx
  9. Download:  8b. Peluang.docx
  10. Download:  9. Lingkaran.docx
  11. Download:  10. Transformasi.docx
  12. Download:  11. Turunan.docx
  13. Download:  12. Integral.docx

Demikian semoga materi RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Matematika Kelas 10 (Revisi) yg telah dibagikan dalam blog fileledukasi.com ini bermanfaat.

Baca jua:

Terima kasih atas partisipasi buat mengunjungi blog kami ini.

Comments