KISIKISI DAN SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 1 KURIKULUM 2018 TERBARU

Kisi-Kisi serta Soal Penilaian Harian Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru

Kisi-Kisi serta Soal Penilaian Harian Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru - Soal merupakan indera yang digunakan oleh seorang guru buat mengukur kemampuan siswa dalam menerima bahan ajar yang telah disampaiakan sang guru.
Dengan kita memberikan soal, kita mampu mengkur kemampuan kognitif peserta didik pada hal tahu materi Pelajaran yg telah pada sampaikan oleh pengajar pada kelas. Selain itu menggunakan memberikan soal kepada peserta didik kita akan mengetahui kemampuan masing-masing siswa dan dapat mengetahui kualitas taraf kesulitan soal atau yang disebut dengan istilah kompleksitas.

Tentang Kisi-Kisi Soal!

1. Pengertian kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi berita yang dapat dijadikan pedoman buat menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yg relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman serta cakupan materi yang ditanyakan.
2. Syarat kisi-kisi
Kisi-kisi tes prestasi akademik wajib memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, serta mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus kentara serta bisa dibentuk soalnya sesuai menggunakan bentuk soal yg telah ditetapkan.

3. Komponen kisi-kisi
Komponen-komponen yg dibutuhkan pada sebuah terali disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen terali terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen bukti diri diletakkan pada atas komponen matriks. Komponen bukti diri mencakup jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yg diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil berdasarkan kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:


  1. menentukan KD yg akan diukur;
  2. memilih materi yg esensial;
  3. merumuskan indikator yg mengacu dalam KD dengan memperhatikan materi serta level kognitif.

Soal yang kita berikan dalam siswa didik berupa soal pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian. Perlu diketahui dalam pembuatan soal jua wajib memperhatikan kreteria dan ketentuan dalam pembuatan soal. Kaidah penulisan soal perlu dikuasai sang pengajar agar pada pembuatan soal tidak menyebabkan ambiguitas, dan sulit di pahami peserta didik didik.
Setelah peserta didik didik terselesaikan mengerjakan soal yang kita berikan, maka langkah selanjutnya adalah kita koreksi soal yang sudah dikerjakan oleh siswa tersebut lalu berikan nilai dan kita analisis butir-butir soal yg telah kita buat tadi.
Setelah pengajar melaksanakan ualangan harian sinkron dengan materinya pada bawah ini, maka kegiatan dalam selanjutnya terdapat juga Ulangan Tengah Semester, yg materi pula telah kami persiapkan dan tunggu posting berikutnya, dan beberapa materi soal-soal lainnya yang secara keseluruhan telah kami kemas dalam paket.

Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 1 sebagai berikut:
Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema dua menjadi berikut:
Kisi-Kisi serta Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema tiga sebagai berikut:
Kisi-Kisi serta Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4 sebagai berikut:
Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi serta Soal Penilaian Harian Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru, semoga menggunakan penerangan ini para pengunjung bisa memperoleh kejelasan materi yang kami bagikan.
Link download soal-soal lainnya:
Soal UTS Sekolah Menengah pertama/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Terkini
Soal PH-PTS-PAS Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar/MI
Soal UTS-PTS Sekolah Menengah pertama/MTs Kelas 7 Semseter Ganjil K-2013
Soal Khusus Sekolah Menengah Atas Kelas 11
Aneka Hidangan Soal Kelas 6 SD KTSP Terlengkap
Soal UTS Kelas 6 Semester 1 dan 2
Soal Ulangan Harian (UH) Kelas 6 SD/MI
Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 1, dua, 3, 4, 5, 6 SD
Terima kasih atas segala kunjungan, partisipasi dan waktu yang dipergunakan untuk berkunjung pada blog kami, semoag nir keberatan untuk menunjukkan materi ini ke banyak sekali media umum lainnya.

Comments