PANDUAN MENULIS SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SD
Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD
Pengertian Berfikir tingkat tinggi
Berfikir taraf tinggi adalah kemampuan berfikir yg tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan balik (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite)
Apa yg dimaksud berfikir?
- Menemukan
- Menganalisis
- Mencipta
- Merefleksi
- Beragumen
Thinking is NOT :
- Knowing
- Remembering
- Repeating
BACA JUGA: panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di Sekolah Dasar
Berfikir taraf tinggi :
• Critical thinking & Problem Solving :
Keterampilan yang sangat esensial dalam abad ke -21
• Critical thinking dapat dilatih berbasis pembelajaran pada kelas
• Critical persoalan solving meliputi :
- Menganalisis situasi yg nir familiar
- Mengevaluasi taktik pemecahan kasus
- Menciptakan metode baru pemecahan perkara
Difficulity is NOT same as HOT
Mengetahui menurut arti istilah yang sporadis digunakan mungkin sulit namun ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).
Berfikir tingkat tinggi == meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan Penekanannya :
o Transfer satu konsep ke konsep lainnya
o Memproses serta menerapkan berita
o Mencari kaitan dari banyak sekali fakta yg bhineka
o Menggunakan keterangan buat menuntaskan perkara
o Menelaah ide dan liputan secara kritis
Semoga materi Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi dapat dimanfaatkan pada menyusun soal bapak serta mak semuanya.
Comments
Post a Comment