MARQUEESILABUS PJOK KURIKULUM 2018 KELAS 1 2 3 4 5 6 SD/MI/MARQUEE

Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, lima, 6 Sekolah Dasar/MI

Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, lima, 6 Sekolah Dasar/MI - Pendidikan jasmani, olahraga, serta kesehatan (PJOK) adalah galat satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan  bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan buat berbagi aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hayati sehat serta pengenalan lingkungan higienis melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan kegiatan jasmani terpilih yg dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Silabus adalah rencana pembelajaran dalam suatu grup mata pelajaran/tema eksklusif yg mencakup baku kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator, evaluasi, alokasi ketika, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus adalah klasifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar ke pada materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, serta indikator pencapaian kompetensi untuk evaluasi.

Silabus merupakan seperangkat planning serta pengaturan tentang aktivitas pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi output belajar. Silabus berisikan komponen utama yang dapat menjawab pertanyaan berikut:
  1. Kompetensi yg akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yg harus dilakukan buat menanamkan / menciptakan kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan buat mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik

Silabus ini merupakan acuan bagi pengajar dalam melakukan pembelajaran agar anak didik bisa berbagi aspek kebugaran jasmani, keterampilan mobilitas, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hayati sehat serta sosialisasi lingkungan higienis sinkron menggunakan tujuan. 

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, serta menaruh kesempatan kepada pengajar buat mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tadi, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran.kegiatan pembelajaran yg terdapat dalam silabus adalah cara lain aktivitas yang didesain buat mencapai kompetensi dasar yang diperlukan.kegiatan pembelajaran yg termuat pada pada silabus ini adalah alternatif dan inspiratif sebagai akibatnya guru dapat membuatkan aneka macam aktivitas pembelajaran yg sinkron dengan karakteristik serta tingkat perkembangan anak didik. 
Baca pula: Silabus Akidah Akhlak K13 Kelas 1-dua-tiga-4-lima-6 MI
Bagi sekolah yang nir mempunyai guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk dalam Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang sudah disusun terpisah dengan dokumen ini menjadi acuan pada menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pada sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yg mempunyai pengajar mata pelajaran PJOK maka pada penyusunan rencana aplikasi pembelajaran (RPP) bisa menggunakan silabus mata pelajaran PJOK menjadi pencetus ilham dan memperkayanya di pada menyusun RPP.

A. Kompetensiyang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setelah mengikuti pembelajaran PJOK, siswa memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan fisik dan gerak, dan kebugaran jasmani yg dapat dipakai untuk kegiatan hidup keseharian, rekreasi, dan menyalurkan bakat dan minat berolahraga, hidup sehat serta aktif sepanjang hayat yang dilandasi sang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Esa, disiplin, menghargai perbedaan, kolaborasi, sportif, tanggung jawab, serta jujur, serta kearifan lokal yg relevan.

B. Kompetensiyang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada SD/Madrasah Ibtidaiyah. 

Pengembangan kompetensi mata pelajaran PJOK didasarkan dalam perkembangan perilaku, pengetahuan, keterampilan siswa.khusus buat pengembangan kompetensi pada ranah fisik serta motorik, pengembangan kompetensi mata pelajaran PJOK berdasarkan pada prinsip pertumbuhan serta perkembangan fisik serta mobilitas.

C. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, serta Kesehatan SD/Madrasah Ibtidaiyah


Kerangka pengembangan kurikulum PJOK SD/MI Kelas I s.D VI mengikuti elemen pengorganisasi kompetensi dasar yaitu Kompetensi Inti (Kompetensi Inti dalam kelas I sd VI). Kompetensi Inti dijadikan menjadi payung buat menjabarkan kompetensi dasar mata pelajaran.

Kompetensi sikap spiritual dan perilaku sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran PJOK dan kebutuhan serta syarat anak didik.

Penumbuhan serta pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, serta bisa dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi karakter murid lebih lanjut.
Baca pula: Jurnal Mengajar Mapel PJOK SD Kelas 1 hingga 6 K2013 SD/MI
Pengembangan Kompetensi Dasar  (KD) mengacu pada Kompetensi Inti (KI) yg diadaptasi dengan karakteristik mata pelajaran PJOK serta psiko-pedagogi.

Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK buat Sekolah Dasar/MI terdiri atas:
  1. Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif 
  2. Aktivitas permainan bola besar dan bola mini  
  3. Aktivitas atletik 
  4. Aktivitas beladiri
  5. Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani 
  6. Aktivitas senam
  7. Aktivitas gerak berirama
  8. Aktivitas air serta keselamatan diri
  9. Kesehatan

Lebih jelas mengenai Model Silabus PJOK Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 selengkapnya dapat di unduh dalam tautan link unduhan berikut adalah:

Silabus ini adalah acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar murid sanggup berbagi aspek kebugaran jasmani, keterampilan mobilitas, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat danpengenalan lingkungan higienis sesuai dengan tujuan.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,  dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sinkron kebutuhan serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tadi, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang masih ada pada silabus merupakan alternatif aktivitas yg dibuat buat mencapai kompetensi dasar yg dibutuhkan.

Kegiatan pembelajaran yg termuat pada pada silabus ini merupakan cara lain serta inspiratif sehingga pengajar dapat membuatkan banyak sekali kegiatan pembelajaran yang sinkron dengan karakteristik dan taraf perkembangan murid.

Bagi sekolah yang tidak mempunyai pengajar mata pelajaran  PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu Sekolah Dasar/MI yg sudah disusun terpisah menggunakan dokumen ini menjadi acuan pada menyusun perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan pada sekolah. Tetapi demikian, bagi sekolah yang mempunyai pengajar mata pelajaran PJOK maka pada penyusunan planning aplikasi pembelajaran (RPP) dapat memakai silabus mata pelajaran PJOK menjadi pencetus wangsit dan memperkayanya di pada menyusun RPP.

Berikut link download Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, lima, 6 Sekolah Dasar/MI

Demikian ulasan singkat materi Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, lima, 6 Sekolah Dasar/MI semoga menggunakan kami bagikan materi ini akan berakibat kemudahan, kelengkapan pengajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

Comments