PANDUAN MENULIS SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SD

Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD

Pengertian Berfikir tingkat tinggi 
Berfikir taraf tinggi adalah kemampuan berfikir yg tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan balik (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite) 

Apa yg dimaksud berfikir? 
  • Menemukan 
  • Menganalisis 
  • Mencipta 
  • Merefleksi 
  • Beragumen 

Thinking is NOT : 
  • Knowing 
  • Remembering 
  • Repeating 
BACA JUGA: panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di Sekolah Dasar
Berfikir taraf tinggi : 
• Critical thinking & Problem Solving : 
Keterampilan yang sangat esensial dalam abad ke -21 
• Critical thinking dapat dilatih berbasis pembelajaran pada kelas 
• Critical persoalan solving meliputi : 
- Menganalisis situasi yg nir familiar 
- Mengevaluasi taktik pemecahan kasus 
- Menciptakan metode baru pemecahan perkara 

Difficulity is NOT same as HOT

Mengetahui menurut arti istilah yang sporadis digunakan mungkin sulit namun ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).

Berfikir tingkat tinggi == meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan Penekanannya : 
o Transfer satu konsep ke konsep lainnya 
o Memproses serta menerapkan berita 
o Mencari kaitan dari banyak sekali fakta yg bhineka 
o Menggunakan keterangan buat menuntaskan perkara 
o Menelaah ide dan liputan secara kritis


Semoga materi Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi dapat dimanfaatkan pada menyusun soal bapak serta mak semuanya.

Comments