BUKU SISWA KURIKULUM 2018 KELAS 3 SD/MI REVISI 2018

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas tiga SD/MI Edisi Revisi 2018

Kedudukan Dan Fungsi Buku Siswa

1. Kedudukan serta Fungsi Buku Siswa

Buku ini digunakan sebagai panduan kegiatan pembelajaran buat memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini pula digunakan buat melaksanakan aktivitas-aktivitas pada proses pembelajaran (activities based learning) pada mana isinya didesain serta dilengkapi dengan contoh-model lbr aktivitas supaya siswa bisa menilik sesuatu yg relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan agar murid lebih aktif pada mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi dan mempertinggi kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  bisa mengembangkan atau memperkaya materi serta kegiatan lain yang sinkron dengan tujuan pembelajaran yg telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan kiprah dan fungsi Buku Siswa yg bisa dirinci menjadi berikut.

a. Panduan bagi Siswa pada Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema dalam masing-masing kitab mempunyai beberapa pembelajaran sesuai menggunakan tema. Untuk berbagai kegiatan yg wajib dilakukan oleh siswa dibentuk ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Pengajar, Sekolah, serta Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yg membutuhkan keterlibatan orang tua buat membimbing anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada rumah. Bagian ini bisa ditinjau pada Buku Siswa menggunakan ikon tulisan “Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung anak didik pada menaikkan pemahaman anak didik pada pembelajaran yg dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa bisa berfungsi menjadi lbr kerja murid, contohnya pada Buku Siswa terdapat aktivitas menulis maka anak didik bisa mengerjakan pribadi dalam Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang bisa digunakan menjadi lbr kerja buat dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber evaluasi output pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Pengajar serta Siswa

Melalui proses pembelajaran menggunakan menggunakan Buku Siswa, guru bisa mengenal anak didik lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dibuat sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Pengajar bisa melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan serta perilaku siswa sinkron menggunakan kompetensi pembelajaran yang sudah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yg dilakukan murid selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sebagai akibatnya guru dan orang tua bisa melihat jejak belajar serta perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran dalam masing-masing jenjang. Bagi anak didik seluruh rekam jejak belajar tersebut bermanfaat sebagai kenang-kenangan di lalu hari.

g. Sebagai indera/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan aktivitas refleksi diri terhadap kegiatan        pembelajaran harian yang sudah dilakukan.  

Semoga materi Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas tiga Sekolah Dasar/MI Revisi 2018 ini bisa menggantikan buku pegangan pengajar sebelum tiba dari pemesanan.

Lihat link download lainnya:

Terima kasih atas kunjungannya, kami siap menunggu kunjungan berikutnya dengan pastinya materi yang jauh lebih berguna dan terbaru saat ini.

Comments