INILAH PERUBAHAN POLA UJIAN NASIONAL 2018 UNTUK SD SMP SMA SMK

Inilah Perubahan Pola Ujian Nasional 2018 Untuk Sekolah Dasar SMP Sekolah Menengah Atas SMK

Pemerintah masih saja pastikan memakai Ujian Nasional menjadi alat ukur kualitas pendidikan nasional. Ditengah gencarnya penolakan UN. Segala macam cara dipikirkan untuk menghasilkan Ujian Nasional yang valid, versi pemerintah. Tahun ini pola USBN akan diubah menurut tahun tahun sebelumnya yg perubahannya bisa anda download dalam link yang kami pasang dalam laman ini secara perdeo nir dikenakan pajak apapun

Tahun 2018, UN ditambahkan dengan isian 10% untuk SD, buat SMP 25% soal dipersiapkan berdasarkan pusat menjadi anchor  begitu pula menggunakan Sekolah Menengah Atas sederajat juga terdapat isian jumlahnya 10% dari soal.

Kegigihan Pemerintah untuk melakukan Ujian Nasional yang valid terus dilakukan hingga melakukan beragam penemuan sistem UN. Mereka seolah tidak pernah kehilangan logika menciptakan anak didik dan guru senam jantung.
Pola Perubahan Ujian buat Sekolah Dasar/MI

Ada beberapa hal yg tidak sama menurut sistem Ujian Nasional tahun 2018 dibandingkan tahun 2017. Sebenarnya sistem baru ini bukan hal yang sahih-sahih fresh, kelihatannya saja baru tapi rasa lama . Disini yang akan aku bahas khusus jenjang SD. Perubahan paling jelas dari penyebutan Ujian Sekolah atau Madrasah (US/M) sebagai Ujian Sekolah Berstandar nasional (USBN). Esensinya sama, tetap saja tes standar

Jika tahun-tahun sebelumnya, mata pelajaran yang dijujikan hanya tiga yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, serta IPA. Tahun ini terdapat 8 mapel yakni Pendidikan Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn, PJOK, SBdP.

Perubahan banyaknya mata pelajaran ini tentunya  cukup menciptakan kaget sehabis bertahun-tahun pengajar-pengajar serta anak didik nyaman dengan 3 mapel. Sebetulnya pengujian 8 mapel ini bukan hal baru. Ketika kita masih menggunakan kurikulum 1994 serta sumplemen 1999, mapel yang diujikan dalan UAS sebanyak itu. Terakhir UAS menggunakan 8 mapel tahun 2004 buat Sekolah Dasar.
Pola Perubahan Ujian buat SMP Sekolah Menengah Atas SMK

Perubahan banyaknya soal tentunya merubah kisi-kisi, terdapat 8 terali mapel. Kisi-kisi buat mapel Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia pada USBN akan tidak selaras dengan US dimana perbedaannya mencapai 75%. Ada beberapa penambahan dan pengurangan materi yg diujikan pada US.

Dalam hal penyediaan kisi-kisi, pemerintah nir menyediakan terali buat mapel SBdP dan PJOK sedangkan muatan lokal seperti Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris nir dimasukan dalan USBN.
Format soal pilihan ganda dan uraian sebenarnya wajah usang, UAS terakhir tahun 2004 buat jenjang SD masih memakai dua format tersebut. Jadi jikalau kini pulang ke format pilihan ganda-uraian, hanya kembali ke zaman dulu. Tidak perlu kaget, akan tetapi tampaknya relatif mengagetkan. Berikut ini rician banyaknya soal setiap mapel:

