DOWNLOAD RKJM JENJANG SDMI TERBARU

RKJM Jenjang Sekolah Dasar,MI Terbaru

A. Latar Belakang

RKJM Jenjang Sekolah Dasar,MI Terbaru caraflexi.blogspot.com - Sekolah menjadi lembaga pendidikan mempunyai system yang kompleks  dan dinamis. Dalam kegiatannya  sekolah bukan hanya sekedar tempat berkumpul pengajar dan anak didik melainkan berada dalam satu tatanan system yang saling berkaitan, sang  karena itu sekolah dipandang menjadi suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan.

Secara internal sekolah memiliki perangkat pengajar, siswa, kurikulum serta wahana prasarana. Secara eksternal sekolah mempunyai  interaksi dengan intansi lain serta masyarakat. Oleh karenanya sekolah memerlukan managemen yg akurat agar bisa menaruh output yang optimal.
Baca jua: Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama, SMA-Kurikulum 2013 dan KTSP
Dengan pengelolaan yang baik, dibutuhkan menghasilkan lulusan yang berkualitas sinkron dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat dan dalam gilirannya lulusan sekolah diperlukan dapat memberikan donasi pada pembangunan bangsa. Dengan demikian salah satu upaya buat meningkatkan mutu pendidikan, sekolah wajib melakukan perencanaan yg sinkron dengan kebutuhan. Untuk kepentingan hal ini, maka sekolah menyusun serangkaian kegiatan yang akan dicapai pada jangka saat eksklusif.

Melalui program planning aktivitas sekolah (RKS) yg dilaksanakan secara terencana dan sedikit demi sedikit, diperlukan dapat mendorong sekolah untuk bisa mewujudkan visi, misi, tujuan serta target. Untuk mengoptimalkan pengeolaan sekolah pada mencapai sasaran diatas, maka SD Negeri ........................... Menyusun serangkaian kegiatan.

Pengembangan kegiatan sekolah ditinjau perlu sebagai akibatnya  sesuai menggunakan Standar Nasional Pendidikan. Untuk mewujudkan acara tadi setiap sekolah wajib memiliki pedoman aplikasi  kerja berupa program kerja, dan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).

Dengan berdasar dalam uraian pada atas, maka kami masyarakat sekolah SD Negeri ....................................... Kecamatan ..................... Kabupaten ....................., mencoba menyusun  Rencana Kerja Sekolah (RKS)  4 Tahunan yg berbentuk   Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)

B.libu/Bapasan

Berdasarkan uraian pada atas maka perlu dilakukan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) supaya Sekolah Dasar Negeri ....................................... Kecamatan ..................... Kabupaten ..................... bisa mencapai tujuan secara efektif serta efisien.rencana Pengembangan Sekolah tadi disusun berdasarkan bahwa sekolah adalah unit pelaksana pendidikan formal dengan aneka macam keanekaragaman potensi siswa yg memerlukan layanan pendidikan yang beragam pula.

Dasar pemikiran inilah yang mendorong keluarnya suatu pendekatan yg dikenal dengan kata  Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) atau School Based Quality Managemen. Pengembangan lebih lanjut tentunya memerlukan suatu perencanaan yang sangat matang yang tertuang dalam Rencana Strategis Sekolah. Oleh karena itu ,maka sekolah harus dinamis serta kreatif dalam melaksanakan kiprahnya buat mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumberdaya manusia. Dengan planning pengembangan sekolah ini dibutuhkan dijadikan panduan kerja serta sebagai acuan pada upaya pengembangan sekolah.

C.maksud Dan Tujuan

1.maksud

Maksud pembuatan acara kerja/Rencana Kerja Tahunan ini buat memberikan citra tentang pola kerja serta arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya dalam kurun waktu satu tahun kedepan, sehingga dalam oprasionalnya bisa lebih efektif dan efisien, sebagai akibatnya pada akhirnya dibutuhkan dapat menaikkan mutu pendidikan.

2.tujuan

Adapun tujuan menurut pembuatan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) ini merupakan  sebagai berikut :
  • Sebagai panduan dan landasan kerja dalam aplikasi program sekolah, sehingga dapat mengklaim agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan bisa dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi serta resiko yang kecil.
  • Mengoptimalkan partisipasi rakyat sekolah serta masyarakat, sebagai akibatnya seluruh “Stake Holders“ sekolah mengetahui serta memahami mengenai planning implementasi sekolah. 
  • Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.
  • Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah serta dinas pendidikan Kabupaten/Kota, dan antarwaktu.
  • Menjamin keterkaitan serta konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pengawasan.
  • Menjamin tercapainya penggunaan asal-daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
  • Sebagai dasar pada melaksanakan monitoring dan evaluasi pada waktu berlangsungnya kegiatan dan akhir acara.

D.metode Penyusunan

Metode yg dipakai pada penyusunan program kerja/Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) ini adalah observasi, wawancara menggunakan guru,   monitoring, supervise .

E.kerangka Pemikiran

Setiap sekolah semestinya memiliki perencanaan program yg akan sebagai arah sekaligus acuan bagi setiap aktivitasnya. Perencanaan tersebut umumnya mencakup  planning strategis serta berjangka panjang, serta rencana oprasional buat jangka pendek. Perencanaan strategis sebuah sekolah idealnya dimulai dari perumusan visi, misi,tujuansekolah yg jelas sehingga menjadi inpirasi dan sumber motivasi bagi setiap masyarakat sekolah untuk bekerja sebaik-baiknya. 

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor: 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan  Sekolah bahwa: “Sekolah/Madrasah merumuskan dan tetapkan visi serta mengembangkannya” Visi tersebut hendaknya (1) dijadikan  sebagai impian bersama warga sekolah serta segenap pihak yg berkepentingan pada masa yang akan tiba, (dua) bisa menaruh ide ,motivasi,serta kekuatan dalam masyarakat sekolah serta segenap pihak yg berkepentingan dan pengembangan mutu.
Baca jua: Cara pengajuan NUPTK Terbaru 
Sekolah adalah loka penyelenggaraan proses belajar-mengajar, menanamkan serta mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan serta wawasan dan aplikasi nilai budi pekerti, ini berarti sekolah adalah lembaga formal, menjadi unit pelaksana teknis pada melaksanakan pendidikan. Oleh karena itu para pelaksana pada sekolah bertanggung jawab atas tugas yg dibebankan kepadanya menjadi pengelola sekolah antara lain kepala sekolah, tenaga pendidik serta tenaga kependidikan.

F.sistimatika Penulisan

Program Rencana Pengembangan Sekolah ini membahas mengenai aneka macam program aktivitas sekolah pada Sekolah Dasar Negeri ..................... Yg disusun menjadi berikut : 
LINK DOWNLOAD.
RKJM Jenjang Sekolah Dasar-MI.docx
Demikian ulasan singkat tentang RKJM Jenjang Sekolah Dasar,MI Terbaru semoga bermanfaat.

Comments