Bagaimana, telah siap menggunakan ujian tahun ini? Keberadaan SBdP pada ujian tertulis relatif mencengangkan, mengingat selama ini SBdP dalam KTSP lebih banyak ke pembelajaran praktik. Terkaitan penyiapan naskah ujian, buat mapel Pendidikan Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta PPKn, soal disusun sang Dinas Pendidikan Kab/Kota dan atau Kantor Kemenag Kab/Kota menggunakan melibatkan guru-pengajar pada Satuan Pendidikan (75%) termasuk perakitan (100%). Mapel SBdP dan PJOK disusun sang KKG/KKM (100%) tingkat kecamatan. Sedangkan buat mulok, soal disusun oleh Satuan Pendidikann atau KKG/KKM tingkat kecamatan.
Belum mempunyai POS Ujian 2018 ? Download pada sini
Perubahan kebijakan Ujian Sekolah tahun 2018 buat balik ke rasa usang patut diapresiasi sebab pemerintah mulai berpikir bahwa ujian yang dibuat secara nasional  kurang memenuhi hak dan kebutuhan peserta didik pada aneka macam wilayah. Penambahan mata pelajaran yg diujikan merupakan hal yg baik karena berarti mata pelajaran selain tiga mapel tidak dianaktirikan. Selama ini, pembelajaran pada kelas 6 (enam) cenderung lebh menitikberartkan ke 3 (tiga) mapel, sedangkan pelajaran lain kurang diperhatikan, baik oleh guru ataupun penekanan anak didik. Alhasil, pembelajaran di kelas 6 lebih ke UN result oriented. Hal serupa pun terjadi pada tingkat lanjutan. Keberadaan soal uraian sebagai hal yang patut diapresiasi karena kemungkinan "laba -untungan" menjawab soal semakin mini karena soal uraian menciptakan mereka sahih-sahih berpikir.
Rekomendasi ulang: Kisi-Kisi USBN SMP/MTs tahun 2018
Dikembalikannya sistem pembuatan soal dalam guru setempat berarti mengembalikan kepercayaan kepada pengajar bahwa merekalah yang memang memiliki hak buat menguji serta menentukan kelulusan murid. Ujian Nasional yang selama ini sangat sentralis dan dikendalikan sang pusat memang mengakibatkan poly masalah, bahkan hal-hal teknis misalnya kertas ujian tipis serta lain-lain. Penggandaan naskah ujian yg dilimpahkan wewenangnya kepada Dinas Kabupaten/Kota diharapkan bisa mengurangi permasalah-permasalahan teknis selama ini.
Baca pula : kisi-kisi USBN SMK tahun 2018
Desentralisasi pelaksanan USBN tahun ini menjadi angin segar buat mengembalikan loka hak serta kewajiban terkait pengujian terhadap siswa. Pengajar balik mendapat agama buat sebagai tonggak utama pendidikan. Angin segar ini seharusnya tidak boleh dibuang begitu saja. Pemberian kewenangan pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan pengajar wajib dimanfaatkan menggunakan baik yaitu menggunakan menyelenggarakan sistem ujian yang adil serta berkualitas.

Hal tadi bisa dimulai menurut pembuatan soal yg disesuaikan menggunakan kebutuhan serta kompetensi anak didik di daerah, bukan berarti menciptakan soal mudah. Justru yang penulis rasakan, soal Ujian Nasional beberapa tahun terakhir untu SD terbilang gampang. Bandingkan soal-soal yang dibentuk sang pengajar sendiri, lebih sulit!
Kisi-Kisi USBN Sekolah Menengah Atas Tahun 2018
Sesempurna apapun sistem ujian yang dilaksanakan, nir akan terdapat ujuangnya tanpa kejujuran. Diharapkan dengan sistem desentralisasi seperti ini, dinas juga pengajar nir menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan sang pemerintah.  Selenggarakan USBN dengan jujur, dimulai menurut pembuatan soal sampai pelasanaan ujian. Apa ialah nilai tinggi tanpa kejujuran
Download:  Perubahan Ujian Sekolah Dasar SMP Sekolah Menengah Atas Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2018.pdf
Kami berharap, nilai Ujian Nasional tidak digunakan sebagai patokan buat masuk SMP (100%). Penulis masih ingat, tahun 2004 terdapat ujian masuk Sekolah Menengah pertama yang diselengarakan oleh satuan pendidikan masing-masing sebagai akibatnya anak didik bersaing secara adil. Nilai UN nir bisa dijadikan patokan buat mengukur kemampuan anak didik lantaran banyak anak pandai "karbitan UN" tapi ketika telah masuk di SMP, nol besar . Saya mendengar hal semacam ini menurut pengajar-pengajar di jenjang tadi yang mengeluhkan anak didik dengan nilai UN tinggi akan tetapi pada Sekolah Menengah pertama.

Lihat asal utama DI SINI
Semoga berguna

Comments